Sponsors Link

Efusi Pleura Bilateral: Gejala, Penyebab, Pengobatan dan Pencegahan

Sponsors Link

Efusi pleura bilateral adalah salah satu jenis efusi pleura yang terjadi karena adanya hubungan yang spesifik antara efusi yang terjadi dengan penyakit penyebabnya. Sesuai dengan namanya, penyakit efusi pada penderita terjadi karena adanya kegagalan fungsi yang diakibatkan oleh organ sebelumnya.

ads

Anda tentu sebelumnya juga sudah cukup memahami mengenai efusi pleura sendiri. Seperti yang anda ketahui, efusi pleura adalah kondisi ini di mana sistem pernapasan anda terganggu karena cairan berlebih di pleura paru. Kondisi tersebut tentu tidak dapat dihindarkan, namun apa yang menjadi penyebabnya?

Penting untuk anda mengetahui apa penyebab anda menderita efusi pleura. Jika memang penyebabnya adalah akibat penyakit paru paru dan ada hubungan spesifik diantaranya, maka penyakit efusi pleura yang anda derita adalah efusi bilateral.

Perbedaan dari kedua jenis efusi pleura ini tentunya menimbulkan beberapa penjelasan yang memudahkan anda untuk lebih memahaminya. Itulah mengapa pada bagian di bawah ini akan dijelaskan berbagai informasi terkait efusi pleura bilateral yang semoga dapat bermanfaat untuk anda dalam menjaga kesehatan.

Gejala dari Efusi Pleura Bilateral yang Menyerang

Seperti berbagai penyakit lainnya, tentu penyakit efusi pleura jenis bilateral ini pun akan menimbulkan gejala. Gejala yang dikenal juga sebagai tanda efusi pleura perlu anda ketahui apa saja jenisnya. Mengetahui gejala gejala ini dapat membuat anda lebih waspada untuk dapat melakukan penanganan dini sesegera mungkin dari pengertian penyakit paru paru yang bersangkutan.

Namun bagaimana jika anda belum mengetahui apa saja jenis gejala tersebut sebelumnya? Tenang saja, berikut ini paparan informasi gejala efusi pleura bilateral yang perlu anda ketahui.

  • Sesak Napas Akut

Gejala yang pastinya terjadi karena efusi pleura adalah penyakit yang menyerang sistem pernapasan. Akibat cairan pelumas yang terlalu berlebih, pergerakan paru paru pun menjadi mengalami perbedaan. Akibatnya, penderita pun sulit untuk bernapas dan berakibat sesak.

  • Batuk dan Demam

Ada juga gejala berupa batuk dan demam sebagai gejala yang juga tidak boleh anda sepelekan. Batuk dan demam memang seringkali dianggap sepele. Anda tidak boleh membiarkan hal tersebut terjadi pada anda. Walau hanya batuk dan demam, jika sudah lama tidak sembuh maka periksalah dengan menyeluruh.

  • Gerak Dada Melambat

Anda juga mungkin menemukan gejala lain pada penderita efusi pleura. Salah satu gejala tersebut adalah gerak dadanya yang melambat. Hal ini terjadi karena efek dari pelumas yang ingin memudahkan gerak dada menjadi malah terlalu berlebihan dan berakibat membahayakan.

Penyebab dari Efusi Pleura Bilateral

Setelah anda mengetahui apa saja gejala dari penyakit yang satu ini pada penjelasan di atas, kini yang perlu anda ketahui adalah apa saja penyebabnya. Mengetahui penyebab ini berguna untuk anda melakukan pencegahan selanjutnya juga menjadi panduan dalam pengobatan. Karena jenis efusi pleura ini adalah bilateral, maka penyebanya biasanya akan berkaitan dengan penyakit sebelumnya yang memiliki hubungan signifikan sebagai penyebab. Apa saja penyakit tersebut?

Sponsors Link

  1. Gagal Jantung

Apakah anda memiliki masalah gagal jantung sebelumnya? Jika iya, maka anda memiliki resiko penyebab efusi pleura bilateral lebih tinggi. Penyakit gagal jantung atau penyakit yang terjadi karena otot jantung yang lemah ini sangat berbahaya efeknya. Salah satu efek tersebut adalah membuat jantung tidak bisa memompa darah keseluruh tubuh dan produksi cairan di pleura tidak bermanfaat juga menumpuk.

