10 Gejala Awal Paru Paru Bocor yang Mudah Dikenali

Gejala awal paru paru bocor merupakan tanda yang ditunjukkan oleh penderitanya ketika paru paru bocor mulai merusak fungsi paru paru. Paru paru bocor sendiri adalah penyakit atau kelainan pada paru paru yang sudah banyak ditemukan kasusnya pada pasien saat ini. Penyakit yang satu ini bisa juga dipahami sebagai penyakit paru paru basah atau juga pneumotoraks.

Jenis dan gejala paru paru bocor utamanya adalah ditemukan penumpukan cairan yang membuat paru paru tergenang dan tertekan bagian dindingnya. Pada kondisi paru paru yang mengalami kebocoran ini peradangan akan sangat mudah terjadi. Peradangan akan membuat penderitanya mengalami kesulitan juga untuk bernafas.

Tidak hanya kesulitan dalam bernafas, masih ada banyak gejala lainnya yang mungkin dialami oleh seorang penderita paru paru bocor. Setiap gejala tersebut bisa menimbulkan bahaya untuk penderitanya dan diharapkan bisa segera ditangani langsung.

Penanganan langsung dari penyakit paru paru bocor ini hanya bisa anda lakukan jika anda siap dan tahu akan apa saja gejala yang ditunjukkan oleh kebanyakan penderita paru paru bocor. Lantas bagaimana jika anda tidak mengetahui apa saja gejala awal dari paru paru bocor ini?

Anda yang belum mengetahui informasi mengenai apa saja gejala awal dari paru paru bocor yang dialami penderitanya, maka bisa menyimak penjelasan di bawah ini. Penjelasan berikut akan memaparkan setidaknya 10 gejala awal pada penderita paru paru bocor untuk diwaspadai.

Semakin cepat anda melakukan pendeteksian dini dari penyakit ini, maka semakin baik juga anda bisa melakukan pengobatannya segera. Setelah mengetahui apa saja gejalanya, maka anda pun bisa melakukan upaya terbaik untuk tetap waspada dan segera mengobatinya.

Jadi tidak perlu menunggu lama lagi, berikut ini penjelasan mengenai 10 gejala awal paru paru bocor untuk anda waspadai.

1. Batuk Darah

Pertama, gejala awal paru paru bocor yang bisa ditunjukkan oleh penderitanya adalah batuk darah yang dialami. Batuk darah ini adalah bentuk ekstrim dari batuk yang biasa dialami saat radang. Batuk darah anda alami karena semakin seringnya batuk menyerang selama paru paru terus tergenang cairan. Akibatnya bagian rongga mulut pun iritasi dan mengeluarkan darah dan segera harus anda lakukan cara mengobati paru paru bocor tersebut.

1. Batuk Kronis

Berbeda dengan gejala yang berikut ini, yang juga merupakan gejala awal namun tidak sampai mengeluarkan darah. Bisa dibilang gejala yang satu ini adalah gejala sebelum batuk darah terjadi. Jadi karena paru paru tergenang cairan, maka anda akan sering mengalami batuk batuk dan terkesan kronis kondisinya.

1. Mengalami Gangguan Nafsu Makan

Tidak jarang seorang penderita paru paru bocor juga menunjukkan gejala berupa gangguan nafsu makan yang terus menurun. Gangguan nafsu makan ini yang menyebabkan bahaya paru paru bocor menjadi nyata, yaitu turunnya kekebalan tubuh. Jadi pastikan untuk memperhatikan adakah penurunan nafsu makan yang anda alami.

1. Mengalami Nyeri di Dada

Nyeri pada dada juga bisa dirasakan sebagai gejala awal paru paru bocor. Seperti kebanyakan penyakit akibat kelainan paru paru lainnya, nyeri di dada menunjukkan adanya masalah saat anda bernafas. Pastinya karena paru paru bocor maka paru paru tidak bisa berfungsi secara normal dan akhirnya mengalami nyeri saat digunakan.

1. Menurunnya Kekebalan Tubuh

Kekebalan tubuh penderita paru paru bocor pun diketahui akan terus menurun. Hal ini dipengaruhi oleh penyakit paru paru bocor yang melemahkan tubuh penderitanya. Layaknya saat menderita flu, maka stamina tubuh pun terus menurun akibat penyakit yang satu ini.

1. Postur Tubuh Membungkuk

Seorang penderita paru paru bocor bisa juga menunjukkan gejala awal dari postur tubuhnya yang membungkuk. Postur tubuh yang membungkuk ini dialami karena pasien cenderung batuk terus menerus. Batuk terus menerus membuat badan lama kelamaan condong ke depan dan akhirnya menjadi membungkuk.

1. Sering Mengalami Demam

Anda juga bisa sering mengalami demam akibat dari penyebab terjadinya paru paru bocor yang anda derita. Demam adalah kondisi suhu tubuh yang sangat tinggi melebihi batas suhu normal tubuh seseorang. Pada penderita paru paru bocor, demam khususnya sering terjadi di malam hari dan membuat anda terus melemah kondisi tubuhnya.

1. Sulit Tidur di Malam Hari (Insomnia)

Insomnia atau kesulitan untuk tidur di malam hari juga banyak dialami oleh penderita paru paru bocor. Sebagai gejala awal paru paru bocor, gejala yang satu ini sering dianggap sepele dan tidak ada hubungannya dengan paru paru anda. Padahal anda bisa lebih cepat menanggulanginya jika saja lebih peka dalam mendeteksi gejala awalnya.

1. Terasa Sesak saat Bernafas

Bernafas pun menjadi salah satu kegiatan yang paling sulit untuk anda lakukan saat menderita paru paru bocor. Untuk itu jika anda seringkali merasa sesak saat bernafas, waspadai kondisi tersebut sebagai gejala awal penderita paru paru bocor dan segera periksakan diri anda.

1. Tubuh Keringat Dingin

Kebanyakan penderita paru paru bocor diketahui juga sering mengeluarkan keringat dingin. Keringat dingin ini terjadi karena paru paru yang sudah tidak sensitif lagi dengan udara. Jadi seringkali butiran keringat keluar melalui pori pori anda dan membuat anda terlihat basah seperti baru saja terkena air hujan. Anda bisa memperhatikan ini sebagai ciri ciri paru paru bocor pada bayi  khususnya.

Jadi itulah penjelasan lengkap mengenai apa saja 10 gejala awal paru paru bocor untuk anda ketahui. Tentunya setelah memahami penjelasan di atas kini anda sudah bisa semakin waspada dan hati-hati dalam menghadapi penyakit paru paru bocor.

Selalu pastikan anda tidak lengah dan sejak awal beberapa gejala di atas anda rasakan, maka anda bisa segera melakukan pemeriksaan ke dokter. Pastikan apakah anda benar menderita paru paru bocor atau tidak. Jika anda menderita paru paru bocor, maka segera lakukan pengobatan dan penanggulangan yang disarankan oleh dokter. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda!

, , , ,