Sponsors Link

8 Gejala Paru Paru Basah dan Penyebabnya Wajib di Pahami

Sponsors Link

Gejala paru paru basah dan penyebabnya adalah informasi penting terkait penyakit paru paru yang disebabkan oleh infeksi. Infeksi pada paru paru memang dapat menyebabkan berbagai jenis masalah. Salah satunya adalah masalah kesehatan berupa paru paru basah.

ads

Dalam istilah medis, paru paru basah dikenal sebagai pnemonia. Pneumonia adalah penyakit yang terjadi akibat infeksi dan kemudian menimbulkan peradangan dan gangguan pernapasan. Peradangan tadi akan menyebabkan gelembung udara di paru paru dan akibatnya membengkak dan terdapat cairan di dalamnya.

Kondisi ini tidak dapat dibiarkan saja karena menimbulkan banyak gejala. Apa saja gejala atau ciri ciri penyakit paru paru basah tersebut? Jika anda belum mengetahui apa saja gejalanya, maka cobalah simak penjelasan berikut ini terkait macam-macam gejala yang banyak dikeluhkan oleh penderita paru paru basah.

  1. Menderita Batuk

Hampir semua jenis gangguan pernapasan akan menimbulkan gejala batuk. Gejala batuk ini pun terjadi pada penderita paru paru basah. Batuk yang dialami oleh penderita paru paru basah adalah jenis batuk kering terlebih dahulu. Setelah beberapa saat batuk kering tersebut akan berubah menjadi batuk berdahak.

  1. Menderita Demam

Sebagai suatu penyakit yang disebabkan oleh infeksi, tentu salah satu dampak penyakit paru paru basah adalah demam. Demam terjadi jika ada infeksi di dalam tubuh penderitanya. Jadi pastikan untuk mewaspadai jika anda mengalami demam. Karena mungkin saja demam tersebut disebabkan oleh paru paru basah.

  1. Menderita Sesak Nafas

Sesak nafas tiba tiba pun dapat menjadi salah satu gejala yang harus anda waspadai sebagai akibat dari masalah di paru paru. Seperti paru paru basah yang menyebabkan masalah sesak nafas juga sebagai gejalanya. Saat menderita paru paru basah, bernafas akan terasa lebih sulit dan diidentifikasi sebagai rasa sesak.

  1. Mengalami Kelelahan dengan Cepat

Anda juga harus mengetahui bahwa karena kondisi paru paru yang tidak fit, maka efeknya pun akan terasa hingga ke sistem ketahanan tubuh. Infeksi di paru paru akan mempengaruhi banyak hal seperti tubuh anda yang menjadi mudah lelah. Walau tidak banyak beraktivitas akan terasa cepat sesak dan lelah pada tubuh anda.

  1. Mengalami Keringat Dingin

Paru paru basah diketahui juga dapat menimbulkan gejala seperti keringat dingin. Hal ini dipengaruh oleh tidak lancarnya peredaran oksigen dari paru paru ke seluruh tubuh yang dibantu oleh jantung. Oleh sebab itu, anda sangat disarankan untuk mewaspadai gejalanya sedini mungkin. Jangan sampai salah mendeteksi suatu penyakit.

  1. Mengalami Mual dan Muntah

Sebagai masalah paru paru basah, diketahui bahwa peredaran oksigen ke seluruh tubuh akan mengalami gangguan. Efek dari terganggunya peredaran oksigen inni diketahui akan menyebabkan masalah juga pada bagian lambung. Masalah tersebut akan menyebabkan gejala seperti mual dan muntah yang terlalu sering dirasakan dan berulang-ulang.

Sponsors Link

  1. Menurunnya Nafsu Makan

Nafsu makan dari penderita paru paru basah pun ternyata diketahui akan terus menurun sebagai salah satu gejala penyakit pneumonia. Penurunan nafsu makan ini dipengaruhi oleh infeksi paru paru yang mengganggu sistem pencernaan. Pencernaan yang terganggu akan mempengaruhi penderita menjadi tidak nafsu makan. Akhirnya, berat badan pun akan terus turun drastis.

  1. Merasakan Detak Jantung Cepat

Kondisi kesehatan jantung pun akan sangat dipengaruhi oleh kesehatan paru paru anda. Paru paru yang tidak sehat seperti mengalami paru paru basah akan menunjukkan kerja jantung yang juga tidak normal. Jantung akan berdetak terlalu cepat dan akibatnya penderita akan merasa tidak tenang dalam melakukan berbagai kegiatannya sehari-hari.

Setelah mengetahui apa saja gejala paru paru basah pada seseorang, tentu anda tidak ingin bukan menderita penyakit ini. Agar dapat terhindar dari suatu penyakit anda harus mengetahui apa saja yang dapat menjadi penyebabnya.

Berbagai macam penyebab penyakit paru paru ini perlu anda ketahui. Jika sudah diketahui, maka barulah anda dapat melakukan berbagai cara mencegah paru paru basah pada seseorang. 

Sponsors Link

Penasaran apa saja yang dapat menyebabkan paru paru basah? Simak penjelasannya di bagian berikut ini.

  • Infeksi Bakteri

Penyebab penyakit paru paru basah yang pertama diketahui adalah infeksi bakteri. Bakteri yang dapat menginfeksi paru paru adalah streptococcus pneumonia. Jenis pnemonia akibat bakteri ini diketahui akan menginfeksi paru paru sehingga terjadi peradangan dan menimbulkan gelembung cairan yang akibatnya membuat paru paru tidak dalam kondisi yang sehat seperti seharusnya.

  • Infeksi Virus

Penyebab lain paru paru anda dapat menderita paru paru basah adalah karena infeksi akibat virus. Virus yang mempengaruhi penyakit paru paru basah adalah RSV (Respirtory Syncytial Virus). Jenis virus ini juga menyebabkan influenza pada anak-anak dan bayi. Jadi waspadai pengaruh virus tersebut jangan sampai mengganggu sistem pernapsan anda lebih parah lagi.

  • Pengaruh Aspirasi

Terakhir, penyebab paru paru basah juga dapat disebabkan oleh mikroorganisme dan zat lain yang masuk ke pernapasan selain bakteri dan virus. Zat lain yang masuk ke dalam pernapasan bisa berupa zat kimia dan benda-benda lain yang menyebabkan paru paru iritasi, infeksi, dan terjadilah peradangan yang dimaksud. Biasanya penyebab ini adalah penyebab paru paru basah pada bayi yang terutama.

Jadi itulah tadi penjelasan lengkap mengenai gejala paru paru basah dan penyebabnya. Sekarang anda dapat semakin mewaspadainya setelah tidak hanya mengetahui gejala tetapi juga penyebabnya. Gejala penyakit ini jika pernah anda rasakan, maka segeralah lakukan pemeriksaan.

Jika anda tidak menderita gejala-gejala tersebut, maka manfaatkan informasi mengenai penyebabnya untuk menghindarinya semaksimal mungkin. Selamat mencoba dan menjaga kesehatan paru paru anda!

, , ,
Oleh :
Kategori : Pneumonia