Sponsors Link

10 Dampak Paru Paru Bocor yang Sangat Berbahaya

Sponsors Link

Dampak paru paru bocor adalah kondisi gangguan kesehatan yang dialami pasien saat terjadi kebocoran pada lapisan dinding paru parunya. Kebocoran pada dinding paru paru membuat paru paru kempis/ kempes. Kondisi ini membuat paru paru tidak bisa berfungsi sebagai mana mestinya.

ads

Biasanya gejala awal paru paru bocor akan dialami oleh pasien yang menandakan penurunan fungsi paru paru ini. Sebagai seorang pasien paru paru bocor, pastinya gejala yang akan dialami adalah sesak nafas, sering, batuk, dan masih banyak lagi hal lainnya.

Berbagai gangguan kesehatan yang dialami pasien inilah yang kemudian dikenal dengan dampak dari paru paru bocor. Sayangnya, banyak masyarakat menganggap dampak paru paru bocor menjadi sepele karena mirip dengan gejala batuk dan pilek pada umumnya. Padahal tanpa disadari sebenarnya yang sedang dialami adalah kondisi paru paru bocor yang tidak bisa dibiarkan.

Paru paru bocor yang semakin parah akan menimbulkan bahaya. Jenis bahaya paru paru bocor ini yang anda harus waspadai dengan menanggulangi segera apa saja dampak yang ditimbulkan oleh penyakit ini. Oleh sebab itu, penting untuk anda mengetahui apa saja dampak dari paru paru bocor. Bagi anda yang belum pernah mengetahui informasi ini sebelumnya, maka anda bisa menyimak penjelasannya pada bagian berikut ini.

Paru paru bocor menimbulkan dampak gangguan kesehatan pada penderitanya. Ada cukup banyak jenis dampak yang bisa dirasakan, namun pada bagian berikut ini akan dijelaskan setidaknya 10 dampak di antaranya. Semoga informasi yang diberikan berikut ini bisa membuat anda menjadi semakin waspada dalam menghadapi penyakit paru paru anda.

  1. Batuk Kronis dan Batuk Darah

Dampak pertama yang pasti dialami oleh seluruh pasien paru paru bocor adalah batuk kronis. Batuk kronis ini jika terus menerus dialami akan menyebabkan iritasi di tenggorokan dan akhirnya terjadilah batuk darah. Oleh sebab itu, pastikan untuk mewaspadai batuk yang tidak kunjung sembuh.

  1. Memiliki Masalah dengan Dehidrasi

Anda juga bisa mengalami dampak berupa dehidrasi akibat dari paru paru bocor ini. Dehidrasi anda rasakan dengan seringnya rasa haus muncul. Jika anda memang memiliki aktivitas yang menyebabkan rasa haus seperti aktivitas luar ruangan, maka tidak menjadi masalah. Akan tetapi jika anda tidak melakukan apapun tapi terus menerus haus, maka anda mengalami dehidrasi dan perlu diwaspadai.

  1. Mengalami Demam Tinggi

Kebanyakan penderita paru paru bocor juga ditemukan mengalami dampak berupa demam tinggi. Demam adalah kondisi naiknya suhu tubuh menjadi lebih dari batas normal yang biasa dialami. Tentunya demam tinggi ini harus anda segera periksakan jika anda alami dan ketahui penyebabnya. Lebih baik lagi jika anda bisa segera melakukan cara mengobati paru paru bocor yang menyebabkan demam tinggi tersebut terjadi.

  1. Mengalami Masalah Jantung

Ada juga banyak penderita paru paru bocor yang mengalami dampak hingga ke bagian jantung. Seperti diketahui paru paru memiliki peranan penting untuk mendukung kerja jantung. Gangguan berupa paru paru bocor kemudian berdampak pada jantung yang mengalami masalah arteri atau bahkan bisa hingga gagal jantung.

Sponsors Link

  1. Mengalami Masalah Membran Mukosa

Membran mukosa pada beberapa permukaan kulit penderita pun bisa berubah sebagai dampak dari paru paru bocor. Anda akan menemukan warna di membran mukosa pada bibir, lubang hidung, dan bagian lainnya menjadi lebih kebiruan bahkan ungu. Jadi perhatikan kondisi tubuh anda dan periksakan segera jika mengalami tanda seperti ini.

  1. Mudah Keringat Dingin

Perhatikan juga bagaimana kondisi tubuh anda di malam hari. Tubuh di malam hari akan mudah mengalami keringat dingin pada penderita paru paru bocor. Kondisi ini adalah dampak dari paru paru yang terus mengempis dan membuat keringat dingin lebih mudah dihasilkan pada tubuh penderitanya.

  1. Mudah Lelah

Kebanyakan penderita paru paru bocor pun mengalami dampak seperti mudah lelah. Karena penurunan kapasitas kerja paru paru yang bocor, maka berbagai kegiatan normal yang biasa bisa anda lakukan pun menjadi sulit dilakukan. Anda akan mudah terasa lelah sebagai salah satu dampaknya dan juga gejala paru paru bocor tersebut.

  1. Nyeri dan Sesak saat Bernafas

Pastinya dampak yang satu ini pun banyak dialami oleh penderita paru paru bocor. Kebocoran pada dinding paru paru membuat kegiatan bernafas tidak bisa berlangsung semudah yang biasanya paru paru anda lakukan. Saat bernafas mungkin sekali anda akan merasakan nyeri atau bahkan sesak.

Sponsors Link

  1. Sulit untuk Tidur Malam Hari

Insomnia atau sulit untuk tidur di malam hari adalah juga salah satu dampak yang dialami oleh pasien paru paru bocor. Kesulitan tidur di malam hari ini dipengaruhi oleh kondisi paru paru yang tidak lagi bisa membantu anda untuk tenang dan tidur. Jadi dampak yang satu ini pun kebanyakan memang ditemukan pada pasien.

  1. Wajah Pucat Pasi

Terakhir, dampak paru paru bocor pada pasien yang paling mudah ditemukan namun seringkali disepelekan adalah wajah pucat pasi. Wajah yang pucat ini menandakan kurangnya asupan oksigen dalam darah. Jika terjadi berarti ada masalah pada paru paru anda, yang bisa saja berupa kebocoran. Jadi waspada dan kenali dampak ini sesegera mungkin.

Berikut tadi 10 dampak paru paru bocor yang bisa anda ketahui melalui penjelasan yang diberikan. Kini anda sudah tahu apa saja bukan dampak yang akan anda alami dan harus hadapi jika menderita penyakit ini? Tentunya dampak-dampak di atas tidaklah sederhana. Hampir semuanya bisa mempengaruhi kerja dan kinerja anda dalam kegiatan sehari-hari.

Itulah juga yang menyebabkan kebanyakan penderita paru paru bocor kemudian harus meninggalkan aktivitasnya sehari-hari. Anda tentu tidak ingin mengalami hal tersebut bukan? Jadi pastikan untuk selalu menjaga kesehatan anda dan menghindari berbagai penyebab terjadinya paru paru bocor. Semoga bagi anda yang masih melalui masa pengobatan bisa tetap semangat dan kembali sehat seperti sedia kala!

, , ,




Oleh :