  1. Sindrom Nefrotik

Selain itu, penyakit efusi pleura pun dapat disebabkan oleh kerusakan pada bagian nefrotik anda. Hal ini menunjuk pada bagian ginjal yang sudah tidak mampu berfungsi sempurna. Ada sangat banyak protein yang dibuang melalui urine karena gagalnya sistem tadi. Jadi upayakanlah untuk menghindari penyebab yang satu ini.

  1. Tuberkolosis

Penyebab yang terakhir adalah penyakit yang dikenal juga dengan istilah TBC. Penyakit ini adalah penyakit menular yang sangat sulit untuk sembuh. Jadi pastikan untuk menhindari paru paru anda dari penyakit TBC untuk dapat terbebas dari masalah kesehatan paru paru anda tersebut.

ads

Apa Jenis Pengobatan dari Efusi Pleura Bilateral?

Jika anda sudah terlanjur terjangkit penyakit ini, maka anda dapat melakukan upaya pengobatan yang tepat. Anda dapat mengobati efusi pleura dengan langkah-langkah yang tepat. Akan tetapi, anda mungkin belum mengetahui informasi ini sebelumnya. Anda dapat mempelajarinya pada bagian berikut. Ada beberapa jenis pengobatan efusi pleura bilateral yang ampuh dan efektif untuk mengobati efusi pleura yang menyerang anda. Berikut ini beberapa diantaranya:

  • Operasi Shunt (Pirau) di Dada

Upaya pengobatan pertama yang dapat dilakukan untuk mengatasi efusi pleura adalah dengan mengeluarkan cairan dari pleura. Cara mengeluarkan cairan ini salah satunya adalah dengan memasang shunt. Alat ini akan membantu mengalirkan cairan dari dada ke Perut anda.

  • Pembuatan Drainase Permanen

Akibat penyakit yang diderita adalah efusi pleura, maka yang perlu dilakukan adalah mengeluarkan cairan tersebut. Namun anda pun mungkin bingung apa yang sebaiknya dilakukan. Akhirnya dapat juga hasil penelitian membuat drainase permanen saja di rongga dada dan menyerap kelebihan cairan setiap waktu.

  • Pleurektomi

Pengobatan yang terakhir yang dapat anda lakukan adalah dengan cara bedah. Anda dapat mengangkat pleura yang bermasalah tadi untuk secara permanen menghentikan masalahnya. Membahayakan tentunya tidak, hanya saja menjadi lebih menegangkan pastinya dari cara lain termasuk dari jenis terapi efusi pleura sekalipun.

Bagaimana Upaya Pencegahan Efusi Pleura Bilateral dengan Efektif?

Anda kemudian juga membutuhkan informasi mengenai pencegahan penyakit paru paru yang satu ini. Jika anda tidak ingin terjangkit efusi pleura misalnya, maka jangan biarkan anda menerimanya. Cobalah beberapa upaya pencegahan di bawah ini untuk panduan anda berusaha selanjutnya.

  1. Hindari kebiasaan yang tidak baik untuk kesehatan paru, misalnya merokok dan minum minuman keras.
  2. Jaga tubuh dari resiko penyakit lain yang memungkinkan anda menderitanya juga. Jadi pastikan untuk tidak menderita penyakit penyebab tersebut, jika anda tetap menjadi yang terbaik.

Jadi itulah seluruh penjelasan yang dapat disampaikan mengenai gejala, penyebab, pengobatan, serta pencegahan dari penyakit efusi pleura bilateral. Tentunya informasi yang sangat lengkap disampaikan di atas dapat menjadi panduan untuk anda.

Baik panduan guna memastikan anda dapat menghindari penyakit ini, atau panduan guna memastikan anda tidak perlu menderita penyakit tersebut lagi di kemudian hari. Jadi pelajari informasi di atas secara menyeluruh dan hindarkan diri anda dari efusi pleura bilateral ataupun uniteral mulai dari sekarang!

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Efusi pleura