Sponsors Link

15 Gejala Paru Paru Hitam yang Masih Jarang Orang Tahu

Sponsors Link

Gejala paru paru hitam atau pneumoconiosis pekerja batu bara adalah penyakit paru paru hitam karena menghirup debu batu bara dalam jangka waktu lama. Meski ketika menghirup debu batu bara tidak langsung menyebabkan gangguan pernafasan, namun bila terhirup secara terus menerus dalam jangka waktu lama, area paru – paru akan semakin terkikis dan menyebabkan kerusakan akut jaringan parut paru – paru dan menghambat saluran pernafasan.

ads

Resiko seseorang terkena pneumoconiosis tergantung dari berapa lama ia terpapar debu batu bara. Dan kebanyakan dari mereka mengalami penyakit ini ketika berusia lanjut yakni di atas 45 tahun. Bagi perokok aktif yang berat, terpapar debu batu bara secara terus menerus hanya akan memperburuk kondisi kesehatannya bahkan bisa berakibat pada kematian.

Jenis Pneumoconiosis

Penyakit pneumoconiosis ini dibagi dalam dua tipe, yakni tipe simplek dan tipe kompleks :

  • Tipe simplek

Tipe simplek lebih bersifat ringan, meski akibat jangka panjangnya bisa berakibat fatal. Pada tipe simplek ini, serbuk batu bara halus berkumpul di area bronkiolus. Meski bersifat lamban dan tidak memperlihatkan banyak gejala, serbuk batu bara ini lambat laun menyebar luas ke seluruh paru – paru dan terlihat seperti bintik – bintik hitam ketika dilakukan foto sinar X.

  • Tipe kompleks

Ketika seorang penderita sudah terkena paparan debu batu bara dalam jangka waktu lama dan ditambah dengan kondisi sebagai perokok aktif, penderita paru – paru simplek ini lambat laun akan berkembang ke tipe kompleks yang ditandai dengan semakin lebarnya jaringan parut pada paru – paru hingga berdiameter lebih dari 1 cm. Meski si penderita tipe kompleks ini sudah tidak lagi terpapar debu batu bara, namun jaringan parut paru – paru sudah semakin melebar dan menimbulkan kerusakan pada pembuluh darah dan jaringan paru – paru.

Gejala Paru Paru Hitam

Untuk meminimalisir dampak lebih lanjut dari paparan debu batu bara, sebaiknya Anda mulai menghindari paparan debu batu bara bila sudah menemukan beberapa dari gejala paru paru hitam :

  1. Batuk terus menerus

Biasanya batuk terus menerus ini disertai dengan rasa nyeri di dada dan batuk menjadi semakin kronis yang dibarengi dengan sesak nafas akibat batuk.

  1. Munculnya rasa sesak nafas

Rasa sesak nafas yang muncul ini sangat berbeda dengan sesak nafas karena asma. Sesak nafas tiba tiba pada gejala paru – paru hitam ini disertai dengan batuk kronis dan rasa nyeri di dada.

  1. Ketika batuk keluar lendir berwarna kehitaman

Lain hal dengan batuk pilek biasa dimana lendir yang keluar cenderung berwarna kehijauan. Batuk kronis pada penyakit paru – paru hitam ini ketika batuk akan keluar lendir berwarna kehitaman dan tidak terjadi hanya satu kali saja melainkan sangat sering. Hal ini disebabkan karena paru – paru sudah teradiasi oleh paparan debu batu bara secara terus menerus dalam jangka waktu lama.

Sponsors Link

  1. Mudah lelah dan berat badan menurun

Mungkin awalnya Anda bahagia berat badan mengalami penurunan ketika Anda kesulitan menurunkan berat badan. Namun Anda perlu waspada tingkat tinggi bila penurunan berat badan ini bersifat drastis dan disertai rasa lelah yang teramat sangat meski Anda tidak melakukan aktifitas apa pun.

  1. Nafsu makan menurun dan tubuh melemah

Kehilangan nafsu makan ketika tubuh kurang sehat adalah hal yang lumrah. Namun bila Anda cenderung kehilangan nafsu makan tiap kali hendak mengkonsumsi makanan kesukaan Anda dan diikuti dengan tubuh berasa sangat lemah dan lemas seakan tidak ada tenaga sama sekali meski hanya mengangkat tangan, sebaiknya Anda segera melakukan CT scan untuk mendapat penanganan dokter lebih lanjut.

