Sponsors Link

6 Gejala Paru-paru Berair yang Jarang Orang Sadari

Sponsors Link

Sebenarnya apa sih yang disebut dengan paru–paru berair?. Banyak sekali masyarakat yang masih awam  dengan kondisi paru–paru yang seperti ini. Sebenarnya dalam dunia medis yang dimaksud dengan paru-paru berair adalah kondisi di mana terdapat cairan yang menumpuk pada organ paru–paru sehingga organ tersebut kehilangan fungsi normalnya.

ads

Perlu kalian ketahui bahwa sebenarnya penyebab paru-paru ada air bisa kalian hindari saat kalian menyadari ada atau tidaknya ciri–ciri paru–paru tidak sehat yang terjadi pada kalian. Ada dua hal yang menyebabkan seseorang mengalami paru-paru berair, di antaranya adalah efusi pleura dan edema paru.Masing-masing dari penyakit tersebut tentu memiliki gejala yang berbeda, namun pada umumnya ada beberapa gejala yang dirasakan oleh penderita paru-paru berair.

  1. Cepat lelah

Gejala paru-paru berair yang pertama, yang sering dirasakan oleh penderita adalah cepat lelah. Penderita paru-paru akan mengalami perasaan cepat lelah dibandingkan dengan orang yang sehat. Umumnya orang akan merasakan kelelahan setelah beraktivitas seperti berolahraga atau mengangkat beban berat, namun pada penderita paru-paru berair keadaan cepat lelah bisa menyerang walaupun penderita sedang beraktivitas ringan. Selain itu ciri-ciri anak terkena bronkitis juga mengalami gejala ini.

  1. Sesak nafas

Merupakan gejala yang umum dirasakan penderita penyakit paru-paru. Kondisi demikian terjadi karena kantung udara pada paru-paru mengalami kerusakan yang membuatnya tidak mampu memproduksi oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal itulah yang menyebabkan penderita paru-paru berair mengalami sesak nafas.

  1. Nyeri dada

Pada penderita paru-paru berair biasanya akan merasakan nyeri pada dadanya. Biasanya nyeri pada dada terjadi saat penderita sedang batuk atau bernafas. Nyeri pada dada bisa diakibatkan karena adanya peradangan pada paru-paru atau karena kurangnya pasokan oksigen untun kebutuhan paru-paru.

  1. Batuk

Pada penderita gejala paru-paru berair yang disebabkan karena efusi pleura, maka batuk yang dialami hanya batuk ringan tanpa adanya dahak. Bila batuk yang terjadi disebabkan karena edema paru biasanya disertai dengan dahak dan beberapa kasus disertai dengan adanya darah. Namun pada batuk orang yang mengalami gejala paru-paru hitam biasanya disertai rasa nyeri pada dada dan sesak nafas.

  1. Kulit yang pucat

Perubahan warna kulit mejadi pucat atau bahkan membiru di tempat tertentu merupakan salah satu pertanda bahwa darah kekurangan oksigen. Hal demikian bisa saja terjadi jika paru-paru kalian mengalami peradangan yang membuatnya tidak mampu mendistribusikan oksigen melalui darah dengan benar. 

Sponsors Link

  1. Mengi

Mengi atau yang biasa disebut dengan nafas yang bunyi merupakan suatu keadaan di mana penderita kelainan paru-paru tidak mampu memenuhi asupan oksigen ke seluruh tubuhnya sehingga organ tersebut bekerja lebih keras dikarenakan adanya bagian tertentu yang mengalami kerusakan.

Beberapa hal seperti gaya hidup atau kondisi lingkungan memang sangat mempengaruhi seseorang mengalami paru-paru berair. Gejala paru-paru berair sendiri banyak yang tidak menyadarinya karena tiap orang memiliki kondisi yang berbeda-beda. Hal itulah yang membuat penanganan pada pasien penderita paru-paru berair telat mendapatkan perawatan.

Jika kalian sudah mendeteksi adanya gejala–gejala yang menyerang organ pernafasan kalian, ada baiknya supaya kalian menjaga apa yang kalian konsumsi seperti makanan yang menyehatkan  paru–paru dan buah yang bagus untuk paru–paru selain itu bagi kalian yang perokok juga bisa mencoba cara membersihkan paru–paru bagi perokok aktif sehingga paru–paru kalian tetap sehat.

, , , ,
Oleh :