Sponsors Link

6 Komplikasi Legionnaries yang Paling Sulit Diobati

Sponsors Link

Legionnaires adalah penyakit yang berbahaya. Karena penyakit radang saluran pernafasan ini ternyata bisa memicu terjadinya gejala awal sakit paru paru yaitu komplikasi kronis yang Jika dibiarkan, nyawa pasien bisa terancam. Maka dari itu, mengobati legionnaires sebelum parah wajib dilakukan oleh anda.

ads

Akan tetapi, perhatian masyarakat terhadap bahaya legionnaires masih sangat kurang. Mereka beranggapan penyakit ini hanya gejala sesak napas atau asma biasa. Padahal legionnaires tergolong penyakit mematikan. Nah, anggapan merendahkan inilah yang membuat penyakit tak kunjung diatasi sampai penyebarannya menjadi meluas.

Atas dasar itulah, pada artikel berikut ini, kami akan menjelaskan tentang bahaya komplikasi legionnaries yang amat sukar untuk disembuhkan dengan cara mengeluarkan cairan di paru paru. Kami mengharap artikel ini bisa menjadi motivasi anda untuk segera melakukan tindakan pencegahan dan pengobatan terhadapnya.

  1. Gagal Ginjal Akut

Orang yang mengalami legionnaires biasanya disertai dengan terganggunya sirkulasi darah. Yang mana, sirkulasi darah yang masuk ke paru paru terhalang oleh pengentalan mineral yang berdiam di dalam jalur lajunya. Akibatnya pasokan darah dan oksigen menjadi terhambat.

Jika pasokan darah dan oksigen tidak ideal, tentu seluruh organ tubuh akan merasakan imbasnya. Salah satunya adalah organ tubuh ginjal.

Tanpa oksigen, makanan pencegah paru paru basah dan darah yang maksimal, kerja ginjal menjadi super berat. Akibatnya, sel ginjal menjadi over action yang berefek pada penurunan fungsinya. Nah, jika penurunan fungsi ginjal tidak dikembalikan pada keadaan semula, lama kelamaan ginjal akan rusak dan mati. inilah yang disebut dengan gagal ginjal.

  1. Kegagalan Pernafasan

Salah satu gejala legionnaires adalah pasiennya mengalami sesak napas. Jika abnormalitas ini berjalan terus menerus, tentu oksigen yang masuk ke dalam tubuh berkurang, sedangkan antioksidan dalam darah semakin berlimpah.

Lama kelamaan, kerja paru paru menjadi melemah. Karena dia dipaksa bekerja ekstra ketat memompa dirinya dalam kondisi ruang rongga yang sempit tanpa sedikitpun dilakukan alternatif cara mencegah legionnaires. Semakin sesak rongga paru paru dengan karbondioksida dan minus oksigen, rasa sesak pasien semakin tinggi. Akibatnya kegagalan pernafasan bisa terjadi.

Jika peristiwa ini sudah terlanjur berlaku, maka  tidak ada solusi lain untuk mengatasinya selain diberikan oksigen tambahan.

  1. Septic Shoc

Bahaya komplikasi legionnaries yang ketiga adalah gangguan septic shoc.

Septic shoc merupakan komplikasi legionnaires yang paling ditakuti pasien. Pasalnya, septic shoc merupakan penyebab awal munculnya penyakit mematikan sekelas tumor otak, gagal ginjal hingga serangan jantung.

Seperti yang sudah diketahui, penyakit legionnaires membuat sirkulasi darah menjadi terganggu. Akibatnya pasokan darah ke dalam organ tubuh menjadi berkurang yang efeknya adalah tekanan darah pada organ menjadi sangat rendah.

Silahkan anda terka sendiri apa jadinya jika penurunan tekanan darah pada jantung, otak dan ginjal terjadi secara bersamaan. Tentu akibat yang fatal nan bakal terjadi. Nah penurunan tekanan darah secara bersama sama yang gagal disembuhkan melalui cara mengatasi legionnaires inilah yang disebut dengan septic Shoc.

Sponsors Link

  1. Bronkhitis

Komplikasidari bahaya legionnaires yang keempat adalah bronkhitis atau radang paru paru.

Ketika legionnaires atau infeksi dan radang saluran pernafasan terjadi, rongga paru paru mengalami pengeringan ekstrim. Akibatnya, berbagai macam mineral disana menjadi mengental yang tak jarang memicu munculnya nanah. Bahkan, dahak yang mengendap saja, jika sudah terinfeksi bakteri legionella, baunya menjadi sangat menyengat.

Nah, unsur unsur kental di dalam paru paru ketika pecah akan menimbulkan abses paru paru yang lama kelamaan semakin membesar. Akibatnya paru paru menjadi bengkak dan meradang akibat tidak mampu menahan tekanan luka. Akhirnya bronkhitis muncul tanpa bisa dicegah dengan cara menghilangkan asap rokok di paru paru.

  1. Aspergilosis

Aspergilosis adalah gangguan saluran pernafasan yang disebabkan oleh kegagalan penanganan pneumothorax serta akibat serangan jamur atau mikroba. Yang mana, jamur ini sudah berhasil merusak jaringan yang disebut lesi sehingga perintah otak yang didapatnya menjadi amburadul ( abnormal ).

Sponsors Link

Yang berbahaya dari jamur ini ternyata, lesi yang dirusak bukan hanya di daerah paru paru saja. Tetapi juga bisa merusak lesi pada area mata bahkan menyerang neuron otak.

Bakteri legionella penyebab legionnaires masuk ke dalam paru paru tidak sendirian. Biasanya mereka masuk secara bergerombol dengan membawa serta jamur mikroba bersamanya. Nah, jamur bawaan legionella inilah yang membuat lesi di dalam paru paru anda mengalami kerusakan.

  1. Atelektasis

Atelektasis adalah gangguan pernafasan yang diakibatkan oleh berubahnya bentuk organ paru paru akibat keengganan pasien minum minuman pembersih paru paru. Perubahan ini terkadang disebabkan oleh tersumbatnya saluran udara atau akibat dari pernafasan yang terlalu pendek.

Menurut ahli, Atelektasis dibagi menjadi dua yaitu atelektasis sebagian dan atelektasis total. Atelektasis sebagian adalah perubahan yang terjadi pada sebagian organnya saja. Sedangkan atelektasis total adalah perubahan yang terjadi pada seluruh organ paru paru.

Itulah 6 bahaya komplikasi legionnaries yang wajib diwaspadai. Mari jaga paru paru tetap sehat dengan cara menghindari penyakit tbc sebelum komplikasi ini datang menyerang. Ingat! Anda terlambat sedikit saja, penyesalan akan datang dengan segera.

, , ,