Sponsors Link

Definisi Pneumotoraks Kenali Juga Gejala, Penyebab, Pengobatannya

Sponsors Link

Penyakit saluran pernafasan atau paru paru yang harus anda waspadai adalah pneumotoraks. Pasalnya, penyakit yang berasal dari resiko sedot cairan di paru paru ini cukup mumpuni untuk menghilangkan nyawa anda akibat paru paru tidak lagi berfungsi secara maksimal. Bukan itu saja, penyakit pneumotoraks ini bisa memancing terjadinya komplikasi, salah satu penyakit nomer satu pembunuh manusia.

ads

Mungkin anda masih asing dengan penyakit pneumotoraks. Sehingga anda sangat rawan sekali diserang penyakit ini dan memeriksakannya kepada dokter ketika penyakit sudah memasuki stadium kronis. Tentu, jika pneumotoraks kronis menyerang anda, segala jenis pengobatan akan sia sia, tak lebih hanya sekedar membuang buang uang saja.

Nah, pada artikel berikut ini kami akan menjelaskan tentang bahaya pasca penyedotan cairan di paru paru yaitu pneumotoraks yang kami urai dari segi pengertian, gejala, penyebab, pengobatan dan diakhir kami list secara detail tentang cara pencegahannya. Semoga artikel ini bisa meningkatkan kepahaman anda untuk senantiasa mewaspadai penyakit ini di sepanjang hidup anda.

Definisi Penyakit Dan Gangguan Pneumotoraks

Masalah pneumotoraks terjadi akibat berkumpulnya udara di dalam saluran pleura. Karena saluran ini cukup sempit, tentunya keberadaan udara membuatnya tertekan. Akibatnya, paru paru menjadi terimbas dengan munculnya peradangan yang lama kelamaan semakin bertambah besar.

Perlahan namun pasti, abnormalitas inflamasi ini diikuti dengan postur paru paru yang semakin menyusut akibat makanan untuk menghilangkan cairan di paru paru hingga paru paru menjadi kolaps.

Menurut ahli, gangguan pneumotoraks dibagi menjadi dua yaitu pneumotoraks primer dan pneumotoraks sekunder.

Pneumotoraks primer adalah gangguan saluran pleura yang tidak diawali oleh penyakit paru paru yang lain. Sedangkan pneumotoraks sekunder merupakan penyakit saluran pernafasan yang terjadi akibat buntut terjadinya penyakit saluran pernafasan yang lain seperti asma, legionnaires dan lain lain.

Walaupun keduanya berbeda, statusnya tetap sebagai penyakit genting dan darurat yang harus diatasi dengan cara menghindari penyakit tbc karena bisa berujung kematian.

Gejala Gangguan Dan Masalah Pneumotoraks

Ketika sakit pneumotoraks menyerang pleura, paru paru tidak bisa bekerja dengan maksimal. Selain organ ini tertekan oleh udara yang masuk, dia juga terhimpit oleh peradangan yang mungkin dihasilkan. Maka dari itu, penyebab terjadinya paru paru basah, penyakit pneumotorax menimbulkan gejala yang bisa dilihat akibat dari kesalahan metabolisme diatas, yaitu :

  1. Mengalami Sesak Napas
  2. Dada terasa nyeri dan sakit
  3. Sering mengeluarkan keringat dingin
  4. Warna kulit terlihat membiru
  5. Jantung berdebar cukup kuat
  6. Mengalami batuk kering yang kronis
  7. Badan lemas tidak berstamina

Jika anda mengalami gejala ini, segera lakukan cara mencegah legionnaires yaitu periksakan ke dokter. Supaya bisa segera dilakukan tindakan lanjutan sebelum pneumotoraks bertambah parah. Karena jika sudah kadung parah, pasti anda menyesal. Selain obatnya mahal peluang anda sembuh juga tidak terjamin memuaskan.

Sponsors Link

Penyebab Terjadinya Masalah Pneumotoraks

Jika anda sadar kalau pneumotoraks amat menakutkan dan membahayakan sebagai pemicu munculnya gejala awal sakit paru paru, maka dari itu, anda layak mengetahui segala macam penyebab yang bisa anda jauhi atau menghindarinya. Ini dia penyebab penyakit pneumotoraks, yaitu :

  1. Penyakit Infeksi paru paru
  2. Cedera pada dada seperti tertembak atau tertusuk benda tajam
  3. Tumor paru paru yang pecah dan darahnya terinfeksi bakteri
  4. Akibat kesalahan penggunaan alat bantu pernafasan.

Selain itu, sakit pneumotoraks juga disebabkan oleh kebiasaan anda yang selalu melakukan aktifitas aktifitas berbahaya seperti merokok, minum minuman keras, makan makanan panas dan pedas, istirahat tidak teratur, makan tidak teratur dan malas berolahraga.

Jadi, kembalikan pola hidup anda ke ranah hidup yang lebih sehat dengan cara mengobati penyakit paru paru kering. Sehingga kesehatan paru paru anda menjadi lebih baik.

Tehnik Pengobatan Pneumotoraks

Tujuan penting dari pengobatan pneumotoraks adalah untuk menghilangkan tekanan oksigen pada saluran pleura sehingga paru paru bisa kembali pada bentuk asalnya. Selain itu dengan pengobatan diharapkan penyakit tidak muncul kembali.

Untuk problem kesehatan pneumotoraks ringan, biasanya dokter hanya mengambil foto rontgen paru paru pasien. Setelah itu, pasien akan dikontrol selama 2 minggu untuk melihat perkembangan penyakit yang diderita. Namun, jika pasien disertai dengan sesak napas hingga penurunan kadar oksigen, maka tindakan tambah oksigen akan segera dilakukan. 

Sponsors Link

Jika gejala yang dialami cukup berat, maka biasanya dokter akan melakukan tindakan lanjutan dengan cara membersihkan paru paru perokok pasif demi tujuan untuk mengeluarkan udara yang menghambat pleura. Alat yang digunakan biasanya berbentuk jarum infus yang menyalurkan oksigen melalui selang ke dalam rongga dada.

Jika pneumotoraks sudah membuat paru paru kolaps atau pecah, maka operasi gawat darurat harus dilakukan. Diharapkan dari operasi ini, paru paru masih bisa diperbaiki. Jika operasi berhasil, dokter akan melakukan penyempitan rongga pleura supaya tidak ada lagi oksigen yang masuk kedalamnya. Operasi ini dikenal dengan istilah pleurodesis.

Cara Mencegah Penyakit Pneumotoraks

Nah setelah anda mengetahui betapa berbahayanya penyakit pneumotoraks, maka penting kiranya kami list juga cara mencegah penyakit ini menyerang paru paru anda. Ini dia list tersebut yaitu :

  1. Hindari kebiasaan merokok
  2. Jauhi Minuman keras
  3. Hindari kecelakaan yang bisa melukai dada
  4. Hindari dada berbenturan keras dengan benda tumpul
  5. Kurangi kebiasaan menyelam
  6. Kurangi durasi berolahraga berat yang menguras fisik

Itulah penjelasan tentang pneumotoraks yang kami jabarkan secara lengkap. Semoga anda bisa mengambil manfaat dari makanan sehat untuk paru paru demi perkembangan kesehatan paru paru anda.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pneumotraks