13 Gejala TBC Pada Orang Dewasa yang Paling Sering Terabaikan

Apakah kalian tahu apa itu TBC? TBC adalah salah satu penyakit menular dan menyebabkan kematian. Penyakit ini adalah penyakit pada paru-paru,disebabkan oleh Mycobacterium Tuberculosis. Penyakit ini bisa menular, yaitu ketika penderita TBC batuk dan mengeluarkan titik-titik kecil air liur  yang mengenai seseorang yang sehat. Orang sehat bisa tertular jika tubuhnya tidak memiliki kekebalan tubuh yang cukup untuk melawan terserang penyakit ini.

Gejala TBC Pada Orang Dewasa

Berdasarkan data dari WHO pada tahun 2015. Bahwa penyakit TBC termasuk kedalam sepuluh penyakit yang bisa menyebabkan kematian di dunia. Dan negara kita, negara Republik Indonesia termasuk ke dalam enam besar negara dengan kasus penderita TBC terbanyak. Penyakit TBC ini tidak begitu memiliki gejala khusus seperti penyakit lainnya. Biasanya ditandai dengan adanya gejala batuk. Tapi batuknya tidak seperti batuk biasa, batuk nya berkelanjutan dan semakin hari semakin memburuk atau parah. Karena bakteri Mycobacterium Tuberculosis ini menyerang langsung paru-paru dan menempel di bagian pernapasan kita. Sudah tahu kan apa itu TBC? (Baca juga: Gejala TBC pada Anak)

Karena itu di sini kita akan membahas tiga belas gejala dari penyakit TBC. Agar kita bisa mewaspadai penyakit ini, dan agar kita bisa melihat apakah di sekitar kita ada yang mengidap penyakit ini. Ini dia, 13 gejala dari penyakit TBC atau Tuberkulosis :

1. Batuk Berlebih

Nah gejala pertama dari TBC ini adalah batuk. Namun ini bukan hanya batuk biasa. Batuk ini berlangsung selama dua puluh satu (21) hari atau bisa lebih. Nah, apabila Anda, atau keluarga Anda mengidap sakit batuk sudah lebih dari dua puluh satu hari dan batuk nya tak kunjung membaik, harus lah segera di bawa ke Dokter, untuk diperiksa. Apakah ini gejala dari penyakit TBC atau ia sudah mengidap penyakit TBC ini. Jangan main-main dengan kesehatan. Karena sehat itu mahal.

2. Demam

Batuk kemudian diiringi dengan demam. Itu adalah hal yang lumrah atau biasa. Batuk disertai demam itu tidak apa-apa. Namun bagi seseorang yang sakit batuk kemudian demamnya naik turun seperti demamnya orang yang terkena sakit tifus. Waspadailah bahwa itu gejala dari sakit TBC. Karena ditandai dengan demam yang kadang naik dan kadang turun. Jika Anda mengalami hal ini, segeralah berobat. Jangan didiamkan, karena berakibat fatal jika Anda biarkan.

3. Kurangnya Nafsu Makan

Baik anak kecil, remaja serta orang dewasa. Setiap manusia apabila sedang sakit, pastilah tidak selera untuk makan. Begitu pula dengan penderita TBC. Seseorang yang telah terkena TBC, sudah menderita batuk dalam waktu yang lama, pastilah orang tersebut akan kehilangan nafsu makan. Karena kondisi yan gsedang tidak sehat. Jadi, sebagai keluarga apabila melihat salah satu keluarganya yang menderita TBC, teruslah ingatkan mereka agar makan walaupun sedikit. Sehingga lambung tidak kosong. (Baca juga: Cara Mengobati TBC Secara Alami )

4. Berat Badan

Bagaimana dengan orang yang tidak nafsu makan? Apakah berat badannya akan tetap stabil? Tentu saja tidak, berat badannya pastilah menurun. Bahkan ada yang sampai turun dengan drastis. Mengapa bisa menurun? Ya, karena mereka kekurangan makanan yang mengadung karbohidrat. Dan kurangnya mengkonsumsi makanan yang berserat. Serat bisa kita dapatkan pada buah-buahan. Karbohidrat dan serat sangat berperan penting untuk menjaga kesehatan dan berat badan pada tubuh seseorang agar tetap ideal.

