Sponsors Link

8 Ciri Ciri Paru Paru Tidak Sehat yang Jarang Kalian Sadari

Sponsors Link

Kalian pernah mengalami batuk – batuk yang tak kunjung sembuh?. Berhati – hatilah karena itu bisa jadi salah satu ciri – ciri paru – paru tidak sehat. Banyak sekali di antara kita orang – orang yang sebenarnya sedang mengalami masalah pada paru – paru mereka, namun kerap kali kita temukan bahwa penderita mengabaikan ciri – ciri tersebut dan beranggapan bahwa hal tersebut wajar mengingat usia mereka yang telah lanjut. Padahal jika penderita bisa mendeteksi apa saja ciri ciri paru paru bermasalah, maka pencegahan akan bahaya penyakit seperti komplikasi bronkitis, kanker paru – paru atau emfisema bisa dihindari loh. Cobalah mulai dari sekarang kalian memperhatikan ciri ciri paru paru tidak sehat yang akan kami ulas di bawah ini, mungkin tanpa sadar kalian sedang mengalaminya dan kalian bisa memilih cara mengobati paru – paru yang rusak.

ads
  1. Sesak napas

Dengan gejala sesak napas, banyak orang yang sudah tahu bahwa penderita sedang mengalami ciri – ciri paru – paru tidak sehat. Mengalami sesak nafas pada penderita kelainan paru – paru diakibatkan karena adanya debu, polutan atau bakteri yang masuk ke dalam paru – paru, sedangkan paru – paru si penderita sangat sensitif sehingga secara otomatis paru – paru akan menyempit yang mengakibatkan pasokan oksigen ke paru – paru terganggu.

  1. Batuk berdahak atau berdarah

Sebenarnya ciri – ciri ini tidak hanya dialami oleh penderita saluran pernapasan saja, banyak juga penderita kelainan saluran pencernaan yang mengalami kondisi ini. Namun, dalam kasus paru – paru yang tidak sehat biasanya batuk berdarah bercampur dengan dahak yang dibarengi dengan gangguan sesak napas. Batuk berdarah ini biasanya dikarenakan adanya penumpukan cairan di dalam paru – paru sehingga dahak yang dikeluarkan akan berwarna merah muda seperti darah dan banyak ditemukan pada penderita edema paru. Sedangkan batuk yang disertai darah juga bisa disebabkan karena adanya penyakit bronchitis dan batuk darah sendiri disebabkan karena adanta peradangan pada jaringan paru – paru.

  1. Nafas pendek

Biasanya jika kalian sedang berolah raga, kalian akan mengalam nafas pendek karena tubuh kelelahan dan membutuhkan pasokan oksigen yang banyak. Nafas pendek sering kali terjadi karena adanya penumpukan cairan di dalam paru – paru atau karena adanya penyumbatan di saluran pernapasan sehingga penderita mengalami nafas pendek.

  1. Batuk dalam waktu yang lama

Batuk dalam waktu yang lama sebenarnya bukan merupakan sebuah penyakit, namun sebuah ciri – ciri dari beberapa penyakit tertentu misalnya penyakit paru – paru atau penyakit jantung. Pada penderita kelainan saluran pernapasan batuk dalam waktu yang lama disebabkan karena adanya infeksi saluran pernapasan akibat serangan virus atau bakteri atau bisa juga karena adanya pasokan darah dan oksigen yang tidak baik di dalam tubuh karena adanya penyumbatan.

5. Mudah lelah

Seseorang yang mengalami keadaan cepat lelah juga bisa menandakan bahwa dirinya sedang mengalami kondisi paru – paru yang tidak sehat. Penderita akan merasa lelah ataupun lesu padahal dirinya sedang tidak melakukan aktifitas berat.

  1. Nafas mengeluarkan bunyi

Ciri ini banyak dialami oleh penderita asma dan biasa disebut dengan kondisi mengi. Mengi biasanya disebabkan  karena adanya oksigen yang yang mengalir di dalam saluran pernapasan yang menyempit. Sehingga saat penderita bernapas akan mengeluarkan bunyi ngik – ngik.

Sponsors Link

  1. Dada sakit

Dada terasa sakit biasanya banyak dialami oleh orang – orang yang memiliki penyakit jantung dan paru – paru. Pada penderita kelainan paru – paru kondisi dada yang sakit disebabkan karena adanya virus yang menginfeksi selaput paru – paru sehingga mengakibatkan peradangan pada paru – paru yang mengakibatkan penderita akan mengalami dada sakit saat bernafas.

  1. Tubuh tertentu mengalami pembengkakan

Seringkali kita temukan bahwa penderita kelainan paru – paru mengalami pembengkakan pada kakinya. Sebenarnya banyak factor yang memperngaruhi penderita mengalami pembengkakan pada kakinya atau bagian tubuh terntunya seperti kehamilan, efek dari terapi hormon atau penggunaan pil KB. Dari situlah penyumbatan pembuluh darah arteri yang berfungsi sebagai pengangkut darah dari jantung ke paru – paru mengalami masalah sehingga paru – paru bisa mengalami masalah. Ciri ini bisa kalian temukan pada penderita emboli paru – paru.

Dari ciri ciri paru paru tidak sehat di atas, mungkin kalian menderita salah satu atau beberapa gejalanya. Langkah terbaik tentu dengan memeriksakan diri ke dokter spesialis mengingat kondisi – kondisi tersebut di atas adalah kondisi yang menyerang organ dalam seseorang. Gaya hidup dan kesehatan lingkungan penderita juga banyak mempengaruhi kesehatan paru – paru kalian loh. Dengan membiasakan menjauhkan diri dari asap rokok dan polusi sebenarnya bisa membantu paru – paru menjadi lebih sehat. Selain itu dengan banyak olahraga dan menjaga makanan yang menyehatkan paru – paru seperti buah yang bagus untuk paru – paru juga bisa membantu stabilitas daya tahan tubuh untuk melawan virus yang dapat mendatangkan gangguan yang menyebabkan terjadinya pleuritis.

, ,
Oleh :