Sponsors Link

4 Efek Samping Nebulizer Ventolin Terlalu Lama Digunakan

Sponsors Link

Efek samping nebulizer ventolin adalah informasi mengenai efek yang akan diderita oleh pengguna nebulizer jika dilakukan terlalu lama. Nebulizer ventolin adalah obat yang digunakan dalam alat nebulizer untuk membantu penyembuhan gangguan pernafasan pada seseorang. Tentu sudah anda ketahui ada banyak jenis gangguan pernafasan yang mungkin menyerang manusia di berbagai usia. Mulai dari anak anak hingga orang dewasa tidak ada yang terhindar dari resiko sesak napas ini.

ads

Upaya pengobatan dan pencegahan kambuhnya sesak nafas ini biasa dilakukan dengan terapi uap untuk sesak nafas. Maksudnya adalah terapi uap dengan alat nebulizer adalah cara yang paling banyak direkomendasikan untuk mengatasi sesak nafas pada seseorang.

Salah satu jenis penyakit yang banyak disarankan untuk ditanggulangi dengan nebulizer adalah asma. Cara terapi uap untuk asma ini bahkan sudah tidak asing lagi dilakukan baik oleh orang dewasa, atau oleh orang tua pada anak anak dan bayinya. Bayi juga dapat mengalami sesak nafas, dan penyebab bayi sesak nafas ini tidak lain dan tidak bukan juga dapat berupa penyakit asma yang menyerang bayi tersebut.

Sayangnya, segala sesuatu yang terlalu berlebihan digunakan atau dilakukan akan menimbulkan efek samping. Begitupun penggunaan nebulizer ventolin dalam jumlah banyak dan durasi yang terlalu lama. Ada efek samping yang harus anda waspadai dan hindari. Apa sajakah mereka? Simak penjelasannya di bawah ini.

Efek Samping Nebulizer Ventolin Terlalu Lama Digunakan

Seperti dijelaskan pada bagian sebelumnya, anda hanya perlu menggunakan nebulizer ventolin seperlunya. Bahkan ada jangka waktu normalnya. Jika berlebihan, maka akan ada efek samping yang tergolong juga membahayakan yang perlu anda waspadai. Apa sajakah efek samping tersebut? Simak penjelasannya pada bagian di bawah ini.

  1. Menyebabkan Lidah Terbakar

Bayi dan anak anak adalah pasien sesak nafas yang paling sering disarankan untuk melakukan pengobatan dengan nebulizer. Namun, usia yang masih belia ini sangat sensitif dengan pengobatan jenis ini. Jika dilakukan lebih dari batas normalnya, maka anda harus berhati-hati karena uap dapat menyebabkan lidah bayi atau anak anda terbakar.

  1. Menyebabkan Gangguan Indera Perasa

Lebih lanjut, uap yang terus menerus dihirup tanpa batas waktu normal dapat membahayakan juga indera perasa. Pasalnya, uap dapat membuat indera perasa berkurang fungsinya atau melemah fungsinya untuk merasakan makanan. Jadi pastikanlah untuk hanya menggunakan nebulizer ventolin dalam jumlah yang normal dan waktu yang cukup.

  1. Terjadi Infeksi Jamur di Mulut

Efek samping nebulizer ventolin selanjutnya diketahui juga dapat menyebabkan muncul jamur pada mulut anda. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Alasannya adalah karena uap akan mengenai mulut secara langsung saat mencoba mengencerkan dahak. Sehingga jamur mungkin saja terbentuk pada mulut karena perubahan kelembaban di dalam mulut anda. Efek ini juga dapat terjadi pada terapi uap air panas untuk asma.

  1. Terjadi Infeksi pada Saluran Pernafasan

Nebulizer ventolin hanya dapat anda gunakan pada anak anda, ketika memang sedang menderita gangguan pernafasan. Namun, jika tidak ada gangguan pernafasan seperti batuk atau pilek maka anda tidak perlu menggunakan nebulizer ventolin. Hasilnya anda dapat menyebabkan infeksi pada saluran pernafasan.

Berikut tadi informasi lengkap mengenai efek samping nebulizer ventolin jika terlalu lama digunakan. Berhati-hatilah karena bagaimanapun leganya pernafasan anda setelah menggunakan fungsi nebulizer ventolin ini, anda tetap juga harus berhati hati dalam penggunaannya. Semoga informasi ini dapat menginformasi anda dengan baik dan membantu anda menghindarkan resiko dan bahaya penyakit yang lebih besar tanpa kehati-hatian.

, , ,




Oleh :
Kategori : Pengobatan