Sponsors Link

10 Gejala Pneumotoraks yang Wajib Diwaspadai

Sponsors Link

Apakah Anda merupakan salahsatu penderita pneumotoraks? Apa yang Anda rasakan saat menderita pneumotoraks? Apa saja gejala pneumotoraks yang harus Anda ketahui? Pneumotoraks merupakan peristiwa terkumpulnya udara pada rongga pleura (rongga tipis yang dibatasi dua selimut pleura). Umumnya, pneumotoraks terbagi menjadi dua jenis, yaitu pneumotoraks primer dan pneumotoraks sekunder. Kondisi seseorang yang terkena pneumotoraks tanpa didahului dengan penyakit paru-paru disebut pneumotoraks primer.

ads

Sebaliknya dari kondisi tersebut, apabila seseorang mengalami pneumotoraks yang didahului dengan komplikasi pada paru-paru disebut pneumotoraks sekunder. Penyakit ini disebabkan oleh kerusakan jaringan paru-paru, cidera pada dada, pecahnya kavitas paru-paru, dan sebagainya. Seseorang yang memiliki riwayat pneumotoraks sebelumnya dan kebiasaan merokok akan lebih mudah terjangkit penyakit tersebut kembali.

Pneumotoraks umumnya terjadi pada orang dewasa diatas usia 40 tahun dan lebih sering menyerang kaum pria dibandingkan dengan kaum wanita. Hal ini dikarenakan pengaruh rokok yang besar berpotensi mengakibatkan pneumotoraks. Merokok memang tidak hanya mengakibatkan penyakit pneumotoraks saja melainkan menyebabkan bahaya bronkitis dan penyakit paru-paru lainnya.

Gejala pada penyakit pneumotoraks hampir sama dengan gejala awal pneumonia. Penyakit pneumotoraks sering terjadi saat musim batuk tiba. Bagi Anda yang terinfeksi virus batuk segera periksakan kondisi paru-paru Anda dan pastikan paru-paru Anda aman dari penyakit pneumotoraks. Adapun gejala pneumotoraks yang perlu Anda ketahui, diantaranya sebagai berikut.

  1. Sesak napas dan nyeri di dada

Gejala awal sakit paru-paru adalah sesak napas atau dada merasa sakit. Ciri-ciri orang sesak napas dan nyeri di dada pada penderita pneumotoraks terjadi akibat dari adanya tekanan yang dialami saat penderita mengalami kondisi tension pneumotorax (masuknya udara berlebih di dalam paru-paru). Jika hal ini terjadi, penanganan pertama sesak napas mendadak yang harus dilakukan tim medis adalah memasukan jarum besar (sekitar 14 atau 16 jarum) ke bagian dada.

Sesak nafas tiba-tiba yang disebabkan karena pneumotoraks dapat diatasi dengan melakukan pembuangan udara berlebih yang masuk ke dalam dada dan agar udara yang masuk tersebut tidak menekan paru-paru dan organ lainnya yang ada di dada.

Kondisi ini jika dibiarkan terlalu lama, maka akan mengakibatkan kematian akibat dada yang terlalu sesak oleh udara yang memenuhi ruang paru-paru. Anda perlu membedakan sesak napas yang terjadi karena pneumotoraks dan gerd. Hal ini karena penolongan pertama sesak napas karena gerd dan pneumotoraks berbeda.

  1. Keringat dingin

Keringat dingin seringkali terjadi pada setiap orang. Namun indikasi keringat dingin tersebut pastinya memiliki penyebab yang berbeda. Normalnya, seseorang yang mengalami keringat dingin disebabkan oleh rasa gugup, kelelahan, stres, dan sebagainya. Namun perlu Anda ketahui bahwa keringat dingin juga dapat menandakan terjadinya suatu penyakit.

Salah satu penyakit yang dapat menyebabkan penderitanya mengeluarkan keringat dingin adalah penyakit pneumotoraks. Hal ini menandakan paru-paru seseorang sedang mengalami masalah sehingga terganggunya metabolisme dalam tubuh.  

Sponsors Link

  1. Kulit membiru

Kondisi kulit membiru atau yang disebut dengan sianosis merupakan salahsatu gejala pneumotoraks yang sangat kontras terlihat. Jika Anda mengalami hal ini sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter agar dampak penyakit tersebut tidak semakin parah. Gejala ini biasanya terjadi secara mendadak atau saat terjadi cidera pada dinding paru-paru yang mengakibatan tubuh kekurangan oksigen. Kondisi ini biasanya terlihat saat Anda beristirahat atau tertidur.

  1. Jantung berdebar

Sama halnya dengan kondisi kulit membiru pada penderita pneumotoraks, gejala jantung berdebar terjadi saat penyakit pneumotoraks yang dialami oleh seseorang disebabkan karena adanya cidera pada dinding paru-paru. Namun perlu adanya pemeriksaan khusus bahwa gejala jantung berdebar dapat mengindikasikan terjangkitnya seseorang terhadap penyakit pneumotoraks. Hal ini dikarenakan kondisi jantung berdebar tidak hanya terjadi pada penderita pneumotoraks, akan tetapi bisa saja karena keadaan lain, seperti gugup, terlalu lelah, penyakit jantung, dan sebagainya.

