10 Gejala Emboli Paru yang Sering Diabaikan!

Gejala emboli paru adalah berbagai tanda yang bisa ditemukan pada pasien yang mengalami masalah berupa emboli di paru paru. Emboli paru adalah suatu gangguan paru paru yang terjadi karena adanya penyumbatan di arteri pulmonalis (pembawa darah dari jantung ke paru). Akibat dari penyumbatan ini akan muncul gumpalan darah di beberapa lokasi tubuh anda.

Gumpalan darah ini memang adalah gejala utama dari adanya emboli paru. Namun selain itu, masih banyak gejala yang bisa anda jadikan patokan. Memahami apa saja gejala emboli paru dapat membantu anda untuk segera mendeteksi penyakit yang menyerang. Jadi pastikan untuk mencari tahu mengenai gejala emboli paru ini terlebih dahulu.

Tahukah anda bahwa gumpalan darah yang disebabkan oleh penyumbatan arteri ini ukurannya sangat kecil? Itulah mengapa gumpalan darah tidak bisa dikategorikan sebagai gejala yang bisa dideteksi. Anda perlu informasi lebih lengkap mengenai apa saja gejala emboli paru yang perlu diwaspadai.

Bagian berikutnya akan mencoba menjelaskan mengenai apa saja macam gejala emboli paru yang perlu anda waspadai tersebut. Semoga informasinya dapat bermanfaat untuk anda gunakan dalam upaya pencegahan hingga pengobatannya.

Seperti yang disebutkan di atas, anda perlu mengetahui apa saja gejala emboli paru untuk lebih waspada dalam penanggulangannya. Jika anda kesulitan menemukan informasi mengenai berbagai gejala ini, maka anda bisa menyimaknya pada bagian berikut ini. Bagian di bawah ini akan menjelaskan setidaknya ada 10 gejala yang perlu anda waspadai dari penyakit emboli paru.

1. Batuk Kering

Gejala yang mungkin tergolong umum tapi perlu anda waspadai adalah batuk kering. Memang batuk kering adalah gejala yang banyak ditemukan pada sebagian besar penyakit tenggorokan. Namun jika sudah lama dan tidak kunjung sembuh juga, cobalah periksakan segera. Batuk kering bisa terjadi akibat emboli, karena penyebaran oksigen yang tersumbat oleh arteri bahkan bisa menyebabkan sesak nafas akibat batuk juga.

1. Bengkak pada Tungkai Kaki

Anda juga harus mewaspadai gejala berupa pembengkakan di bagian tungkai kaki. Pembengkakan ini dipengaruhi oleh gumpalan darah akibat penyumbatan arteri tadi. Bagian tungkai kaki, khususnya betis adalah bagian yang paling umum menunjukkan gejala emboli paru yang satu ini. Jadi perhatikan tungkai kaki anda sesekali.

1. Jantung Berdebar-debar

Selanjutnya, gejala emboli paru yang ditunjukkan juga oleh diri pasien adalah jantung yang berdebar-debar. Debaran jantung ini tidak biasa, bukan seperti anda sehabis olahraga. Bahkan ketika anda tidak berolahraga, anda akan mengalami jantung berdebar-debar ini. Sebabnya adalah penyumbatan arteri tadi. Jadi jantung bekerja lebih kuat daripada seharusnya.

1. Kulit Ujung Jari dan Bibir Biru

Akibat penyakit emboli paru, pasien juga bisa menunjukkan tanda tanda berupa kulit di ujung jari dan bibir yang membiru. Penyebab kulit ujung jari dan bibir ini biru adalah karena kekurangan oksigen seperti ditunjukkan oleh ciri ciri paru paru tidak sehat lainnya. Oksigen tidak tersebar dengan baik ke seluruh tubuh karena adanay penyumbatan di arteri.

1. Mengalami Pusing dan Pingsan

Ada banyak juga pasien emboli paru yang menunjukkan gejala berupa pusing dan pingsan. Pusing dan pingsan ini adalah gejala yang masih dipengaruhi oleh penyumbatan yang terjadi tadi. Jika peredaran darah tidak lancar, memang manusia akan mudah mengalami pusing seperti kekurangan darah. Jika tetap dipaksa beraktivitas, maka pasien pun dapat pingsan.

1. Mudah Berkeringat Lebih

Gejala emboli paru lainnya yang bisa langsung anda perhatikan dan waspadai adalah mudah berkeringat dan jumlah keringatnya berlebih. Keringat harusnya adalah ekskresi berbagai zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Jika terlalu banyak, maka bisa jadi ada masalah dengan kesehatan tubuh anda seperti contohnya ada penyumbatan arteri.

1. Mudah Demam dan Gelisah

Penyumbatan pada arteri bisa juga menimbulkan gejala berupa demam dan gelisah. Demam ini menunjukkan suhu tubuh yang tinggi dan biasanya adalah akibat masalah dalam tubuh. Jadi saat anda menderita emboli paru pun, gejala yang bisa dideteksi adalah demam. Namun demam saja tidak cukup untuk meyakinkan anda bahwa anda menderita emboli. Jadi perhatikan juga apakah ada gejala anda mudah gelisah? Jika iya, maka kemungkinan besar anda memang menderita emboli.

1. Nyeri Dada dan Punggung

Dada dan punggung anda juga bisa mengalami masalah akbat adanya penyumbatan arteri. Masalah yang muncul pada tubuh anda adalah rasa nyeri. Khususnya ketika anda bernapas, maka dada dan punggung anda pastinya akan terasa nyeri dan membuat anda merasa khawatir. Jadi waspadai rasa nyeri tersebut dengan melakukan pemeriksaan.

1. Sesak Napas

Saat bernapas anda merasa sesak? Gejala ini adalah salah satu gejala yang paling sering ditemukan pada penderita masalah paru. Apapun masalah parunya, biasanya ada gejala sesak nafas tiba tiba ini. Begitu juga dengan emboli paru, penderitanya akan sering merasa sesak saat bernapas dan harus diwaspadai.

1. Tekanan Darah Rendah

Anda kemudian harus memperhatikan tekanan darah anda. Tekanan darah penderita emboli paru cenderung rendah. Alasannya karena adanya masalah pada penyumbatan darah. Jadi aliran darah ke tubuh anda tidak berjalan dengan lancar dan menjadi terdeteksi rendah (di bawah normal). Segera lakukan pemeriksaan untuk mencegah masalah kesehatan yang lebih parah.

Itulah tadi 10 gejala emboli paru yang sebaiknya anda waspadai dari kondisi kesehatan anda. Berbagai gejala yang ditemukan, diharapkan bisa anda rasakan lebih sensitif. Anda bisa menanggulangi penyakit emboli lebih cepat jika memang diperlukan. Jika anda ingin melakukan pemeriksaan pun bisa lebih cepat, setelah peka dengan gejala-gejala yang disebutkan di atas.

Cara mengatasi kelainan pada paru paru ini pun bisa lebih efektif dilakukan. Oleh sebab itu, anda tidak perlu bingung lagi mengenai apa yang harus anda lakukan untuk mengetahui apakah anda menderita emboli atau tidak. Asalkan anda memahami penjelasan di atas, mulai dari sekarang anda sudah bisa mewaspadai penyakit tersebut!

, , , ,