Sponsors Link

Orang Tua Wajib Tahu 8 Gejala Sesak Nafas pada Anak dan Bayi

Sponsors Link

Dalam beberapa kasus penyakit sesak nafas karena alergi atau karena mengonsumsi makanan yang menyebabkan sesak nafas umumnya sering menjadi alasan utama seseorang terkena penyakit ini. Kalian wajib waspada terhadap kondisi tubuh anak kalian mengingat anak-anak jarang sekali yang mampu menggambarkan kondisi tubuhnya dengan baik, termasuk apa yang sedang dialaminya. Umumnya gejala sesak nafas pada anak-anak sama saja dengan ciri-ciri orang sesak nafas yang sering kalian jumpai

ads
  1. Lubang hidung terbuka lebar

Coba kalian perhatikan saat anak kalian menghirup udara, apakah lubang hidungnya kembang kempis terbuka lebih lebar dari biasanya atau tidak. Jika kondisinya seperti itu, kemungkinan besar anak kalian sedang mengalami sesak nafas. Hidung yang yang terbuka lebar menandakan bahwa dirinya sedang berusaha menghirup udara lebih banyak lagi karena kesulitan bernafas.

  1. Kulit antara tulang rusuk dan leher seperti tertarik

Kalian bisa memerhatikan saat anak-anak kalian mengambil nafas. Jika terdapat tarikan yang begitu kuat antara leher dan tulang rusuknya, itu bisa jadi pertanda bahwa dia sedang mengalami kesulitan saat bernafas. Kulit antara tulang rusuk dan leher yang terlihat seperti tertarik menandakan bahwa tubuhnya sedang bekerja keras dengan menghirup udara kuat-kuat demi terpenuhinya pasokan oksigen tubuh.

  1. Mengi

Bahkan dalam beberapa penyakit yang butuh penanganan serius seperti penyakit jantung juga menampakkan gejal mengi. Perhatikan anak kalian, jika saat bernafas terdengar bunyi ngik itu artinya anak kalian sedang mengalami kelainan pada paru-paru ataupun jantungnya. Kalian bisa mencoba cara menghilangkan mengi dengan mengoleskan minyak kayuputih ke dada anak kalian.

  1. Ngos-ngosan

Ngos-ngosan atau nafas anak kalian terlihat pendek-pendek. Dalam waktu yang singkat anak kalian akan sering sekali terlihat mengambil nafas dalam-dalam. Itu bisa jadi pertanda bahwa adanya gangguan pada saluran pernafasannya yang mengakibatkan udara yang dihirup tak sebanding dengan kerja saluran pernafasannya sehingga membuatnya terlihat ngos-ngosan.

  1. Anak terlihat kelelahan

Anak kalian terlihat kelelahan bisa jadi pertanda bahwa dirinya sedang menderita gejala sesak nafas pada anak. Anak yang kelelahan biasanya disebabkan karena tubuhnya kelelahan saat menghirup udara guna mencukupi kebutuhan oksigen di dalam tubuhnya.

  1. Gelisah dan rewel

Gelisah dan juga rewel umumnya disebabkan karena anak merasa tidak enak badan. Hal itu bisa dikarenakan anak yang kelelahan menghirup nafas  atau karena adanya perasaan nyeri pada dada mereka. Yang pasti kondisi tersebut merupakan hal yang asing dan tidak diinginkan oleh anak kalian.

Sponsors Link

7. Suara serak saat menangis

Perhatikan saat bayi dan anak-anak kalian menangis. Biasanya anak-anak dan bayi yang memiliki masalah pada saluran pernafasannya akan memiliki suara yang serak saat menangis. Hal ini dapat terjadi karena adanya lendir yang menyumbat tenggorokan mereka.

8. Bibir kebiruan

Orang tua wajib tahu juga gejala sesak nafas pada anak dan bayi yang satu ini. Anak-anak dan bayi yang mengidap sesak nafas, biasanya juga akan menampakkan gejala berupa bibir yang kebiruan atau keunguan. Hal ini disebabkan tidak terpenuhinya oksigen pada darah di dalam tubuh.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sesak nafas dapat terjadi karena alergi untuk itu perhatikan aktivitas anak-anak kalian karena paparan debu atau bulu hewan juga dapat menyebabkan mereka mengalami gangguan ini. untuk itulah pastikan selalu rumah kalian bersih. Selain itu perhatikan juga makanan yang anak-anak kalian konsumsi karena ada banyak makanan penyebab sesak nafas yang banyak ditemui di sekitar kita seperti susu dan kacang.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Sesak Nafas