  1. Sering batuk

Kondisi batuk yang berkepanjangan yang disertai nyeri dada perlu Anda waspadai, karena batuk tersebut bukanlah batuk biasa. Seseorang yang sering mengalami batuk dalam jangka panjang yang disertai nyeri dada, bisa saja merupakan salah satu gejala pneumotoraks yang perlu segera Anda atasi.

ads

  1. Tubuh terasa lemas

Tubuh terasa lemas tidak hanya terjadi pada seseorang yang telah melakukan kegiatan fisik yang berlebihan saja. Kondisi ini bisa saja menandakan terjangkitnya suatu penyakit yang berhubungan dengan adanya masalah pada organ dalam seseorang yang tidak dapat bekerja secara maksimal. Peningkatan tekanan dalam pleura akan menghalangi paru-paru untuk mengembang saat menarik napas, sehingga tubuh akan terasa lemas.

Kondisi ini terjadi pada penderita pneumotoraks karena saat seseorang menderita pneumotoraks, tekanan darah dalam tubuh menjadi turun atau biasa disebut tekanan darah rendah. Hal ini tidak hanya menyebabkan rasa lemas pada tubuh saja, melainkan penderita biasanya mengalami pusing atau sakit kepala.

  1. Mudah lelah (pucat dan pingsan)

Saat tubuh Anda merasa mudah lelah yang disertai pucat bahkan hingga mengalami pingsan ketika beraktifitas, perlu Anda ketahui penyebab dari rasa lemas tersebut. Hal ini dikarenakan jika dalam keadaan tidak sedang melakukan pekerjaan berat, tetapi tubuh Anda terasa mudah lelah, bisa saja Anda mengalami gejala penyakit lain yang menyerang organ dalam tubuh.

Terlebih jika Anda sering pingsan, pastikan Anda melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Kondisi tersebut bisa saja merupakan salahsatu gejala pneumotoraks. Penyakit ini terjadi karena pecahnya gelembung udara di dalam paru-paru. Keadaan inilah yang dapat mempengaruhi asupan oksigen ke dalam paru-paru menjadi terganggu dan menyebabkan tubuh terasa mudah lelah, meskipun dalam keadaan diam.

  1. Batuk pilek berkepanjangan

Kondisi batuk yang disertai pilek dalam jangka waktu lama perlu diwaspadai bahwa terjangkitnya suatu penyakit lain dan bukan hanya batuk pilek biasa. Umumnya batuk pilek normal sekitar 3-4 hari atau bahkan ada yang satu minggu lamanya. Jika lebih dari itu, pastikan Anda segera memeriksakannya ke dokter. Bisa saja itu merupakan gejala pneumotoraks yang harus segera Anda atasi.

  1. Nafsu makan berkurang

Kondisi nafsu makan berkurang dialami oleh penderita pneumotoraks karena keadaan paru-paru yang terinfeksi atau mengalami gangguan yang mengakibatkan rasa nyeri pada dada sehingga membuat tubuh terasa tidak nyaman untuk makan. Semua anggota tubuh terasa lemas dan tidak bergairah. Hal inilah yang memungkinkan penderita tidak memiliki nafsu makan yang baik.

  1. Takipnea (pernapasan cepat dan dangkal)

Takipnea merupakaan kondisi di mana pernapasan seseorang menjadi dangkal dan cepat yang disebabkan sulitnya sirkulasi udara yang masuk ke dalam paru-paru. Pada penderita pneumotoraks, kondisi tersebut seringkali terjadi saat seseorang tersebut memiliki riwayat asma, paru-paru tidak mendapatkan cukup oksigen, dan sebagainya. Jenis pernapasan ini (takipnea) umumnya terjadi pada bayi.

Seorang bayi yang mengalami hal ini memungkinkan untuk memerlukan suplai oksigen tambahan karena biasanya terdapat cairan di dalam paru-paru yang diperoleh saat kehamilan. Kondisi tersebut terjadi apabila ibunya menderita diabetes atau asma. Pernapasan cepat atau takipnea akan berkembang setelah kelahiran dan hanya berlangsung sementara apabila segera diatasi.

Itulah beberapa gejala yang perlu Anda ketahui jika mengalami pneumotoraks. Lakukanlah pengobatan pneumothorax apabila Anda mengalami beberapa diantara gejala penyakit tersebut. Penyakit pneumotoraks yang tidak segera diatasi dapat menyebabkan kematian pada seseorang. Tidak hanya pneumotoraks saja, Anda juga harus mengetahui hal lainnya mengenai berbagai pengertian penyakit paru-paru dan gejalanya agar tidak menyebabkan masalah yang besar bagi kesehatan Anda. Semoga bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pneumotraks