6 Gejala Penyakit Emfisema Pada Penderitanya

Gejala penyakit emfisema adalah tanda tanda yang mungkin ditunjukkan oleh penderita efisema yang membedakannya dari penyakit paru jenis lainnya. Seperti diketahui ada beberapa jenis kelainan paru yang berbeda dengan cara mengatasi kelainan pada paru paru yang berbeda pula. Jika tanda atau gejala yang ditunjukkan adalah penyakit emfisema pada paru paru, maka cara mengatasi yang akan digunakan adalah cara untuk mengatasi penyakit emfisema ini. Namun bagaimana hal ini bisa ditentukan, jika pengetahuan akan gejala masing masing kelainan paru paru pun masih kurang terpublikasikan?

Kurangnya informasi mengenai apa itu penyakit emfisema mungkin adalah penyebab utama mengapa  gejala penyakit ini pun kurang diketahui. Emfisema adalah penyakit paru paru yang terjadi karena adanya kerusakan pada bagian paru paru. Kerusakan tersebut khususnya terjadi pada bagian jaringan paru dan saluran udara yang lebih kecil dari bronkus. Ketika kerusakan pada bronkus menghasilkan definisi bronkitis, maka kerusakan pada saluran yang lebih kecil yang dinamakan bronkiolus kemudian disebut sebagai emfisema.

Kerusakan ini akan menyebabkan perubahan bentuk dari paru paru saat menarik dan menghembuskan nafas. Nafas seseorang yang menderita emfisema seperti terlihat sangat pendek. Itulah sebabnya menarik untuk diketahui apa lagi gejala penyakit emfisema yang mungkin ditunjukkan oleh penderitanya. Mengetahui informasi mengenai gejala ini lebih awal dapat memberikan informasi yang baik untuk penanganan yang lebih tanggap lagi kedepannya. Jadi simaklah penjelasan mengenai penyakit emfisema dan gejalanya berikut ini.

Gejala Penyakit Emfisema pada Penderitanya

Seperti dijelaskan pada bagian sebelumnya, setelah mengetahui gejala emfisema maka cara mengatasi penyakit emfisema ini sepertinya akan lebih mudah dilakukan. Oleh sebab itu, pada bagian di bawah ini akan disampaikan setidaknya 6 gejala penyakit emfisema yang penting untuk anda waspadai. Informasi ini didapatkan dari berbagai sumber untuk menjadi informasi yang bermanfaat untuk anda.

1. Batuk Kering dan Berat

Gejala pertama yang banyak dirasakan oleh penderita efisema sama seperti penderita kelainan paru lainnya adalah batuk. Namun pada penderita efisema, sesak nafas akibat batuk akan terasa lebih berat karena nafas pendek yang disebabkan oleh pembengakakan saluran pernafasan tersebut.

1. Bibir dan Kuku yang Membiru

Saluran pernafasan yang terganggu diketahui memberikan pengaruh juga pada beberapa bagian yang membiru di tubuh. Bagian tersebut antara lain adalah bibir dan kuku. Bagian yang membiru ini diketahui disebabkan oleh kurangnya oksigen yang didistribusikan setiap waktunya. Tidak jarang akan terjadi juga susah bernafas saat tidur pada penderita emfisema.

1. Bunyi saat Bernafas

Permasalahan dalam pernafasan pada penderita emfisema diketahui ditunjukkan juga dengan bagaimana penderita sulit bernafas. Ketika bernafas akan terdengar bunyi seperti “mengi” yang terjadi karena beratnya nafas ditarik. Selain itu, sesak nafas tiba tiba pun lebih sering muncul dan mengkhatirkan pasien.

1. Memiliki Mentalitas yang Kurang Awas

Tidak dapat dipungkiri penderita emfisema juga akan memiliki mentalitas yang kurang awas. Keadaan ini bisa terjadi karena asupan oksigen yang kurang menuju kepala akibat permasalahan di saluran pernafasan yang telah dijelaskan sebelumnya.

1. Memiliki Nafas yang Pendek

Nafas yang pendek pastinya terjadi pada penderita emfisema. Tanda bahwa seseorang memiliki nafas yang pendek paling mudah ditunjukkan ketika mereka menaiki tangga. Penderita emfisema tidak akan mampu naik dan turun tangga seperti seseorang yang normal paru parunya. Jika nafas pendek, sering sesak nafas di malam hari khususnya ketika tidur pun sangat mungkin terjadi.

1. Tidak Mampu Berolahraga Aktif

Terakhir, penderita emfisema pasti akan menunjukkan kelelahan luar biasa saat berolahraga. Bahkan mungkin tidak akan bisa melakukan olahraga lagi seperti normalnya. Jadi jika anda mengalami salah satu gejala di atas, maka segeralah periksakan kesehatan anda tersebut.

Demikianlah informasi mengenai 6 gejala penyakit emfisema yang perlu anda mulai waspadai dari sekarang. Ketahuilah bahwa mengetahui gejala penyakit dan mendeteksinya sejak dini akan memberikan banyak keuntungan dalam mencegah efek penyakit yang lebih parah selanjutnya. Semoga informasi gejala emfisema ini pun dapat bermanfaat yang sama untuk anda.

Kategori : Emfisema