8 Gejala Awal Pneumonia pada Anak-anak dan Orang Dewasa

Apa itu pneumonia?, masyarakat umumnya mengenal pneumonia sebagai paru-paru basah. Pneumonia sendiri sering menjadi momok bagi kebanyakan orang tua karena anak-anak dan bayi rentan terkena penyakit ini. Seringnya ciri-ciri pneumonia mirip dengan ciri-ciri penyakit flu ataupun pilek biasa sehingga para orang tua seringkali menganggap gejala-gejala yang diderita sebagai gejala pilek biasa.

Pneumonia sendiri merupakan keadaan di mana paru-paru seseorang terserang bakteri yang disebut Steptococcus pneumonia. Namun virus dan bakteri seperti flu pada umumnya juga bisa menyebabkan seseorang terkena pneumonia. Walaupun disebabkan karena virus flu biasa, jika dibiarkan pneumonia akan mengancam jiwa penderitanya. Lalu apa saja gejala-gejala awal pneumonia yang harus kita waspadai?.

1. Batuk

Gejala awal pneumonia yang pertama dan paling banyak dialami oleh penderita adalah batuk pada penderita, batuk bisa juga disertai oleh dahak berwarna hijau kekuningan, bahkan dalam beberapa kasus dahak yang dihasilkan bisa bercampur dengan darah.

1. Demam

Gejala yang kedua pada penderita pneumonia adalah demam, walaupun demam tidak selalu mengindikasikan seseorang terkena pneumonia, nyatanya banyak dari penderita yang juga merasakan gejala demikian. Penderita pneumonia biasanya akan mengalami demam yang tinggi. Bahkan gejala pneumonia pada bayi dan anak-anak demam bisa mencapai 37 derajat celcius. Namun pada orang dewasa demam yang dirasakan hanya demam biasa yang sering diabaikan.

1. Sesak nafas

Sesak nafas adalah gejala umum yang sering ditunjukkan oleh penderita penyakit paru-paru, salah satunya adalah pneumonia. Sesak nafas pada penderita pneumonia bisa terjadi karena adanya peradangan paru-paru yang terjadi. Selain pneumonia, sesak nafas juga merupakan gejala penyakit asma yang umum ditemukan.

1. Nyeri dada

Nyeri pada dada penderita pneumonia merupakan kelanjutan dari gejala sesak nafas. Jika peradangan pada paru-paru kian menyebar apalagi ditambah dengan batuk-batuk yang tak kunjung sembuh dan semakin memburuk, maka nyeri pada dada tak bisa dihindari. Nyeri pada dada bahkan seringkali menyebabkan penderita kesulitan untuk bernafas. Bukan cuma anak-anak, nyeri dada juga bisa menjadi gejala radang paru-paru pada orang dewasa.

1. Linglung

Linglung pada penderita pneumonia seringkali terjadi karena aliran oksigen ke otak terhambat. Terhambatnya pasokan oksigen bisa disebabkan karena keadaan paru-paru yang memburuk sehingga paru-paru tidak berfungsi dengan baik.

1. Memproduksi banyak keringat

Biasanya bersamaan dengan gejala demam, penderita pneumonia akan menggigil namun dengan produksi keringat berlebihan. Kalian harus memperhatikan gejala yang satu ini karena hal ini bisa jadi salah satu gejala tbc pada orang dewasa ataupun gejala sakit jantung.

1. Bibir atau kuku memucat

Fungsi paru-paru sebagai pengangkut oksigen untuk didistribusikan ke seluruh tubuh pasti akan mengalami gangguan jika saluran pernafasan tersebut terkena infeksi ataupun kelainan. Untuk penderita pneumonia hal yang paling bisa diamati adalah perubahan pada warna kuku dan bibir yang menjadi putih atau bahkan kebiruan karena kurangnya pasokan oksigen.

1. Cepat lelah

Cepat lelah adalah gejala umum yang banyak terjadi pada penderita penyakit jantung dan paru-paru, termasuk juga penyakit pneumonia. Dalam hal ini radang paru-paru yang terjadi akan menguras tenaga penderitanya sehingga kelelahan pada otot dapat terjadi.

Cara mengatasi penyakit pneumonia sendiri tidaklah begitu sulit. Yang terpenting adalah kalian harus mengetahui dan mengerti gejala awal pneumonia sehingga pengobatan dapat segera dilakukan sebelum pneumonia bertambah parah. Tapi alangkah lebih baik jika kalian mencari cara mencegah pneumonia pada anak, karena seperti yang kita tahu pneumonia banyak terjadi pada anak-anak.

, , , , ,
Kategori : Pneumonia