Sponsors Link

Definisi Emfisema – Gejala dan Penyebabnya yang Jarang Disadari

Sponsors Link

Emfisema mungkin nama yang cukup asing ditelinga kalian. Biasanya orang yang menderita emfisema akan mengalami gejala penyakit yang berkepanjangan. Definisi emfisema sendiri merupakan salah satu jenis penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) karena pada penyakit ini bagian jaringan paru – paru disekitar bronkiolus mengalami kerusakan. Jika dalam waktu lama penyakit emfisema tidak ditangani segera, elastisitas paru – paru dalam menampung oksigen yang masuk akan terganggu karena kantung udara (alveoli) juga akan mengalami kerusakan. Nah kerusakan inilah yang membuat udara yang dihirup tidak bisa keluar lagi. Dan ada 2 jenis penyakit emfisema yang sering dialami masyarakat pada umunya, yaitu:

ads
  • Emfisema panlobular

Emfisema jenis ini terjadi karena adanya kerusakan pada bronkus dan alveoli. Sehingga ruangan udara yang berada di dalam paru – paru membesar. Penderita yang mengalami emfisema jenis ini biasanya mengalami penurunan berat badan secara signifikan. Dan pada banyak kasus sering dikaitakan dengan komplikasi bronkitis.

  • Emfisema sentrilobular

Emfisema sentrilobular adalah salah satu emfisema yang menyerang bagian bronkiolus respiratorius. Gambarannya seperti dinding paru – paru mulai berlubang, membesar dan menyatu sehingga tampak seperti ruangan baru yang muncul. Emfisema jenis ini banyak ditemukan pada penderita laki – laki dan jarang sekali ditemukan pada penderita yang sering merokok.

Gejala Emfisema

Namun, untuk mengetahui apakah kalian menderita emfisema atau tidak, ada baiknya supaya mencari informasi seputar apa saja gejala – gejala emfisema yang dapat kalian deteksi sejak din karena ternyata banyak sekali masyarakat yang tidak menyadari bahwa dirinya sudah terserang penyakit emfisema sejak lama. Lalu apa saja sebenarnya gejala penyakit emfisema yang wajib sekali kalian sadari?

  • Napas sesak, ketidakmampuan paru – paru dalam menjalankan perannya membuat penderita mengalami napas yang pendek dan sesak.
  • Ketidakmampuan tubuh untuk beraktivitas berat, seperti berolahraga.
  • Warna pada bibir dan kukumenjadi kebiru – biruan, mirip dengan gejala penyakit jantung.

Gejala – gejala emfisema di atas ada gejala umum yang sering dirasakan penderita, namun jarang sekali disadari. Setelah kalian mengetahui gejala – gejala tersebut diharapkan agar kalian segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapat pemeriksaan lebih lanjut lagi.

Penyebab Emfisema

Setelah kalian mengetahui apa definisi emfisema beserta gejala – gejalanya, ada baiknya juga supaya mengetahui apa saja penyebab emfisema sehingga pengobatan yang kalian lakukan tidak akan sia – sia. Dengan mengetahui penyebab emfisema juga akan menghindari paru – paru terserang penyakit emsifema lagi dikemudian hari. Apa saja sih penyebab emfisema?.

Sponsors Link

1. Asap rokok

Asap rokok memang tidak diragukan lagi menjadi salah satu penyebab banyak orang mengalami sakit jantung dan paru – paru. Sama dengan halnya dengan penyakit emfisema, paru – paru yang sering terpapar asap rokok lambat laun akan mengalami kelainan karena ketidakmampuan organ paru dalam menghirup oksigen. Untuk itu jauhilah diri kalian dari asap rokok.

2. Polusi udara

Asap industry dan asap kendaraan sering kali membuat kulit menjadi kusam dan mengurangi tingkat kesehatan kulit. Untuk itulah gunakan masker setiap kali kalian keluar dari rumah untuk menghindari polusi udara masuk ke dalam paru – paru kalian. Karena efek yang dihasilkan oleh polusi udara mirip dengan efek yang dihasilkan asap rokok. Paparan polusi juga diketahui sangat berbahaya untuk paru – paru kalian karena dapat membawa bakteri penyebab bronkitis ke dalam paru – paru.

3. Kekurangan zat alpha-1 antitrypsin

Zat alpha-1 antitrypsin merupakan suatu zat berupa protein yang bertugas melindungi strukturs elastisitas pada organ paru – paru di dalam tubuh kalian. Maka dari itu, jika kalian mengalami kekurangan zat alpha-1 antitrypsin kalian bisa terserang emfisema dan penyakit paru lainnya.

Sponsors Link

4. Faktor usia

Bertambahnya usia seseorang pasti juga akan mempengaruhi system kerja organ – organ di dalam tubuhnya. Untuk itulah organ – organ tubuh seperti paru – paru, jantung dan usus pada orang yang berusia lanjut mudah sekali terkena infeksi atau terserang penyakit seperti emfisema.

Kalian sudah mengetahui apa itu definisi emfisema, gejalanya dan penyebab dari penyakit penyakit emfisema. Dengan mengetahui informasi tersebut diharapkan agar kalian lebih memperhatikan gaya hidup dan lingkungan hidup kalian. Dengan begitu resiko terserang penyakit emfisema bisa diminimalisir tingkat keparahannya.

Berkonsultasi ke dokter merupakan pilihan yang tepat jika kalian belum begitu yakin dengan kondisi kesehatan tubuh kalian. Kalian juga bisa berlatih pernafasan dengan cara meningkatkan kapasitas paru – paru kalian seperti berolahraga renang ataupun berlari.

, ,
Oleh :
Kategori : Emfisema