6 Gejala Sesak Nafas pada Malam Hari yang Jarang Disadari

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan seseorang menagalami sesak nafas, diantaranya adalah sesak nafas karena alergi, sesak nafas karena emosi yang tidak stabil ataupun sesak nafas karena adanya komplikasi penyakit pada parau-parunya. Tanda-tanda penyakit sesak nafas sendiri antara lain nafas yang terengah-engah atau nafas pendek, ada suara ngik saat menghembuskan nafas dan juga tubuh yang merasa cepat lelah.

Selain itu, ada juga orang yang mengalami sesak nafas dimalam hari saja. Hal ini mungkin dikarenakan kondisi cuaca pada malam hari yang cenderung lebih dingin daripada siang hari sehingga paru-parunya lebih banyak menghasilkan lendir yang membuatnya kesulitan bernafas pada malam hari.

Kesulitan bernafas pada malam hari seringkali membuat penderitanya menglami susah tidur karena dia belum paham kondisi yang dialaminya. Apa saja sih gejala sesak nafas pada malam hari yang patut menjadi perhatian kita?. Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Badan terasa lemas

Orang yang menderita sesak nafas dimalam hari biasanya akan memperlihatkan gejala berupa badan yang lemas. Setelah seharian beraktivitas, umumnya banyak orang yang mengalami kelelahan fisik saat malam hari. Namun pada penderita sesak nafas, perasaan yang lelah membuat badannya terasa lemas. Hal ini bisa dipicu karena paru-paru tidak bisa menghirup oksigen dengan maksimal sehingga tubuh kekurangan oksigen dan melemah.

1. Gelisah

Selain salah satu gejala sesak nafas pada anak, gelisah juga menunjukkan bahwa orang dewasa tengah mengalami sesak nafas dimalam hari. Seseorang yang menderita sesak nafas pada malam hari umumnya akan mengalami kegelisahan karena sulitnya menghirup udara dan juga karena kepala yang pening sehingga menimbulkan perasaan tidak nyaman untuk tidur.

1. Susah nafas

Gejala sesak nafas pada malam hari selanjutnya yaitu penderita mengalami kesulitan saat bernafas. Hal ini umum terjadi pada penderita komplikasi bronkitis, TBC, infeksi paru-paru ataupun paru-paru bocor serta tak terkecuali pada penderita sesak nafas.

1. Susah tidur

Umumnya orang yang telah menjalankan aktivitas seharian penuh akan lebih cepat tidur karena tubuh terasa lelah. Tapi pada penderita sesak nafas dimalam hari, tubuh yang lemas karena kurangnya pasokan oksigen justru membuatnya kesulitan untuk tidur. Selain itu perasaan gelisah dan sulitnya menghirup oksigen juga membuatnya semakin tidak nyaman untuk tertidur.

1. Dada terasa sesak

Dada yang nyeri atau dada yang terasa sesak merupakan salah satu ciri-ciri orang sesak nafas yang paling umum kita temui. Dada yang terasa sesak diakibatkan karena paru-paru yang bekerja terlalu keras untuk memenuhi pasokan oksigen ke seluruh tubuh.

1. Kepala terasa pening

Saat kalian ingin memejamkan mata tiba-tiba kepala terasa pening tanpa sebab,kalian patut waspada karena mungkin itu salah satu gejala sesak nafas pada malam hari. Kepala yang terasa pening menunjukkan bahwa oksigen yang diterima oleh otak tidak maksimal sehingga membuatnya kekurang oksigen. Kalian bisa menyiasatinya dengan tidur menggunakan bantal yang agak tinggi sehingga oksigen lebih mudah kalian hirup.

6 gejala sesak nafas pada malam hari yang jarang disadari di atas akan berbeda pada setiap individu. Jadi pastikan kalian mengetahui apa saja yang menyebabkan terjadinya tanda-tanda tersebut. Kalian juga bisa meminimalisir tingkat keparahan sesak nafas dengan mengonsumsi makanan untuk orang sesak nafas.

Selain itu kalian dapat mengonsumsi ramuan herbal untuk sesak nafas yang bukan hanya berguna untuk menghilangkan gejala-gejala tersebut, tapi juga dapat menyehatkan paru-paru kalian dan jangan lupa untuk selalu menjauhkan diri dari asap rokok dan juga polusi ya.

, , , ,
Kategori : Sesak Nafas