Sponsors Link

Definisi Bronkitis : Jenis dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Definisi bronkitis sebagai suatu penyakit pada paru paru seringkali dianggap remeh dan kurang diberikan perhatian lebih. Padahal bronkitis adalah salah satu penyakit paru paru yang paling berbahaya. Tahukah anda apa definisi penyakit bronkitis sebenarnya? Bronkitis diketahui adalah penyakit yang terjadi akibat infeksi di saluran pernafasan di organ paru paru anda. Saluran pernafasan di dalam paru paru ada beberapa.

ads

Namun, hanya ada saluran pernafasan utama yang diberikan nama bronkus. Oleh sebab itu, masalah dan gangguan yang terjadi pada bagian bronkus ini yang menyebabkan pengambilan nama bronkitis. Artinya, terdapat gangguan pada bagian bronkus paru paru anda.

Gangguan dan masalah pada bronkus yang merupakan awal terjadinya penyakit bronkitis. Pasalnya, bronkus yang terganggu akan menimbulan terjadi peradangan di sepanjang salurannya. Sehingga kemudian, saluran pernafasan paru paru anda menjadi terganggu. Gangguan pernafasan lebih lanjut kemudian terkenal dengan nama bronkitis. Namun, jangan samakan penyakit bronkitis ini dengan penyakit paru paru kering walau banyak kesamaan dalam gejalanya.

Jenis Penyakit Bronkitis Berdasarkan Definisi

Sebelumnya telah disebutkan bahwa definisi bronkitis adalah penyakit pada saluran pernafasan utama paru paru yaitu bronkus. Keadaan ini kemudian menjadi menarik diketahui, apakah semua gangguan pada bronkus jenisnya sama? Ternyata jawabannya adalah tidak. Ada setidaknya dua jenis penyakit bronkitis yang dapat anda bedakan berdasarkan definisinya. Apa saja definisi tersebut? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

  1. Definisi Bronkitis Akut

Bronkitis jenis yang pertama atau bronkitis akut didefinisikan sebagai penyakit yang banyak menyerang anak anak. Biasanya jenis penyakit bronkitis ini akan bertahan selama dua hingga tiga minggu untuk menginfeksi saluran pernafasan anda. Selain itu, mungkin juga muncuk sesak nafas tiba tiba sebagai tanda bronkitis kambuh.

  1. Definisi Bronkitis Kronis

Selanjutnya, jenis bronkitis yang kedua adalah bronkitis kronis yang diketahui sangat lama jangka waktunya. Anda dapat menderitanya hingga hitungan tahun. Biasanya jenis bronkitis ini akan terjadi pada orang dewasa dengan usia lebih dari 40 tahun.

Itulah tadi informasi mengenai 2 definisi bronkitis berdasarkan jenisnya. Informasi ini diketahui akan lebih lengkap jika diketahui juga bagaimana cara anda dapat mengatasinya. Cara mengatasi dan menanggulangi penyakit bronkitis ini bukanlah hal yang harus sulit dilakukan. Anda cukup melakukan berbagai cara penanggulangan di bawah ini dengan rutin. Apa saja cara tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini.

Cara Mengobati Bronkitis yang Membahayakan Paru Paru

Pada bagian di atas telah disebutkan bahwa ada dua jenis bronkitis. Keduanya dapat anda obati atau tanggulangi dengan lebih mudah yaitu dengan melakukan beberapa cara di bawah ini. Kira kira apa saja cara mengatasinya tersebut? Berikut ini kira kira penjelasan lebih lengkapnya.

  • Memberikan Madu dan Lemon

Madu dan lemon diketahui merupakan kombinasi yang sangat baik untuk mengurangi rasa nyeri yang terjadi pada bronkus anda sebagai efek bronkitis yang kambuh. Sebab itu, konsumsilah madu dan lemon dengan  rutin setiap waktunya.

Sponsors Link

  • Menghindari Konsumsi Obat Batuk

Obat batuk diketahui hanya diperlukan ketika anda batuk. Jika anda tidak mengalami batuk batuk, maka sebaiknya anda menghindari konsumsi obat ini untuk penyembuhan yang lebih cepat. Lebih baik anda mencoba mengonsumsi makanan sehat untuk penderita bronkitis yang bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan anda.

  • Mengonsumsi Banyak Air

Air yang dikonsumsi dengan berlimpah akan sangat bermanfaat dalam mengencerkan lendir yang tersimpan di saluran paru paru anda tersebut. Pastikanlah untuk mencukupi kebutuhan cairan ini setiap waktu. Memberikan konsumsi air ini juga diketahui cara yang baik untuk menanggulangi ciri ciri anak terkena bronkitis.

  • Memberikan Waktu Istirahat yang Banyak

Anda juga dapat lebih mudah mengobati dan pulih dari penyakit bronkitis dengan memberikan waktu istirahat yang banyak. Setidaknya waktu istirahat ideal untuk paru paru anda adalah 6 jam setiap harinya.

Berikut tadi informasi lengkap mengenai definisi bronkitis hingga bagaimana anda dapat mengatasinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda dalam memberikan pengetahuan dasar bagaimana menghadapi penyakit yang berbahaya ini. Semoga dapat bermanfaat untuk anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Bronkitis