Sponsors Link

Waspadai 6 Komplikasi Emboli Paru Paling Berbahaya

Sponsors Link

Komplikasi emboli paru adalah kondisi di mana tubuh mengalami banyak penyakit lainnya yang dipengaruhi oleh emboli sebagai pemicunya. Masalah kesehatan paru paru memang sangat banyak jenisnya. Salah satu jenis masalah paru paru ini disebut dengan emboli paru.

ads

Emboli paru adalah penyakit yang menunjukkan terjadinya penyumbatan pada arteri pulmonalis (pembuluh darah yang membawa darah dari jantung menuju paru paru). Akibat darah dari jantung ke paru paru tersumbat alirannya, maka ada banyak darah mengandung karbondioksida yang tidak bisa dibuang keluar tubuh dan menunjukkan gejala emboli paru.

Kondisi tubuh yang dialiri oleh darah yang kaya karbondioksida ini sangat berbahaya. Akan banyak bagian tubuh yang membiru karena ditemukan gumpalan darah. Jika ukuran gumpalan darah yang ditemukan tidak besar dan juga jumlahnya tidak banyak, masih bisa diatasi dengan tindakan pengobatan yang sederhana.

Namun jika ukurannya semakin besar dan semakin banyak ditemukan, maka akan sangat membahayakan untuk kesehatan anda. Anda harus segera melakukan upaya pengobatan dari penyakit emboli ini. Ada banyak cara mengobati emboli paru yang bisa anda lakukan dan membuat anda terhindar dari resiko komplikasinya.

Anda disarankan menghindari komplikasi emboli paru ini. Jangan sampai anda semakin kesulitan karena semakin banyaknya penyakit yang harus anda derita karena komplikasi emboli paru ini. Itulah sebabnya bagian berikut ini akan menjelaskan beberapa komplikasi emboli paru yang bisa anda gunakan sebagai peringatan.

Perhatikan bahwa ternyata ada cukup banyak komplikasi emboli paru yang mungkin menyerang penderitanya. Jadi waspada dan lakukan cara mengobati emboli paru dengan tekun untuk bisa kembali sembuh. Berikut ini informasi mengenai komplikasi emboli paru untuk informasi anda:

  1. Kerusakan Otak

Akibat dari penyakit emboli paru akan terjadi komplikasi atau munculnya penyakit lain berupa kerusakan otak. Otak penderita emboli paru memang bisa mengalami kerusakan. Hal ini dipengaruhi oleh tidak lancarnya peredaran darah di tubuh.

Ada masalah dengan penyumbatan di arteri pulmonalis, maka artinya darah dari jantung ke paru paru tidak mengalir sesuai dengan harusnya. Jadi sangat mungkin akhirnya peredaran darah pun tidak sampai ke otak secara normal. Efeknya akan sangat berbahaya bagi otak karena kekurangan pasokan oksigen.

  1. Kulit Mengering dan Terkelupas

Tidak hanya komplikasi dalam hal besar, kulit anda pun dapat mengering dan terkelupas akibat dari penyakit emboli paru ini. Emboli paru dapat menyebabkan kulit mengering karena lagi lagi terjadi penyumbatan pembuluh darah dalam tubuh.

Darah tidak bisa mengalir dengan normal artinya oksigen pun tidak bisa tersebar ke seluruh tubuh dengan normal. Kulit anda pun lama kelamaan akan mengering dan mudah terkelupas sebagai akibatnya. Bagi penderita emboli yang seorang wanita, kondisi ini pasti akan menjadi masalah dan menimbulkan kehilangan kepercayaan diri juga.

  1. Pembengkakan Bagian Tubuh

Anda juga harus mewaspadai bahwa bagian tubuh anda bisa mengalami pembengkakan sebagai akibat dari penyakit emboli paru. Pembengkakan ini dipengaruhi oleh penyumbatan di pembuluh darah juga. Akan ada beberapa gumpalan darah yang muncul. Jika gumpalan darah ukurannya tidak terlalu besar, maka tidak akan terlihat seperti pembengkakan. 

Sponsors Link

Namun pada kondisi tertentu, akan ditemukan juga gumpalan darah yang cukup besar. Akibatnya, beberapa bagian tubuh anda kemudian akan menunjukkan pembengkakan yang harus segera diatasi secepatnya baik dengan tindakan medis atau bisa dengan obat tradisonal emboli paru juga. Jika tidak pembengkakan ini akan menimbulkan masalah pada organ di sekitar bagian tubuh tersebut.

  1. Terjadi Stroke

Masalah kesehatan apapun yang melibatkan penyumbatan di pembuluh darah pasti akan menimbulkan komplikasi berupa stroke dalam kondisi yang sudah sangat berbahaya. Jika pembuluh darah terus tersumbat, maka pembuluh darah akan ada yang pecah karena menahan aliran darah yang terus menerus tersumbat tadi. Pembuluh darah yang pecah di bagian otak akan menyebabkan stroke.

Stroke ini akhirnya membuat seseorang bisa mengalami lumpuh sebagian atau seluruh tubuh tergantung seberapa parah kondisinya. Itulah mengapa komplikasi dari penyakit emboli yang berkaitan dengan pembuluh darah pun adalah juga stroke.

  1. Terkena Serangan Jantung

Serangan jantung juga harus anda waspadai sebagai salah satu komplikasi emboli paru yang tidak boleh anda anggap remeh. Masalah pada paru paru pasti akan memberikan akibat langsung pada kesehatan jantung. Itulah mengapa jantung anda pun bisa terkena imbas dari masalah yang menjadi penyebab emboli paru ini.

Sponsors Link

Karena pembuluh darah arteri pulmonalis anda tersumbat, resiko anda terkena serangan jantung menjadi semakin tinggi. Jadi memang komplikasi berupa serangan jantung ini harus anda cegah sebaik mungkin dengan melakukan pengobatan emboli paru terbaik.

  1. Warna Kulit Berubah

Perubahan dalam hal warna kulit adalah satu lagi komplikasi dari penyakit emboli paru yang banyak ditemukan. Alasan mengapa kulit penderita emboli paru bisa mengalami perubahan warna adalah karena gumpalan darah yang terbentuk di beberapa bagiannya.

Gumpalan darah ini menyebabkan bagian tubuh anda muncul warna-warna kebiruan. Jika gumpalan darah semakin besar, maka perubahan warna kulit ini akan semakin luas juga ditemukan. Itulah mengapa anda harus sering memperhatikan warna kulit anda dan segera tanggulangi secepat mungkin.

Jadi itulah tadi yang perlu anda ketahui terkait berbagai komplikasi emboli paru yang tidak kalah berbahaya dari emboli paru itu sendiri. Banyaknya komplikasi yang mungkin ditimbulkan oleh penyakit ini membuatnya semakin berbahaya.

Bahaya emboli paru tidak boleh anda biarkan begitu saja mengganggu kesehatan anda. Segera upayakan pengobatan dan pencegahan agar anda dan keluarga anda tidak perlu menderita karena penyakit ini lagi. Selamat mengobati dan tekun berusaha dalam pengobatannya ya!

, , , ,
Oleh :