Ini Dia Gejala Bronkitis yang Harus Diwaspadai

Bronkitis adalah penyakit akibat adanya infeksi paru paru. Sehingga organ pernapasan ini meradang dan bengkak. Gejala bronkitis atau gejala awal sakit paru paru adalah saluran pernafasan menyempit yang membuat pasien kesulitan bernapas.

Jenis-Jenis Bronkitis

Penyakit bronkitis terbagi menjadi 2 jenis yaitu, bronkitis akut dan bronkitis kronis. Berikut penjelasan detailnya, yaitu:

1. Bronkitis Akut

Bronkitis akut adalah penyakit pernafasan yang berlangsung tiga minggu. Pada umumnya, gangguan menyerang anak balita. Selain itu, bronkitis akut adalah penyakit yang umum terjadi.

1. Bronkitis Kronis

Bronkitis kronis adalah penyakit pernafasan yang bertahan hingga tiga bulan. Bahkan, pada tahun berikutnya, bronkitis bisa kambuh sekalipun sudah mengeluarkan biaya rontgen paru paru. Perbedaan dengan akut, bronkitis kronis sering menyerang orang dewasa.

Komplikasi Bronkitis

Penyakit bronkitis parah memicu komplikasi. Salah satunya pneumonia. Ini terjadi, jika infeksi menyebar ke seluruh organ. Gejalanya adalah kantung udara paru paru membengkak dan berisi cairan.

Sebelum komplikasi pneumonia muncul, penderita bronkitis harus dirawat intensif dengan makan makanan untuk penderita flek paru paru. Sedangkan, orang dewasa perokok aktif dan sering sakit sakitan, diharuskan periksa ke dokter dengan rutin.

Gejala Penyakit Bronkitis

Gejala bronkitis yang pasti adalah batuk. Baik itu berdahak maupun batuk kering. Jika berdahak, biasanya dahak yang keluar berwarna putih. Nah, berikut gejala bronkitis yang lebih lengkap, yaitu:

1. Batuk Disertai Darah

Untuk gejala batuk berdahak biasa, biasanya tidak bercampur darah. Sekalipun tenggorokan terluka atau iritasi. Karena umumnya, luka tenggorokan tidak besar.

Namun, jika batuk berdahak disertai darah, berarti ada gangguan di saluran pernafasan. Bisa jadi itu gejala bronkitis. Maka dari itu, sebelum parah, segera bawa ke rumah sakit agar ditangani dengan cepat atau minum ramuan tradisional pembersih paru paru.

1. Batuk Dalam Jangka Waktu Lama

Sesungguhnya, batuk karena infeksi akan sembuh setelah dua minggu. Apalagi jika pasien rutin minum teh jahe hangat setiap hari. Waktu sembuhnya bisa lebih cepat. Namun, tidak demikian dengan bronkitis. Jika tidak diobati dengan makanan sehat untuk paru paru, gejala batuk muncul terus. Bahkan, obat bebas anti batuk sekalipun, tidak mudah untuk meredakannya.

1. Hilangnya Keinginan untuk Beraktivitas

Gejala bronkitis selanjutnya adalah malas beraktivitas. Hal ini disebabkan penurunan stamina sehingga energi tidak tersuplai sempurna. Maka dari itu, jika lelah anda berkepanjangan, jangan asal minum suplemen. Segera bawa ke rumah sakit.

Ini juga berlaku untuk anak. Jangan sepelekan masalah jika anak malas bermain. Bisa jadi itu gejala bronkitis. Apalagi jika kesukaannya adalah tidur seharian. Segera atasi dengan cara mencegah pneumonia.

Penyebab Bronkitis

1. Infeksi Paru Paru

Bronkitis akut disebabkan infeksi bakteri di paru paru. Karena serangan ini, organ mengalami iritasi dan bengkak. Jika dibedah, radang tersebut akan mengeluarkan cairan berbau.

1. Kebiasaan Merokok

Penyebab yang kedua adalah kebiasaan merokok. Pasalnya, nikotin yang anda hisap akan merusak rambut sila di paru paru. Padahal, organ jaringan ini berfungsi sebagai pelindung organ dari virus.

Jika rambut sila rusak, lendir, debu, asap rokok akan masuk ke paru paru. Sehingga imun di dalamnya harus bekerja maksimal. Lama kelamaan, dinding bronkus menjadi rusak.

Pengobatan Bronkitis

Penyakit bronkitis bisa diobati di rumah dengan cara mencegah pneumotoraks. Namun, jika penyakit cukup parah, perawatan medis solusinya. Berikut ini, cara mengobati bronkitis yang umum, yaitu:

1. Minum Banyak Cairan

Jika bronkitis ringan, peluang sembuh cukup besar sekalipun tanpa pengobatan. Syaratnya adalah anda harus mengkonsumsi banyak cairan. Seperti minum air putih yang cukup. Istirahat juga solusi yang manjur.

1. Obat Pereda Gejala

Obat dibutuhkan untuk penyakit bronkitis kronis penyebab infeksi paru paru pada anak. Tetapi hanya sampai tiga bulan saja. Setelah itu, bronkitis disembuhkan dengan perawatan lanjutan.

1. Hindari Rokok

Cara menyembuhkan bronkitis dan cara mencegah paru paru basah selanjutnya adalah berhenti merokok. Karena aktivitas ini penyebab utama. Jangan sampai paru paru yang iritasi, masih ditambah asap rokok yang panas. Tentu, bronkitis tidak akan sembuh.

Pencegahan Bronkitis

Untuk mencegah bronkitis dan penyakit apapun, anda bisa mengatur pola hidup. Pastikan, kehidupan anda sehat, baik dari pola makan, jenis makanan dan aktivitas harian.

Kebersihan lingkungan juga penting. Karena dari sanalah kuman bronkitis berasal lalu berpindah ke tubuh melalui udara yang masuk lewat mulut. Menjaga jarak dengan penderita juga cara mencegah bronkitis.

Demikianlah informasi singkat tentang gejala bronkitis dan gejala penyakit kanker paru paru. Jika anda mengalaminya, segera lakukan perawatan dengan baik. Jangan tunggu penyakit parah, karena semuanya akan terlambat.

, , , , ,
Kategori : Bronkitis