5. Sesak Napas

Bagi penderita TBC, tentu saja mereka akan merasa sesak napas. Hal ini karena bakteri Mycobacterium Tuberculosis yang bersarang di paru-paru sehingga menyebabkan dada terasa sesak. Cobalah untuk sering keluar, agar menghirup oksigen yang bersih. Dan akan sedikit mengurangi sakitnya sesak napas. Jangan hanya berbaring dan tidur di ranjang kamar tidur saja. Karena akan menyebabkan keadaan makin memburuk.

6. Badan Lemah

Apabila di saat kita sedang mengalami sakit, pastilah badan akan terasa lemah dan cepat lelah. Begitu pula dengan penderita TBC. Bagi penderita TBC usahakan agar terus makan dan minum walaupun sedikit, karena dengan banyak minum bisa membuat penderita buang air kecil. Jadi bakteri-bakteri bisa sedikit keluar ikut dengan saat penderita buang air kecil.

7. Sakit Pada Bagian Kepala

Gejala TBC  bisa juga yaitu sakit pada bagian kepala. Sakit pada bagian kepala ini diakibatkan oleh syaraf. Loh kok syaraf? Ya, karena ada syaraf-sayraf yang tertekan bakteri. Nah karena itu kepala menjadi sakit, syaraf bagian kepala yang mengalami tekanan. Tentu saja penderita TBC akan sangat sulit dalam beraktivitas karena sakit yang dialami pada bagian kepala. Akibat nya tubuh menjadi ingin terus berbaring di tempat tidur. Untuk kejadian seperti ini, usahakan tubuh jangan terlalu dimanja. Tetaplah beraktivitas atau bergerak walaupun hanya sebentar.

8. Mengalami Batuk Berdahak

Sudah bukan hal baru lagi, kita semua juga sudah tahu bahwa penderita TBC pasti akan mengalami gejala ini yaitu batuk berdahak. Batuk berdahak ini jika dibiarkan akan membuat perih dan sakit di dada disertai kepala yang pusing. Dan perlu diketahui, dahak itu akan semakin memburuk jika terus-terusan dibiarkan begitu saja. Maka dari itu segeralah berobat jika sudah sampai gejala berdahak. (Baca Juga: Gejala TBC pada Bayi)

9. Mengalami Kejang – Kejang

Apabila Penderita TBC sudah mengalami sesak napas yang teramat parah. Maka, ia akan mengalami hal yaitu kejang-kejang. Kejang kejang jika dibiarkan akan menyebabkan hal yang lebih parah atau gawat. Bahkan bisa sampai mengakibatkan keadaan yang tidak sadar atau pingsan. Ini gawat bukan? Apabila telah sampai mengalami kejang-kejang sampai pingsan.

10. Keringat Berlebih

Seorang penderita TBC akan sangat banyak mengeluarkan keringat. Loh kok bisa? Bukannya penderita TBC sulit beraktivitas ya? Kok bisa berkeringat? Nah itu dia. Seorang penderita TBC akan mengalami demam yang sangat tinggi, dan terkadang turun. Suhu dalam tubuhnya ini sangat aneh, yaitu badannya sangat panas namun tubuhnya terasa dingin dan bisa sampai menggigil. Maka dari itu, penyakit TBC ini harus ditangani dengan cepat. Seperti halnya dengan sakit tifus, demam berdarah dan lainnya. Karena seperti yang telah disampaikan diawal, bahwa penyakit TBC termasuk kedalam sepuluh penyakit yang menyebabkan kematian bagi penderitanya. Penanganannya pun haruslah dengan serius, tidak bisa hanya sekali atau dua kali saja. Tapi harus berkelanjutan karena ini adalah penyakit yang serius.

