Sponsors Link

Fungsi Nebulizer Ventolin yang Perlu Diketahui

Sponsors Link

Banyak yang tidak mengetahui mengenai Fungsi Nebulizer Ventolin. Nebulizer merupakan alat yang membantu untuk memasukkan obat cair ke dalam paru-paru dalam bentuk uap (aerosol). Partikel cair yaitu obat dan partikel gas merupakan perpaduan yang membentuk aerosol. Nebulizer dapat digunakan semua kalangan baik orang dewasa maupun anak-anak. Ukuran partikel yang dapat masuk dan mengendap dalam paru-paru atau saluran pernapasan bawah adalah sebesar di bawah 5µm. Aerosol memenuhi kriteria tersebut, oleh sebab itu nebulizer cocok untuk memasukkan obat ke dalam paru-paru.

ads

Nebulizer biasa digunakan ketika mengalami gangguan pernapasan atau sesak napas. Namun, tidak semua sesak napas dapat menggunakan nebulizer. Harus dilihat dari gejala dan penyebabnya, seperti penyebab sesak napas saat hamilsesak napas tiba-tiba, gejala radang paru-paru, penyebab sesak napas setelah makan dan lain-lain. Berikut ini penyakit yang dipercaya dapat diringankan dengan bantuan nebulizer.

  • Asma

Suatu kondisi terjadinya pembengkakan, penyempitan akibat adanya radang di saluran pernapasan yang menghasilkan banyak cairan lendir sehingga sulit untuk bernapas.

  • Batuk berdahak

Dahak merupakan tanda adanya infeksi pada paru-paru. Batuk adalah cara tubuh untuk mengeluarkan dahak dan melegakan saluran pernapasan.

  • Bronchiolitis

Merupakan infeksi pada saluran udara paru-paru. Paling sering diderita bayi berumur 3-6 bulan yang tinggal di lingkungan dingin. Gejalanya seperti flu tapi disertai mengi dan batuk.

  • Flu

Flu adalah akibat dari infeksi yang dilakukan oleh virus terhadap sistem pernapasan yang terdiri dari hidung, tenggorokan dan paru-paru.

Penyakit di atas sangat mengganggu pernapasan terutama bagi anak-anak yang belum mengerti cara mengeluarkan lendir yang menhambat jalannya udara masuk ke paru-paru. Tersumbatnya saluran pernapasan ini dapat membuat dada menjadi sesak dan kesulitan bernapas. Oleh sebab itu, sebagian orang tua menggunakan nebulizer untuk terapi uap bagi anak-anak mereka. Atau dipakai oleh lansia yang kesulitan bernapas. Nebulizer sendiri tak dapat berfungsi tanpa adanya obat yang dimasukkan ke dalamnya. Obat nebulizer ini bermacam-macam tergantung kebutuhan dan penyakit yang diderita. Salah satu obat cair yang biasa menggunakan nebulizer sebagai alat penyalurnya adalah Ventolin.

Ventolin mengandung obat salbutamol yang berfungsi untuk meringankan bronkospasme temasuk penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) dan asma. Salbutamol termasuk obat golongan short cating beta-adregenic receptor agonist dari obat sistem saluran pernapasan. Merangsang secara selektif reseptor beta-2 adrenergik merupakan cara kerja obat ini termasuk pada otot bronkus. Efek yang dirasakan yaitu lebih lega bernapas karena otot bronkus mengalami relaksasi (bronkodilatasi). Fungsi ventolin adalah untuk mengobati penyakit dengan kondisi sebagai berikut.

Sponsors Link

  • Bronkospasme, seperti asma bronkial, emfisema pulmonum, bronkitis asmatid, asma karena alergi tertentu.
  • Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK)
  • Hiperkalemia akut, obat ini mampu merangsang aliran kalium dalam darah sehingga jumlahnya berkurang.
  • Pada pasien penyakit jantung atau tekanan darah tinggi yang mengalami kejang bronkus. Ventolin dipercaya lebih aman dan memiliki daya kerja lebih lama.

Penyaluran obat ventolin ini tidak boleh dilakukan secara oral. Namun, menggunakan bantuan inhaler maupun nebulizer. Untuk kondisi yang lebih berat dianjurkan menggunakan nebulizer dengan resep dan pengawasan dokter. Sehingga Fungsi Nebulizer Ventolin ini dapat membantu meringankan sesak napas pada penyakit bronkospasme, penyakit paru obtruktif kronik (PPOK), hiperkalemia akut, dan kejang bronkus pada pasien penyakit jantung atau tekanan darah tinggi. Dosisnya berbeda-beda menurut kondisi sang pasien. Rata-rata 2,5mg-5mg per dosis yang dilakukan sebanyak empat kali dalam sehari. Untuk kasus dosis mencapai 40mg per hari hanya dapat dilakukan melalui saran dan pengawasan ketat oleh dokter.

Demikianlah Fungsi Nebulizer Ventolin yang dibahas di atas. Namun, untuk penggunaan Nebulizer Ventolin ini tak luput dari beberapa efek samping baik ringan maupun berat. Coba cari alternatif pengobatan lain seperti ramuan herbal radang paru-paru dan sebagainya.

, , ,




Oleh :
Kategori : Pengobatan