Definisi Pneumonia Ketahui Juga Ciri, Penyebab Hingga Pengobatannya

Pneumonia menggambarkan penyakit paru paru tergolong ringan maupun serius yang dapat mengancam nyawa atau menyebabkan kematian bila tidak segera ditangani oleh dokter, menyerang baik bayi, anak-anak maupun orang tua dikarenakan lemahnya sistem imun dalam tubuh.

Definisi pneumonia dikenal juga dengan istilah paru paru basah yaitu infeksi pemicu inflamasi kantung udara dimana mengganggu saluran pernafasan membuat paru paru bengkak dan dipenuhi cairan hingga menghambat peredaran darah dan oksigen ke seluruh tubuh.

Secara umum pneumonia ditandai dengan ciri-ciri atau gejala seperti batuk, demam dan kesulitan bernafas, dimana yang berpotensi bertambah parah terjadi pada bayi dan anak-anak dibawah usia 2 tahun, lansia diatas 65 tahun, perokok, asma atau Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK) dan pasien rumah sakit yang menggunakan ventilator. Hal ini juga merupakan ciri paru paru kotor yang ada dalam tubuh.

Ciri-ciri atau gejala yang dialami penderita pneumonia bervariasi berdasar tingkat keparahan oleh perbedaan jenis bakteri pemicu infeksi, usia dan kondisi kesehatan, sedang yang tergolong parah yaitu sesak nafas, sakit dada atau linglung, perlu juga kenali gejala awal sakit paru paru yang dapat mengganggu aktivitas setiap hari.

Penyebab umum penyakit pneumonia yaitu bakteri Strepticoccus Pneumonia, virus serta faktor lain seperti:

• Pneumonia akibat virus, pemicunya flu atau pilek, paling sering diderita oleh balita. Oleh karenanya apabila seseorang sedang terkena flu atau pilek untuk tidak mendekati balita karena balita rawan berbagai penyakit.
  • Pneumonia akibat jamur, sering dialami oleh penderita yang sistem kekebalan tubuh menurun menyerang pada penyakit HIV atau AIDS.
  • Pneumonia aspirasi, terjadi ketika menghirup makanan, minuman, muntahan atau air liur yang dapat masuk ke dalam paru paru, hal ini juga bisa menyerang sistem pencernaan.

Kuman penyebab pneumonia berasal dari lingkungan umum seperti debu, polusi udara dan rumah sakit, dimana proses pemeriksaan melalui:

• Rontgen dada, biaya rontgen paru paru tergantung pada rumah sakit mana penderita melakukan pemeriksaan, guna memastikan tingkat keparahan pneumonia.
  • Tes darah dan sampel dahak, membantu mengidentifikasi bakteri atau virus penyebab infeksi.
  • Pulse axlmerry, yaitu proses pengukuran kadar oksigen darah atau glukosa darah.

Pengobatan pneumonia tergantung jenis pneumonia sesuai dengan penyebab dan tingkat keparahan, dimana pneumonia ringan hanya dengan obat antibiotik dari dokter, cukup istirahat dan perbanyak minum air putih, berhenti merokok dan hindari konsumsi obat batuk, dapat mencegah cara penularan penyakit paru paru yang dapat menghambat peredaran oksigen dan darah ke seluruh tubuh.

Pencegahan pneumonia dilakukan dengan beberapa langkah yang juga sebagai pencegahan penyakit paru paru, yaitu:

• Menjalani vaksinasi.
  • Menjaga organ sistem kekebalan tubuh.
  • Menjaga kebersihan.
  • Berhenti merokok.
  • Hindari konsumsi minuman beralkohol berlebih dan berkepanjangan.

Agar terhindar dari peneumonia dalam tubuh hingga dapat menjaga kesehatan paru paru, perlu cara mengecek paru paru sehat dan cara meningkatkan kapasitas paru paru. Menjalankan aktivitas setiap hari ada beberapa pantangan penyakit paru paru basah yang menyebabkan terkena pneumonia sebagai pemicu menghambat saluran pernafasan, bahkan sistem imun dalam tubuh.

, , , , , , ,