Sponsors Link

10 Gejala Paru Paru Bocor yang Wajib di Kenali

Sponsors Link

Gejala paru paru bocor adalah tanda yang ditunjukkan oleh penderita paru paru rusak karena mengalami kebocoran. Paru paru adalah organ yang bertanggung jawab untuk fungsi menjalankan sistem pernapasan. Jika organ paru paru ini mengalami kerusakan, maka anda akan mengalami kesulitan bernapas.

ads

Apalagi jika kerusakannya adalah paru paru bocor. Bahaya paru paru bocor ini terjadi akibat banyak faktor. Mungkin jika anda masih asing dengan istilah paru paru bocor, bagaimana dengan istilah paru paru basah?

Sepertinya masyarakat lebih mengenal paru paru bocor sebagai paru paru basah. Padahal penggunaan istilah ini tidak tepat, yang tepat untuk pneumotoraks adalah paru paru bocor. Kondisi di mana ada kesulitan bernapas karena paru paru bocor ini juga menimbulkan banyak gejala.

Gejala ini yang biasa dikenali sebagai gejala paru paru basah harus anda ketahui bahwa sebenarnya adalah gejala paru paru bocor. Jadi ketika anda menderita berbagai gejala yang akan dijelaskan berikut, waspadalah anda menderita paru paru bocor dan segera lakukan pengobatan sebelum terlambat.

Gejala Paru Paru Bocor untuk Diwaspadai

Anda dapat mengetahui apakah anda menderita paru paru bocor, dengan menemukan adakah gejalanya anda rasakan pada tubuh anda. Namun anda dapat mengidentifikasinya jika anda sudah mengetahui apa saja gejala tersebut. Bagaimana jika anda belum mengetahui gejala yang mirip dengan gejala pleuritis ini? Jangan khawatir, berikut ini akan dijelaskan apa saja 10 gejala paru paru bocor yang mungkin menyerang anda. Semoga bermanfaat!

  1. Berat Badan Mendadak Turun

Saat anda menderita paru paru bocor, artinya terjadi infeksi pada paru paru anda. Infeksi dalam tubuh ini akan sangat mempengaruhi bagaimana sistem metabolisme tubuh. Tidak jarang penderita pun mengalami berat badan yang mendadak turun, karena menurunnya sistem metabolisme pasca paru paru bocor menyerang tubuh anda.

  1. Kuku dan Bibir Berwarna Biru

Tidak hanya itu, penderita paru paru bocor juga dapat mengalami masalah berupa kuku dan bibir yang berwarna biru. Kuku dan bibir ini menjadi biru karena kekurangan peredaran darah yang membawa oksigen. Artinya oksigen tidak beredar dengan baik dari paru-paru ke jantung karena kebocoran paru paru.

  1. Menderita Demam

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, seorang penderita paru paru bocor akan mengalami infeksi di dalam tubuh. Akhirnya, infeksi ini menimbulkan gejala paru paru bocor yaitu demam. Suhu tubuh naik karena infeksi yang merusak pertahanan tubuh anda. Kenaikan suhu tubuh inilah yang kemudian dinyatakan sebagai gejala demam pada penderita paru paru bocor dan harus segera anda cari tahu cara mengobati paru paru bocor tersebut.

  1. Mengalami Batuk Darah

Hati-hatilah jika anda mengalami batuk darah sewaktu-waktu. Batuk darah ini terjadi ketika anda terbatuk dan keluarlah darah dari mulut anda. Sangat membahayakan karena artinya ada pendarahan dalam sistem pernapasan anda akibat paru paru bocor. Jadi jika anda merasa batuk anda mengandung darah, periksakanlah segera ke dokter.

Sponsors Link

  1. Mengalami Nyeri di Bagian Dada

Karena masalah terjadi pada bagian paru paru, sangat mungkin bagian dada akan mengalami rasa sakit sebagai akibatnya. Paru paru berlokasi di daerah dada dan ketika ada masalah, maka dada akan sering mengalami nyeri sebagai penyebab sesak nafas tiba tiba. Waspadai rasa nyeri di dada dengan melakukan pemeriksaan pada kesehatan paru paru anda.

  1. Perubahan Postur Tubuh karena Punggung Membungkuk

Saat anda mengalami paru paru bocor, biasanya akan ada perubahan struktur paru paru. Jadi postur tubuh di sekitar punggung hingga dada sangat mungkin mengalami perubahan. Yang paling sering ditemukan dari penderita paru paru bocor adalah punggung membungkuk karena nafas yang menjadi lebih berat dilakukan Sekarang.

  1. Sering Keringat di malam Hari

Masalah pada paru paru anda juga dapat ditunjukkan melalui bagaimana sistem keringat anda. Malam hari di mana harusnya anda tidak mengalami kepanasan, penderita paru paru bocor akan sangat banyak berkeringat khususnya hal ini terjadi sebagai ciri ciri paru paru bocor pada bayi. Hal ini terjadi karena paru paru kekurangan oksigen dan ingin mengeluarkan keringat terus menerus khususnya di malam hari.

  1. Sulit untuk Tidur

Insomnia adalah salah satu gejala paru paru bocor lainnya. Kondisi ini terjadi karena saat tidur paru paru harus beristirahat. Sedangkan di malam hari, penderita paru paru bocor selalu merasa nyeri dan menyebabkan penderitanya tidak bisa tidur dengan nyenyak. Kondisi ini akan semakin parah ketika kebocoran paru paru pun sudah parah.

Sponsors Link

  1. Terjadi Masalah di Arteri Jantung

Arteri adalah pembuluh darah yang membawa darah kaya oksigen ke seluruh tubuh. Saat paru paru mengalami kebocoran, pasokan darah kaya oksigen ini mengalami masalah. Jadi terjadi juga masalah di arteri jantung dalam bertugas mengedarkan darah kaya akan oksigen sebagai gejala dari paru paru bocor ini.

  1. Tidak Nafsu Makan

Gejala yang terakhir, seorang penderita paru paru bocor juga akan mengalami penurunan nafsu makan. Nafsu makan terus menurun karena sistem kekebalan tubuh yang dirusak akibat infeksi pasca paru paru bocor. Jadi waspadailah jika nafsu makan anda terus menurun dengan memeriksakan penyebabnya ke dokter.

Demikianlah tadi penjelasan mengenai setidaknya 10 gejala paru paru bocor untuk anda waspadai. Jadi jika anda menemukan ada beberapa gejala di atas menyerang anda, maka waspadalah. Segeralah lakukan pemeriksaan untuk memastikan apa penyakit yang menyerang paru paru anda. Jika anda memang menderita paru paru bocor, maka segera lakukan cara mengatasi paru paru bocor. Semoga anda segera pulih kembali!

, ,
Oleh :