Kenali 15 Gejala Awal Sakit Paru Paru

Paru paru merupakan organ penting khususnya sistem pernafasan, yang bertugas tempat pertukaran oksigen dan mengeluarkan karbondioksida hasil sisa proses pernafasan, sehingga kebutuhan akan oksigen terpenuhi. Manusia membutuhkan oksigen dalam tubuh, karena itulah peranan penting paru paru.  Paru paru ini mempunyai tugas berat apalagi bila udara yang dihirup tercemar dimana berbagai penyakit berkeliaran melalui udara dan dapat menyebabkan penyakit paru paru.  Gejala awal sakit paru paru seperti batuk, sesak nafas dan nyeri bagian dada itu bisa berarti ada tidak beres dengan paru paru.

Dengan melakukan pendeteksian awal dapat mencegah penyakit paru paru semakan parah. Udara di sekitar yang kotor bisa membuat peredaran oksigen menjadi kurang lancar, hal ini membuat seseorang menjadi mudah terkena berbagai penyakit paru paru seperti tuberkolosis, bronkitis, asma, penumonia bahkan kanker paru paru. Apalagi bila seorang perokok berat, sangat rentan terkena penyakit paru paru meski harus diperhatikan cara merawat paru paru bagi perokok. Efek zat kimia atau cedera fisik paru paru  dan banyaknya mengkonsumsi mengandung alkohol berlebihan membuat timbulnya penyakit paru paru dalam tubuh.

Jika seseorang terserang penyakit paru paru umumnya saluran pernafasannya menjadi terganggu. Penyakit paru paru bisa membahayakan kesehatan manusia karena menyerang pada organ tubuh terpenting dalam tubuh. Ada beberapa gejala awal sakit paru paru, yaitu:

1. Batuk

Seseorang yang batuk terus menerus tidak berhenti-henti selama kurang lebih 2 (dua) minggu perlu diperiksakan lebih lanjut ke dokter. Kebanyakan seseorang menganggap batuk adalah hal yang biasa dialami sebagai penyakit biasa dan musiman yang dapat hilang dengan sendirinya. Batuk yang terus menerus tidak mudah hilang meski sudah minum obat batuk, perlu dicurigai terkena penyakit paru paru.

2. Sakit kepala

Bila mengalami sakit kepala bukan berarti kepala yang sakit, bisa jadi ada organ tubuh lain yang bermasalah, maka perlu diperiksakan ke dokter. Hal ini disebabkan pasokan oksigen ke otak kurang lancar dan dialami oleh penderita penyakit paru paru.

3. Sesak nafas

Gejala ini sangat identik dengan seseorang terkena penyakit paru paru, seperti sesak nafas tiba-tiba. Nafas terasa pendek dan terengah-engah meski dalam keadaan tidur, hal ini dikarenakan pasokan oksigen dalam tubuh kurang lancar membuat seseorang kesulitan bernafas.

4. Nyeri dada

Apabila seseorang merasa nyeri di bagian dada, ini pertanda adanya infeksi pada paru paru yang disebabkan virus maupun bakteri hingga terjadi pembengkangan paru paru. Hal ini bisa seseorang merasakan sakit saat dada dipegang, maka perlu pemeriksaan lanjut ke dokter.

5. Nyeri tubuh bagian persendian

Nyeri tubuh pada bagian persendian dikarenakan peredaran darah ke seluruh tubuh terhambat dan kurang lancar. Dengan tidak maksimalnya peredaran darah ke seluruh tubuh menyebabkan pasokan oksigen dan fungsi pembuluh darah menjadi kurang maksimal. Pembuluh darah disini sebagai tempat mengalirnya darah  dalam menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh.

6. Radang tenggorokan

Seseorang yang terkena radang tenggorokan bukan hanya gejala awal penyakit influensa, tapi juga hal ini disebabkan terkena penyakit paru paru, dimana terjadi perubahan suara menjadi serak dikarenakan pita suara berlendir. Apabila lendir susah dikeluarkan perlu penanganan lebih lanjut.

7. Demam

Seseorang yang terkena demam belum tentu itu penyakit yang biasa dialami karena faktor cuaca yang berubah-ubah. Demam yang dirasakan oleh penderita penyakit paru paru umumnya suhu tidak terlalu tinggi tapi bisa menyebabkan penderita sudah terasa tidak nyaman, dikarenakan mengganggu kegiatan atau aktifitas.

8. Nafsu makan berkurang

Umumnya penderita penyakit paru paru kurang terlalu memperhatikan gejala ini, padahal gejala ini disebabkan infeksi paru paru yang menyerang bagian pencernaan hingga seseorang kurang berselera dalam makan dan berat badan menjadi turun drastis.

9. Gemetar

Seseorang yang terkena sakit paru paru biasanya badan gemetar tanpa sebab, baik saat memegang gelas maupun piring dan itu dirasakan hampir tiap hari. Umumnya si penderita tidak menyadari akan hal ini karena belum mengetahui bahwa sebenarnya badan yang suka gemetar itu pertanda sakit paru paru.

10. Suara mengi saat bernafas

Suara mengi yaitu suara berdenging tinggi saat bernafas, dan ini dialami oleh seseorang yang mempunyai riwayat asma. Penyakit asma itu sendiri disebabkan oleh paru paru yang dipenuhi oleh cairan, sehingga rongga pernafasan menyempit dan saat bernafas akan terdengar suara mengi.

11. Nafas pendek

Seseorang yang terkena sakit paru paru mempunyai nafas yang cenderung pendek. Hal ini dikarenakan peredaran pembuluh darah kurang maksmal dan tidak berfungsi dengan baik, dimana sedikitnya pasokan oksigen ke seluruh tubuh, si penderita tidak akan mampu melakukan pekerjaan bongkar muat barang dan lainnya yang termasuk pekerjaan berat.

12. Mudah cemas

Kecemasan yang berlebihan sering dialami oleh seseorang apabila sudah terkena sakit paru paru. Kecemasan dalam melakukan sesuatu bahkan sebelum hingga membuat orang sekitar menjadi ikutan cemas.

13. Detak jantung cepat

Organ jantung dan paru paru mempunyai fungsi yang berkaitan erat, dimana paru paru mengambil dan mengeluarkan oksigen dari dalam tubuh,sedangkan jantung yang mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh. Sehingga secara tidak langsung apabila terjadi masalah dengan paru paru maka akan berdampak pada kinerja jantung.

14. Keringat dingin

Keringat dingin pada telapak tangan dan kaki dialami oleh penderita sakit paru paru, dimana kurang maksimalnya pasokan oksigen ke seluruh tubuh, hal ini bisa disebabkan oleh efek dan faktor cuaca merupakan respon aksi protes dari tubuh. Apabila keringat dingin dirasakan terus menerus sebaiknya segera periksakan ke dokter.

15. Mudah lelah

Mudah lelah dalam melakukan aktifitas merupakan gejala awal seseorang terkena penyakit paru paru. Rasa lelah akan hilang setelah beristirahat dan tidur sejenak bahkan meminum suplemen, namun apabila rasa lelah berkelanjutan hal ini disebabkan pasokan oksigen dalam tubuh kurang maksimal.

Dengan demikian harus kenali terlebih dahulu gejala awal sakit paru paru dalam tubuh, hingga mengetahui cara meningkatkan kapasitas paru paru agar kesehatan dapat terjaga, dan dapat mencegah akibat penyakit paru paru yang membahayakan bagi kesehatan.

, , , , ,