Emboli Paru: Definisi, Gejala, Penyebab, Pengobatan dan Pencegahan

Sepertinya tidak banyak orang pernah mendengar Emboli paru. Emboli paru merupakan penyumbatan pada arteri paru – paru yang disebabkan oleh embolus. Embolus merupakan suatu benda asing yang menyumbat di bagian – bagian tubuh.

Emboli umumnya berupa gumpalan darah , namun tak jarang juga emboli adalah gumpalan lemak, cairan ketuban , sumsum tulah, tumor yang pecah maupun gelembung udara yang mengikuti aliran darah and akhirnya menyumbat pembuluh darah.

Jika arteri yang tersumbat merupakan arteri kecil, pembuluh darah lain akan mengambil alih tugasnya dalam memasok darah ke paru – paru. Namun jika orang tersebut sudah mengalami kelainan atau penyakit paru – paru sebelumnya seperti pneumonia, maka orang tersebut akan beresiko mengalami kematian paru atau biasa disebut infark paru.

Untuk lebih mengenal Embolil paru dibawah akan dijelaskan mengenai gejala, penyebab, pengobatan serta pencegahan emboli paru.

Gejala Emboli Paru

Gejala pada penderita emboli paru sangat bervariasi tergantung seberapa luas paru yang terkena emboli, besar gumpalan serat kondisi kesehatan penderita itu sendiri. Berikut adalah gejala yang umumnya muncul pada penderita emboli paru:

1. Batuk kering yang disertai dahak dan darah.
  2. Nyeri tajam pada bagian dada. Gejala ini akan semakin terasa menyakitkan ketika penderita menarik napas, makan, minum, serta membungkukkan tubuh.
  3. Tanda-tanda Sesak napas
  4. Pusing
  5. Pingsan
  6. Keringat berlebih
  7. Jantung berdetak cepat dan berdebar – debar
  8. Demam
  9. Kulit – kulit ujung jari membiru
  10. Nyeri dan bengkak pada tungkai kaki.

Penyebab Emboli Paru

Emboli paru merupakan satu penyakit yang cukup serius karena dapat menyebabkan kematian. Karena itu kita harus menjaga diri kita dan keluarga agar tidak terkena emboli paru, berikut penyebab emboli paru yang umum terjadi :

1. Darah sangat mudah menggumpal

Seseorang dengan keadaan darah yang sangat mudah menggumpal akan memiliki tingkat risiko tinggi mengalami emboli paru.

1. Pasif

Pasif di sini adalah seseorang yang tidak begitu aktif dalam menjalani aktivitas sehari–harinya. Jika seseorang sangat jarang bergerak maka akan meningkatkan risiko darah menumpukkan di bagian bawah tubuh yang menyebabkan penggumpalan darah.

Sebenarnya dengan melakukan aktivitas bisa memancing penyembuhan dan bisa dikatakan sebagai cara pengobatan alami paru-paru.

1. Cedera pada pembuluh darah

Hal ini bisa terjadi ketika kita mengalami kecelakaan yang mengakibatkan patah tulang, cedera otot atau cedera lainnya yang menyebabkan menyempit nya pembuluh darah pada tubuh.

Pengobatan Emboli Paru

Setelah mengetahui penyebab dan gejala emboli paru, berikut adalah cara pengobatan emboli paru:

1. Pemberian obat

Obat yang biasa digunakan adalah Anticoagulant yang berfungsi menghambat pembentukan gumpalan darah dan thrombolytic yang berfungsi memecah gumpalan darah.

1. Saringan pembuluh darah

Saringan ini dipasang pada pembuluh balik utama yang menghubungkan kedua tungkai paru dengan jantung bagian kanan. Pemasangan filter ini biasanya digunakan pada orang yang tidak cocok atau alergi terhadap obat anticoagulant dan trombotik.

1. Operasi

Operasi dilakukan ketika gumpalan darah sudah terlalu besar dan mengancam keselamatan pasien.

Pencegahan Emboli Paru

Mencegah tentu selalu lebih baik dari mengobati. Cara terbaik mencegah emboli paru adalah dengan mencegah terjadinya penggumpalan darah. Penggumpalan darah dapat dicegah dengan beberapa cara berikut :

1. Mengkonsumsi obat anticoagulant sesuai resep dokter
  2. Banyak melakukan aktivitas
  3. Mengangkat kaki lebih tinggi ketika berbaring
  4. Mengkonsumsi cukup air putih
  5. Mengenakan stoking kompresi pada tungkai yang berfungsi mempercepat aliran darah.

Demikian beberapa penjelasan tentang Emboli Paru yang umum terjadi dengan begitu maka anda akan bisa mengetahui juga cara mengatasi kelainan paru-paru ini.