  1. Demam dan batuk kronis

Demam tinggi selalu identik dengan gangguan sistem tubuh. Anda tidak boleh menyepelekan demam tinggi di atas 41°C begitu saja. Apalagi bila demam tinggi Anda tidak kunjung turun meski Anda sudah mengkonsumsi obat penurun demam dan disertai dengan batuk kronis yang tak mereda.

  1. Nafas pendek disertai dengan nyeri dada dan rasa sesak

Bukanlah perkara sepele bila nafas Anda tersengal dan seakan tersendat di tenggorokan. Apalagi bila nafas pendek ini diikuti dengan rasa nyeri dan sesak di dada. Anda perlu segera menghubungi dokter bila menghadapi masalah ini.

ads
  1. Nafas tidak beraturan dan diikuti kesadaran menurun

Bila sebelumnya Anda merasakan nafas yang pendek diikuti rasa nyeri dan sesak di dada, lalu disertai nafas tidak teratur dan lambat laun Anda mulai kehilangan kesadaran seperti hendak pingsan. Anda harus waspada dan menghubungi dokter sebab gejala ini merupakan gejala utama gangguan saluran pernafasan.

  1. Badan mudah lelah, lemas, tubuh mulai mengurus dan punggung membungkuk

Hal ini sudah terlihat bukanlah penyakit yang dianggap enteng begitu saja. Terlebih ketika tubuh sudah memberi sinyal berupa mudah lelah, lemas dan mengurus hingga punggung membungkuk meski aktifitas Anda hanya terbaring di ranjang saja.

  1. Mengalami hipertensi secara tiba – tiba

Adalah hal lumrah bila setelah mengkonsumsi makanan berkolesterol tekanan darah tinggi meningkat. Namun akan menjadi masalah yang sangat serius bila Anda tidak sedang mengkonsumsi makanan berat apapun termasuk kolesterol tapi tiba – tiba Anda terserang hipertensi.

  1. Tubuh rentan terserang dehidrasi

Anda merasa sudah banyak minum air dalam satu hari namun masih saja merasa kehausan bahkan terserang dehidrasi akut. Hal ini harus Anda anggap perkara serius sebab tubuh sudah mengirimkan sinyal bahaya.

  1. Permukaan kulit mulai mengering dan mengeras

Tinggal di lingkungan beriklim tropis memang berdampak pada kulit tubuh kehilangan kelembaban dan menjadi lebih mudah kering. Akan tetapi bila disertai dengan pengerasan pada kulit tubuh, tentu hal ini menjadi masalah serius yang membutuhkan penanganan dokter lebih lanjut.

  1. Mulut kering dan rongga mulut pahit

Sekilas memang terlihat mirip dengan gejala penyakit GERD. Akan tetapi bila diperhatikan lebih jauh, penderita GERD mengalami mulut kering dan rongga mulut pahit hanya ketika asam lambung naik saja tidak setiap waktu seperti penderita paru – paru hitam. Bahkan ketika gejala GERD muncul sangat mudah untuk melakukan pertolongan pertama sesak nafas karena gerd dibandingkan dengan gangguan sesak nafas karena masalah apru – paru.

  1. Sakit kepala ringan hingga berat dan mengalami kesulitan tidur

Alangkah bahagianya orang yang dengan mudahnya bisa tertidur pulas tanpa ada gangguan kesehatan sama sekali. Namun bila ada mengalami gangguan kesulitan tidur yang disertai rasa sakit kepala mulai dari ringan hingga berat yang datang tanpa sebab dan tiba – tiba, Anda perlu waspada dan segera menghubungi dokter.

  1. Ginjal bermasalah dan penyakit gagal jantung

Jika Anda sudah mendapatkan diagnosis seperti ini dari dokter sudah sangat bisa dipastikan paru – paru Anda mengalami masalah lebih lanjut. Untuk mengetahui dengan persis jenis penyakit paru apa yang menimpa, Anda perlu menjalani serangkaian tes mulai dari foto sinar X hingga pemindaian lebih lanjut.

Hingga saat ini belum ditemukan pengobatan khusus yang benar – benar mampu menyembuhkan Gejala Paru Paru Hitam. Dunia medis hanya dapat membantu meringankan gangguan pernafasan yang ditimbulkan karena penyakit paru – paru hitam dengan memberikan ekspektoran dan bronkodilator. Namun bila Anda benar  – benar ingin terhindar dari penyakit paru – paru hitam berbahaya ini, mulai dari sekarang Anda harus menghindari pemaparan debu batu bara secara terus menerus dalam waktu lama.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pneumonia