6 Jenis Pneumonia Berdasarkan Penyebabnya

Pneumonia merupakan infeksi radang paru paru, dimana kantung udara dalam paru (alveoli) penuh dengan nanah dan cairan sehingga kurang menyerap oksigen dalam darah. Kekurangan ini menyebabkan sel tubuh tidak dapat bekerja dengan baik. Penyebabnya bisa bermacam-macam seperti bakteri penyebab radang paru paru, virus, mikroplasma, jamur, berbagai senyawa mikro maupun partikel.

Jenis jenis pneumonia dapat diketahui dari penyebab yang dialami oleh penderita pneumonia dilihat dari hasil rontgen dimana biaya rontgen paru paru tergantung pada tempat penderita tersebut dirawat.

Penyakit pneumonia ini bisa menyerang siapa saja baik dewasa maupun anak-anak dan bayi, pecandu alkohol, pasien pasca operasi, penderita penyakit gangguan pernafasan, yang paling beresiko terinfeksi virus atau menurunnya kekebalan tubuh.

Pasien yang terinfeksi pneumonia akan panas tinggi, berkeringat, nafas terengah-engah, jantung berdetak cepat, wajah membiru karena kekurangan oksigen, menggigil, gigi bergemelatuk, sakit dada dan kalau batuk mengeluarkan lendir berwarna hijau. Berikut jenis-jenis pneumonia antara lain:

1. Pneumonia oleh bakteri

Jenis pneumonia yang umum terjadi disebabkan oleh bakteri streptococcus pneumonia, dimana menyerang pada kerongkongan pada saat kondisi tubuh manusia sehat. Begitu sistem imun menurun dikarenakan sakit, usia lanjut, bakteri segera memperbanyak diri dan menyebabkan kerusakan, sehingga seluruh jaringan paru paru dipenuhi cairan dan infeksi dengan cepat menyebar ke seluruh tubuh melalui aliran darah.

2. Pneumonia oleh virus

Pneumonia diperkirakan disebabkan oleh virus yang menyerang saluran pernafasan terutama pada anak dan bayi dapat ditanggulangi dengan cara mencegah pneumonia pada anak, umumnya tidak berat dan sembuh dalam waktu singkat. Tapi bila bersamaan dengan influensa, gangguan bisa berat dan menyebabkan kematian.

3. Pneumonia oleh mikroplasma

Pneumonia yang disebabkan oleh mikroplasma itu merupakan agen terkecil di alam bebas dapat menyerang manusia seperti amuba berbeda dengan bakteri dan virus dalam tubuh menyebabkan penyakit. Mikroplasma dapat menyerang segala usia namun paling sering pria remaja dan anak. Hal ini dapat dilakukan pencegahan dengan cara meningkatkan kapasitas paru paru secara alami.

4. Pneumonia oleh parasit

Parasit masuk ke dalam tubuh lewat kontak langsung dengan kulit atau penyebarannya melalui serangga, dapat menyebabkan penyakit malaria dan tokso, yang pengobatannya harus segera karena bila terlambat akan menyebabkan kematian. Pneumonia yang disebabkan oleh parasit ini bisa menyebabkan sesak nafas secara tiba-tiba dan kekebalan tubuh menurun.

5. Fungal pneumonia

Fungal pneumonia jarang terjadi hinggap kedalam tubuh manusia, kecuali sistem imunnya lemah seperti terkena penyakit Aids atau masalah medis lainnya. Seseorang yang sistem imun lemah biasanya mengalami gangguan pernafasan dengan cara mengobati paru paru yang rusak.

6. Idiopatic interstital pneumonia

Salah satu penyakit yang disebabkan penurunan fungsi paru paru atau biasa disebut noninfectius, karena kantung udara (alveoli) terisi cairan yang menyumbat aliran darah, dengan demikian ciri ciri paru paru tidak sehat terletak dalam tubuh.

Jenis-jenis pneumonia merupakan infeksi radang paru paru yang disebabkan oleh kantung udara (alveoli) dipenuhi cairan yang menghambat aliran darah ke seluruh tubuh, disebabkan oleh bakteri, virus, parasit, sistem imun lemah, mikroplasma dan noninfectius.

, , , , , ,