11. Batuk disertai dengan keluar nya darah

Masih mau main main dengan sakit TBC? Coba pikir lagi deh. Penderita TBC yang telah mengalami batuk lebih dari dua puluh satu hari, disertai dengan sesak napas, badan lemah, batuk mengeluarkan dahak. Apabila telah sampai titik terparah dan belum juga diobati, maka penderita dari sakit TBC ini bisa batuk hingga mengeluarkan darah. Darah? Yap, karena telah terinfeksi dan telah luka di bagian dalam. Luka itu akan semakin memburuk jika tidak segera diobati. Luka itu pun bisa keluar sampai sangat banyak, jika batuk terus-terusan. Serta lukanya akan semakin melebar.

12. Sakit Pada Bagian Dada

Apa bedanya sesak napas dan sakit pada bagian dada? Tentu berbeda dong. Begini ya, sesak napas itu terjadi sesuatu pada bagian pernapasan seperti paru-paru, sehingga penderita akan merasa sesak serta sulit bernapas. Sesak ini akan sangat parah jika dibiarkan terus menerus. Lalu bagaimana dengan sakit pada bagian dada? Jika sakit pada bagian dada, itu diakibatkan oleh batuk yang dialami oleh penderita. Ketika penderita batuk, terjadi hentakan yang sangat kuat, apalagi jika batuk nya terasa sangat gatal hingga keluar dahak dan yang paling parah sampai keluarnya darah. Sakit di bagian dada inilah yang sangat sakit, karena hentakan yang dialami oleh si penderita saat mengalami batuk tersebut. (Baca Juga: Ciri Ciri TBC Pada Orang Dewasa)

Jadi bagaimana, apa telah memahami perbedaannya? Oke, sudah paham. That’s good ….. Sakit pada bagian dada dapat kita atasi dengan mealakukan perenggangan otot dada. Lakukan secara berkala, sekitar lima menit melakukan perenggangan otot dada. Berikan waktu untuk istirahat yang cukup bagi penderita, tapi janganlah lupa melakukan sedikit aktivitas. Karena akan membuat tubuh sedikit rileks dan tidak terasa lelah.

13. Menurunnya Konsentrasi

Penderita TBC akan sangat sulit konsentrasi, karena kondisi fisiknya yang sedang melemah disertai batuk. Sedangkan kita yang sehat saja, bisa tidak konsentrasi. Apalagi mereka yang menderita TBC. Penderita TBC akan sangat lambat atau lama dalam merespon apa yang kita berikan atau kita lakukan. Kondisi tubuh yang menurun salah satu faktor yang menyebabkan menurunnya konsentrasi pada penderuta TBC ini. Hal lainnya yaitu karena adanya gangguan syaraf pada otak, yang mengakibatkan penderita sulit dan menurun konsentrasinya. Ada baiknya penderita mengkonsumsi makanan yang baik bagi tubuh dan nutrisi untuk meningkatkan kinerja otak.

Nah itulah 13 gejala yang dialami oleh penderita TBC atau Tuberkolosis. Berdasarkan informasi di atas kita bisa tahu bagaimana gejala dan apa saja gejala-gejala yang dialami oleh seorang penderita TBC. Penyakit TBC ini tidaklah bisa kita anggap enteng atau remeh. Perlu penanganan yangs serius dan berobat dengan serius. Karena Tuberkolosis ini atau TBC ini menyerang paru paru manusia. Bakteri yang ada yaitu Mycobacterium Tuberculosis akan berkembang pada paru-paru kita, merusak jaringan paru-paru serta akan menimbulkan 13 gejala tersebut. (Baca Juga: Hal Yang Menyebabkan TBC Menular pada Anak)

Wah ternyata TBC itu berbahaya ya? Ya, tentu saja apa lagi kita sebagai yang masih diberi kesehatan, kita harus banyak bersyukur dan menjaga kesehatan ini, karena sehat itu sangat mahal. Segala sesuatu itu dapat dibeli dengan uang namun kesehatan? Apa bisa sehat dibeli. Karena itu jagalah masa sehat kita sebelum datang masa sakit pada diri kita. Dan yang wajib kita ketahui bahwa penyakit TBC ini menular, karena itu kita harus berhati-hati dan jaga kebersihan Semoga bermanfaat.

, ,
Kategori : Tuberkulosis