9 Gejala Penyakit Kanker Paru Paru yang Patut Diwaspadai

Penyakit kanker banyak macamnya. Namun, yang paling sering terjadi adalah kanker paru-paru. Ironinya, penyakit ini menjadi pembunuh yang aktif karena tidak bisa diobati dengan cara memperkuat jantung dan paru-paru. Di Indonesia saja, persentase kematian akibat kanker paru-paru mencapai 20%. Atas dasar itulah, gejala kanker paru-paru harus dikenal sejak dini.

Sekalipun menjadi penyakit yang populer, gejala kanker paru-paru sulit dideteksi. Sehingga sebagian besar penyakit terdeteksi pasca memasuki stadium tinggi. Akibatnya, pengobatan terlambat dengan progres kesembuhan sangat kecil.

Nah akibat kerumitan gejala dan ciri paru bermasalah, kanker paru-paru pun dianggap penyakit paling mematikan di dunia. Bahkan, riset menyebutkan, ada 1,7 jiwa yang terenggut akibat penyakit ini.

Gejala Kanker Paru Stadium Awal

Gejala kanker paru-paru sukar dideteksi dan diobati dengan ramuan tradisional pembersih paru paru karena mirip dengan penyakit lain seperti tuberkolosis, pneumonia dan bronkitis. Argumen ini yang menjadikan pasien meremehkan gejala. Atas dasar itulah, berikut kami jelaskan gejala kanker paru-paru yang harus diwaspadai, yaitu:

1. Batuk Yang Berkelanjutan

Batuk merupakan gejala banyak penyakit. Salah satunya penyakit flu dan gangguan iritasi tenggorokan. Akan tetapi, jika batuk tidak sembuh lebih dari dua minggu, anda patut khawatir. Bisa jadi, gangguan tersebut merupakan gejala kanker paru-paru.

1. Batuk Berdarah

Batuk kronis adalah batuk disertai darah. Pada umumnya darah bercampur dengan dahak yang keluar. Jika gejala batuk semacam ini muncul dan tidak hilang dengan cara mencegah pneumonia, segera periksakan diri ke dokter. Sebab, batuk berdarah tergolong gejala kanker paru yang harus mendapatkan penanganan medis secepatnya.

1. Mengalami Sesak Napas

Napas tersengal-sengal pasca beraktivitas adalah hal yang wajar. Sebaliknya, terengah-engah tanpa beraktivitas berat, merupakan gejala penyakit tertentu. Bisa jadi itu ciri-ciri kanker paru stadium awal. Karena di masa tersebut, kanker membesar menutup saluran pernafasan.

Langkah terbaik adalah mendatangi dokter spesialisn atau memaksimalkan cara mengobati penyakit bronkitis. Agar bisa dideteksi gejala yang sebenarnya. Apakah murni kanker paru-paru atau akibat gagal jantung.

1. Rasa Nyeri Di Dada

Gejala kanker paru-paru penyebab dahak tanpa batuk selanjutnya adalah dada terasa nyeri. Sensasinya mencapai bahu dan area punggung dengan tekstur rasa nyeri yang tajam dan kambuhan.

Selain itu, rasa nyeri akibat kanker paru-paru lebih kronis dibandingkan penyakit jantung. Karena kalau gejala kanker paru-paru menghela nafas saja kesulitan. Bahkan, gangguan nyeri di dada semakin kuat ketika pasien tertawa dan terbatuk.

1. Suara Menjadi Serak

Perubahan suara dari normal ke serak juga menjadi gejala kanker paru-paru dan gejala awal sakit paru paru. Namun, jika masanya singkat, itu pertanda gejala gangguan pernafasan biasa. Serak karena kanker paru-paru biasanya terjadi selama dua minggu bahkan lebih.

Kanker paru-paru menimbulkan perubahan suara dikarenakan saraf pengatur pita suara dirusak sel kanker. Akibatnya suara yang bening dan normal berganti serak dan kasar.

1. Mengi atau Bengek

Manakala mengi atau bengek muncul saat anda bernafas, berarti ada masalah dengan paru-paru anda. selain karena problem asma, alergi juga menjadi penyebabnya.

Walaupun begitu, gejala ini tidak boleh diremehkan segera obati dengan cara mengeluarkan dahak bayi. Sebab, asma juga tergolong penyakit kelas tinggi. Bahkan mengi dan bengek juga tergolong gejala kanker paru-paru stadium awal. Maka dari itu, datangi dokter jika mengi menyerang.

1. Penurunan Berat Badan

Sel kanker, jika sudah menyebar akan mengambil semua nutrisi tubuh. Maka wajar, jika gejala kanker salah satunya adalah berat badan menurun drastis. Termasuk juga gejala kanker paru-paru.

Atas dasar itulah, jangan anggap remeh penurunan berat badan. Apalagi, jika anda tidak melakukan program diet jenis apapun. Segera atasi dengan makanan sehat untuk paru paru.

1. Napas Bersuara

Gejala kanker paru-paru selanjutnya adalah napas bersuara. Kondisi ini dikarenakan kontraksi paru tidak maksimal akibat adanya sumbatan dan peradangan pada organ. Biasanya gejala ini juga menyerang penderita asma dan alergi.

Jika gejala tidak juga hilang, segera laporkan ke pihak medis. Supaya dilakukan tindakan penanganan awal sebelum penyakit bertambah parah.

1. Nyeri Pada Tulang

Gejala kanker paru-paru yang terakhir adalah nyeri pada tulang. Ciri-ciri terjadi untuk penyakit stadium lanjut. Pada umumnya gejala terjadi pada pasien kanker berusia lanjut. Sehingga tidak sedikit yang menganggap gejala sebagai masalah usia semata.

Nyeri tulang akibat kanker paru-paru terjadi di malam hari dengan rasa sakit yang luar biasa. Durasinya memang kambuhan, namun jangan dianggap remeh atau anda bakal menyesal.

Sesungguhnya masih banyak gejala lain seperti mudah lelah dan demam. Namun narasi di atas adalah gejala yang paling sering terjadi. Segera obati penyakit ini dengan cara mencegah pneumotoraks jika gejala kanker paru-paru sudah muncul.

, , , ,
Kategori : Kanker Paru Paru