10 Gejala Paru Paru Basah yang Mudah di Kenali

Gejala paru paru basah adalah tanda yang muncul pada penderita paru paru basah, yang mengganggu kesehatan dan menurunkan ketahanan tubuhnya. Penderita paru paru basah diektahui adalah seseorang yang mengalami gangguan pada sistem pernapasannya.

Sistem pernapasan anda dapat terganggu dengan paru paru basah ini ketika ada infeksi virus, bakteri, atau jamur yang menyerang. Jika anda sudah terkena infeksi tersebut, maka paru paru anda akan mengalami peradangan. Peradangan ini ditunjukkan dengan kantong udara atau alveolus yang tidak dapat berfungsi sebagai mana mestinya.

Tentu anda tidak ingin harus menderita masalah paru paru basah ini, pasalnya saat anda menderita paru paru basah anda akan mengalami banyak gejala gangguan kesehatan sebagai ciri ciri pneumonia. Sudah tahukah anda apa saja jenis gejala paru paru basah yang mungkin menyerang? Jika anda belum mengetahuinya, maka anda perlu mempelajarinya mulai dari sekarang.

Informasi mengenai apa saja gejala dari suatu penyakit sangat bermanfaat untuk anda. Manfaat itu salah satunya adalah agar anda dapat mendeteksi suatu penyakit lebih cepat. Tanda-tanda atau gejala yang anda temukan dan ketahui adalah gejala dari paru paru basah dapat anda langsung berikan penanggulangan. Itulah mengapa pada bagian berikut ini akan dijelaskan mengenai apa saja gejala dari paru paru basah yang perlu anda waspadai.

Gejala Paru Paru Basah untuk Pendeteksian Dini

Anda sudah mengetahui apa pentingnya mengetahui berbagai gejala dari paru paru basah yang menyerang seseorang. Bagian berikut ini akan menjelasan berbagai gejala tersebut untuk semakin membuat anda paham dan bisa membedakan mana gejala paru paru basah sebenarnya, dilengkapi dengan gejala lainnya. Oleh sebab itu, berikut ini penjelasan mengenai setidaknya apa saja 10 gejala dari penyakit dengan definisi pneumonia tersebut.

1. Batuk Kering, Mengi, atau Berdahak

Gejala awal pneumonia yang pertama yang pasti dialami oleh seluruh penderita paru paru basah adalah batuk kering. Masalah batuk kering ini juga adalah gejala yang sering dianggap batuk biasa, bukan masalah paru paru. Akhirnya, penderita tidak menyadari penyakitnya yang sebenarnya. Jadi jangan anggap sepele lagi batuk anda, terutama jika diikuti oleh mengi dan dahak.

1. Jantung Berdebar Kencang

Satu lagi gejala yang mungkin dialami oleh penderita paru paru basah adalah jantung berdebar kencang. Bagaimana seseorang dapat mengalami jantung berdebar tidak normal ini? Alasannya adalah karena paru paru yang bertugas memasok dan menarik pasokan oksigen dari tubuh yang dikelola olah jantung. Ketika paru paru bermasalah, jantung pun akan merasakan efeknya.

1. Mengalami Demam Tinggi

Waspadai juga resiko di mana anda mengalami demam tinggi tidak kunjung turun. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, penyakit paru paru basah terjadi akibat dari infeksi. Jika tubuh infeksi, pasti salah satu gejala yang ditimbulkan adalah demam ini. Oleh karena itu, jika anda mengalami demam dan diikuti oleh salah satu gejala paru paru basah lain, maka waspadai resiko ini dan segera lakukan penanggulangan pneumonia itu.

1. Mual dan Muntah Menyerang

Saat anda menderita paru paru basah, asupan oksigen ke dalam tubuh pastinya akan terganggu. Terganggunya asupan oksigen ini pun dirasakan oleh bagian organ perut seperti lambung. Efeknya, penderita paru paru basah pun seringkali mengeluhkan masalah terjadinya mual dan muntah.

1. Mudah Gemetar dan Gelisah

Selain gejala secara gangguan kesehatan fisik, ada juga gangguan secara psikis. Pasien paru paru basah juga mudah mengalami masalah gemetar dan gelisah. Gemetar dan gelisah ini terjadi karena faktor napas yang tidak stabil dan pasokan oksigen ke otak pun tidak mencukupi. Akhirnya kegelisahan pun muncul mengganggu keadaan psikis anda.

1. Nafsu Makan Menurun

Tidak jarang penderita paru paru basah atau penyakit jenis pneumonia pun mengalami penurunan berat badan drastis. Kondisi ini terjadi karena nafsu makan yang terus menurun. Penurunan nafsu makan terjadi karena infeksi bakteri atau virus tadi. Infeksi ini mengganggu sistem dalam tubuh anda, sehingga anda tidak merasakan nafsu normal selayaknya saat sehat.

1. Nyeri Dada saat Batuk Menyerang

Seperti yang juga sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu gejala paru paru basah adalah batuk-batuk. Seringnya batuk ini menyerang menyebabkan anda kemudian mengalami nyeri dada. Batuk diketahui akan membuat anda sering menarik nafas dan dada anda terasa sakit. Jadi waspadai terus masalah ini ya.

1. Nyeri Otot Dada

Berhubungan dengan gejala sebelumnya, yaitu nyeri dada ada juga nyeri otot dada. Kali ini nyeri otot dada dialami oleh penderita paru paru basah karena otot –otot yang tertarik dan menyebabkan masalah nyeri. Oleh sebab itu, jangan anggap sepele masalah nyeri otot anda ini jika sudah terus terasa saat anda batuk-batuk.

1. Sering Berkeringat di Malam Hari

Malam hari pun menjadi waktu di mana anda dapat mendeteksi salah satu gejala dari penyakit paru paru basah. Pasalnya di malam hari, seorang penderita paru paru basah lebih mudah untuk berkeringat. Tentunya hal ini sangat aneh, karena malam hari suhunya sudah lebih dingin daripada siang hari tapi lebih berkeringat.

1. Sulit Bernapas atau Asma

Gejala yang terakhir, penderita paru paru basah pun dapat mengalami kesulitan bernapas. Kesulitan bernapas ini pun dapat menyerupai seperti penderita asma pada umumnya. Anda harus mewaspadai masalah ini juga sebagai salah satu gejala paru paru basah yang mungkin menyerang anda atau sebaliknya bisa menjadi penyebab paru paru basah pada bayi juga.

Demikianlah tadi penjelasan lengkap mengenai apa saja gejala paru paru basah untuk pendeteksian dini yang perlu anda ketahui. Sekarang anda dapat mencoba mempelajari masalah kesehatan anda, apakah ada salah satu atau beberapa tanda di atas?

Jika anda segera lakukan penanggulangan dengan pemeriksaan. Jadi tidak perlu ada masalah paru paru basah yang berlanjut-lanjut karena terlambatnya pendeteksian dini dari gejala ini. Semoga anda selalu sehat dan terjaga dari resiko penyakit paru-paru ini!

Kategori : Pneumonia