3 Gejala Infeksi Paru Paru yang Harus Diwaspadai

Gejala infeksi paru paru menjadi apa yang ditemukan dari seorang pasien untuk mendiagnosa dirinya menderita gangguan kesehatan paru. Kesehatan paru paru sebagai organ vital tubuh manusia memang tidak dapat dianggap sepele.

Sedikit saja paru paru anda terganggu kesehatannya, efek yang dialami oleh penderitanya tidaklah ringan. Berbagai gangguan kesehatan paru paru pun bisa diderita oleh anda, termasuk juga gangguan berupa infeksi paru ini. Namun sebelumnya sudahkah anda pernah mendengar tentang penyakit infeksi paru paru?

Infeksi paru paru adalah penyakit yang menyerang organ paru karena adanya pengaruh dari mikroorganisme yang merusaknya. Mikroorganisme ini dapat berupa bakteri, jamur, ataupun virus yang masuk ke paru paru dan menginfeksinya.

Jika paru paru sudah terinfeksi, maka kerja dan fungsi paru paru akan berjalan dengan tidak normal. Sangat mungkin paru paru anda akan mengalami banyak masalah dan meluas hingga ke fungsi organ lain juga. Itulah mengapa akhirnya infeksi paru paru kemudian diwaspadai dengan berbagai gejala yang ditunjukkannya.

Mewaspadai suatu penyakit dengan mengetahui gejalanya adalah salah satu langkah penanggulangan yang paling tepat. Bayangkan saja bagaimana cepat dan tanggapnya anda dalam menanggulangi suatu penyakit, ketika anda secara pasti sudah mendapatkan ciri-ciri penyakit ini menyerang anda.

Seperti itu juga dengan penyakit infeksi paru paru yang dikenal sebagai pneumonia ini. Anda yang mengetahui gejalanya dapat segera langsung melakukan penanggulangan pneumonia. Tapi sudahkah anda tahu apa saja gejala tersebut?

Gejala Infeksi Paru Paru Berdasarkan Penyebabnya

Bagi anda yang belum mengetahui apa saja gejala dari infeksi paru paru, maka anda dapat menyimak informasinya pada bagian di bawah ini. Hanya saja, perlu anda ketahui bahwa memahami gejala infeksi paru paru akan lebih mudah dipahami jika dibedakan berdasarkan penyebabnya.

Penyebab pneumonia atau infeksi paru diketahui ada 3 yaitu bakteri, jamur, dan virus. Ternyata ada gejala yang sama dan juga berbeda dari infeksi paru yang disebabkan oleh 3 hal tersebut. Apa saja gejalanya yang perlu anda ketahui dan bedakan? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

• Gejala dari Infeksi Paru yang Disebabkan oleh Bakteri

Jenis infeksi paru paru yang pertama adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Bakteri yang menginfeksi paru paru bernama methicillin-resistant staphylococcus aureus (MRSA). Akibat infeksi dari bakteri ini, penderita akan mengalami beberapa gejala, salah satu yang paling pasti terjadi adalah radang paru.

Akibatnya pasien akan mengalami kesulitan dalam bernapas. Saluran pernapasan akan membengkak dan kemerah-merahan warnanya. Jadi anda sangat disarankan untuk memeriksakan kondisi saluran pernapasan, jika anda merasa ada masalah dengan paru paru anda.

• Gejala dari Infeksi Paru yang Disebabkan oleh Jamur

Selanjutnya, ada juga infeksi paru yang disebabkan oleh pengaruh dari jamur. Jamur yang dapat menginfeksi dan merusak fungsi dari paru paru adalah Candida. Jenis jamur ini menjadi penyebab penyakit dengan definisi pneumonia yang utama.

Tidak hanya itu, biasanya jamur ini pun juga turut menambahkan gejala flu. Beberapa gejala lain yang menyerang jika penyebab infeksi anda adalah jamur, yaitu demam, nyeri dada, dan mudah sakit kepala. Saat batuk, penderita infeksi paru jenis ini biasanya memroduksi lendir yang banyak.

• Gejala dari Infeksi Paru yang Disebabkan oleh Virus

Anda yang terkena infeksi paru karena virus pun bisa memiliki gejala infeksi paru paru lagi yang berbeda. Virus yang menyerang dan menginfeksi paru biasanya akan membuat gejala awal pneumonia ini pun lebih berfokus pada fungsi pernapasan paru paru.

Berbagai gejala tersebut termasuk seperti bunyi saat bernapas, tubuh mengalami kebiruan karna kekurangan oksigen, dan dehidrasi karena kekurangan air. Jadi ciri ciri pneumonia yang ditunjukkan memang tidak sama dengan yang terjadi pada dua jenis sebelumnya.

Penanggulangan Gejala Infeksi Paru Paru Sesuai Penyebabnya

Sesuai dengan informasi yang disebutkan sebelumnya, gejala infeksi paru dapat dibedakan berdasarkan apa yang menjadi penyebabnya. Tentu begitu juga dengan penanggulangannya, yang harus segera anda lakukan sesuai dengan gejala yang anda temukan sebelumnya. Apa saja bentuk penanggulangan tersebut? Berikut ini penjelasannya.

• Penanggulangan Infeksi Paru Akibat Bakteri

Saat anda menemukan adanya gejala infeksi paru yang disebabkan oleh bakteri, maka yang perlu anda lakukan untuk menanggulanginya adalah dengan menggunakan antibioti. Antibiotik diketahui sangat ampuh untuk mengatasi bakteri penyebab penyakit ini. Gejala yang ditimbulkannya pun dapat hilang setelah konsumsi obat dengan rutin. Namun antibiotik dapat anda konsumsi hanya dengan resep dokter. Jadi periksakan diri anda setelah menemukan gejalanya.

• Penanggulangan Infeksi Paru Akibat Jamur

Jika anda menemukan gejala infeksi paru yang disebabkan oleh jamur, maka obat yang bisa anda konsumsi biasanya adalah obat sejenis amboxol. Obat ini dapat membantu mengatasi masalah penumpukan lendir saat batuk dan flu yang menyerang. Tentu saja obat batuk ini pun tidak mungkin anda konsumsi tanpa resep dokter.

• Penanggulangan Infeksi Paru Akibat Virus

Penanggulangan yang terakhir dapat anda lakukan dengan mengatasi virus yang menginfeksi tubuh anda pada jenis pneumonia ini. Virus yang menginfeksi tubuh anda harus diatasi dengan obat antivirus. Ada beberapa obat antivirus yang harus dikonsumsi dengan rutin, lalu kembali dievaluasi oleh dokter. Biasanya obat virus ini harus dikonsumsi minimal satu minggu. Jadi akan terlihat bagaimana efeknya untuk melemahkan virus tersebut.

Jadi itulah tadi penjelasan mengenai berbagai gejala infeksi paru paru berdasarkan penyebabnya yang perlu anda waspadai. Tentu setelah mengetahui informasi di atas, kini anda tidak lagi bingung bukan untuk membedakan jenis infeksi paru apa yang anda alami dan apa yang menyebabkannya.

Mengetahui lebih jelas gejala dari suatu penyakit pun dapat membantu anda untuk lebih siap dalam melalui seluruh proses pengobatannya dan cara mengatasi penyakit pneumonia. Jadi pastikan selalu perhatikan kondisi kesehatan anda melalui gejala-gejala yang anda tunjukkan!