10 Gejala Asma yang Mungkin Menyerang Anda

Gejala asma atau tanda tanda yang ditimbulkan oleh penderita asma adalah hal yang penting untuk anda waspadai dan berikan perhatian lebih. Saat anda menderita suatu penyakit, anda sangat mudah mengetahui apa penyakit anda melalui gejala yang ditunjukkannya. Berbagai gejala ini menjadi ciri yang menentukan apa penyakit anda dan bagaimana anda harus mendeteksinya melalui ciri-cirinya.

Asma sebagai penyakit pada sistem pernapasan tentu akan banyak menimbulkan gejala kesehatan dalam hal pernapasan. Namun tidak berarti gejalanya hanya itu saja, ada berbagai gejala lain yang dapat membantu anda mendeteksi apakah benar penyakit anda adalah penyakit asma atau tidak.

Saat anda menderita penyakit asma, berbagai gejala yang ditunjukkan oleh tubuh anda menjadi tanda bahwa terjadi peradangan pada sistem pernapasan anda. Radang ini pasti akan mengganggu sistem pernapasan dan harus anda tangani secepatnya dampak penyakit asma ini.

Tanpa penanganan dini, efek dari asma ini akan sangat membahayakan. Tidak jarang penyakit asma pun dapat mengancam jiwa anda. Oleh karena itu, waspadai secepat mungkin gejala asma yang muncul pada diri anda. Jika anda belum mengetahui apa saja jenis gejala tersebut, maka terus simak penjelasan lengkapnya pada bagian di bawah ini.

Gejala Asma yang Mungkin Menyerang Anda

Penyakit asma adalah penyakit yang sama membahayakannya dengan penyakit lainnya. Apalagi karena penyakit ini adalah penyakit yang menyerang organ vital anda. Paru paru jika bekerja tidak normal, akan sangat membahayakan kelanjutan dari kerja organ lain dalam tubuh. Oksigen yang diperlukan untuk menjalankan fungsi tubuh tidak dapat disalurkan dengan maksimal, karena adanya gangguan penyakit asma ini.

Jadi sebaiknya anda waspadai gejala-gejala penyakit asma ini, agar tidak ada pendeteksian yang terlambat dan membahayakan anda nantinya. Berikut ini penjelasan mengenai apa saja 10 gejala asma yang mungkin menyerang.

1. Batuk Akut

Saat seseorang menderita asma, tentu gejala batuk tidak akan dapat dipisahkan darinya. Asma yang menyerang sistem pernapasan akan menyebabkan penderitanya lebih mudah batuk di pagi dan malam hari. Saluran pernapasan yang mengalami peradangan akan membuat penderita asma dapat mudah batuk dan batuknya pun susah untuk sembuh.

1. Gangguan Bernapas Normal

Jika anda menderita asma, maka anda harus mewaspadai kemungkinan terjadinya gangguan bernapas normal. Peradangan yang terjadi pada penderita asma akan menyebabkan penderita tersebut terlihat berat untuk menarik setiap nafas. Tidak jarang bahkan penderita mengeluhkan tidak adanya nafas yang masuk ke dalam paru parunya.

1. Menderita Demam

Akibat terjadi peradangan di dalam tubuh penderita asma, atau tepatnya pada paru paru, maka demam pun menjadi salah satu gejala yang paling utama. Gejala ini membuat suhu tubuh pasien akan meningkat tinggi dan membuat penderita tidak mudah beraktivitas secara normal.

1. Menderita Insomnia

Penderita asma pun sangat mungkin mengalami insomnia atau gangguan tidur. Asma menyebabkan penderitanya sulit tidur karena kondisi dalam tubuh yang tidak lagi fit. Jadi penderita asma pun berkibat kurang tidur dan mudah lesu. Belum lagi kondisi emosional semakin menjadi tidak stabil dan berakhir menjadi penyebab asma kambuh kembali.

1. Mual dan Muntah

Kondisi asma pun sangat mudah membuat penderitanya mengalami gangguan lambung. Saat anda menderita asma, pasokan oksigen ke lambung akan menurun. Akibatnya lambung akan tertekan dan merespon dengan naiknya asam lambung. Akhirnya, penderita pun mengeluhkan kondisi mual dan muntah yang seringkali menyerang.

1. Mudah Berkeringat Dingin

Kondisi keringat dingin pada penderita asma bukanlah hal yang baru lagi. Gejala ini terjadi sama seperti sebelumnya karena gangguan dalam pengedaran darah di dalam tubuh. Tubuh akan sering berkeringat dan jenis keringatnya pun adalah keringat dingin. Penderita akan merasa tidak sehat karena kondisi ini.

1. Muncul Biru-biru di Tubuh

Perhatikan juga permukaan kulit anda di seluruh tubuh. Jika anda benar menderita asma, maka kondisi munculnya biru-biru di tubuh pun tidak bisa dihindari. Tubuh yang membiru ini karena kekurangan oksigen di dalam tubuh anda. Akhirnya bagian tubuh yang kekurangan oksigen ini mengalami pembekuan darah atau biru di permukaan kulit. Segera coba lakukan pertolongan pertama pada asma tanpa obat untuk mengatasi gejala-gejalanya.

1. Nafas Berbunyi

Saat bernafas, normalnya seseorang yang sehat tidak akan mengeluarkan bunyi apapun. Hal ini tidak terjadi pada penderita asma. Nafas penderita asma mengeluarkan bunyi, atau yang dikenal dengan istilah mengi. Kondisi mengi dinamakan karena saat anda bernapas keluar bunyi seperti “ngik ngik” yang menandakan bahwa bernafas sulit untuk anda lakukan.

1. Rasa Gugup yang Tidak Terkendali

Penderita asma pun diketahui sangat mudah untuk merasakan gugup. Kegugupan yang dirasakan ini pun tidak mudah dikendalikan. Penyebab gejala yang satu ini pada penderita asma terjadi karena pernapasan yang tidak terkendali secara normal. Itulah mengapa kondisi perasaan anda pun tidak bisa bekerja dan dikendalikan dengan normal. Salah satu solusi untuk gejala ini adalah dengan melakukan terapi uap air panas untuk asma.

1. Terasa Sesak di Dada

Gejala yang terakhir dari penderita asma adalah sesak yang terasa di bagian dada. Dada anda sangat mungkin merasakan rasa sesak. Hal ini karena sistem pernapasan anda terganggu. Anda tidak akan nyaman untuk menarik dan mengeluarkan nafas. Jadi sesak napas pun tidak dapat dihindari lagi.

Jadi itulah tadi seluruh informasi yang perlu anda ketahui terkait apa saja 10 gejala asma yang mungkin menyerang anda. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pastikan untuk dapat mendeteksi gejal-gejala tersebut lebih dini.

Semakin cepat anda mengetahui bahwa anda terserang asma, semakin cepat juga anda dapat melakukan penanggulangan dan terhindar dari penyebab asma kambuh lagi. Jadi anda dapat mengatasi asma tanpa menderita efek dan gangguannya yang lebih parah lagi nantinya. Semoga anda dapat mengatasi masalah asma ini sebaik mungkin!

Kategori : Asma