Sponsors Link

Kenali 4 Bahaya Komplikasi Pneumonia Sejak Awal

Sponsors Link

Pneumonia atau istilah awamnya adalah paru – paru basah merupakan infeksi yang mengakibatkan peradangan  pada kantong – kantong udara pada salah satu maupun kedua paru – paru.

ads

Alveoli pada penderita paru – paru akan meradang serta dipenuhi cairan ataupun nanah yang mengakibatkan penderita sesak napas, batuk berdahak, menggigil dan demam tinggi.

Pneumonia merupakan penyebab kematian anak tertinggi di dunia. Penyakit ini dapat disebabkan oleh virus, bakteri maupun jamur. Gejala Pneumonia umumnya hanya terlihat seperti gejala flu.

Biasanya, penderita pneumonia akan merasa sesak napas, menggigil, nyeri dada ketika menarik napas dan ada pula yang merasa mual serta muntah. Penyakit ini merupakan penyakit infeksi paru – paru yang disebabkan oleh bakteri, kuman dan virus.

Dibalik bahaya penyakit pneumonia bagi dirinya sendiri dan orang lain, penyakit ini dapat menimbulkan suatu perpaduan yang lebih berbahaya bagi penderitanya. Seseorang mungkin saja mengalami  komplikasi pneumonia yang meningkatkan resiko keadaan tubuh penderita.

Komplikasi pneumonia akan sangat mengganggu dan menyusahkan. Banyak masyarakat yang malu membawa anak nya atau saudaranya untuk berobat sejak dini.

Hal ini yang menyebabkan penyakit terlambat disadari dan akan menyebabkan komplikasi terhadap penyakit lain. Orang lanjut usia dan anak – anak beresiko mengalami komplikasi ini tentunya harus diwaspadai juga.

Dalam artikel ini akan diuraikan komplikasi Pneumonia, antara lain:

  1. Infeksi aliran darah (bakterimia)

Bakterimia adalah kondisi dimana bakteri penyebab infeksi masuk ke dalam aliran darah yang menyebabkan penurunan tekanan darah, peradangan dalam darah dan bahkan mengakibatkan kegagalan organ pada beberapa kasus.

  1. Luka pada Paru

Komplikasi yang mungkin terjadi selanjutnya adalah adanya luka pada paru. Seperti diuraikan sebelumnya bahwa pneumonia disebabkan karena infeksi. Dimana infeksi yang dialami selama penyakit menyerang dapat menimbulkan semakin banyaknya luka pada paru – paru.

Luka pada paru –paru dapat ditangani dengan meminum antibiotic, namun dalam beberapa kasus memerlukan tindakan medis untuk membuang nanahnya.

  1. Efusi Pleura

Efusi Pleura adalah kondisi dimana selaput paru pasien dipenuhi cairan dan menyebabkan pasien sulit bernafas. Hal ini mungkin terjadi jika infeksi tidak ditangani dengan baik, sehingga menyebabkan efusi Pleura.

Sponsors Link

  1. Infeksi pada salah satu bagian jantung

Komplikasi pneumonia yang terakhir tingginya resiko infeksi terhadap salah satu bagian jantung penderita. Hal ini sangat mungkin terjadi sebagai akibat menyebarnya bakteri , virus maupun kuman yang menyerang paru kemudian merembet menyerang jantung pasien. Jika infeksi jantung ini tidak ditangani dengan tepat, resiko terburuk nya adalah pasien mungkin mengalami gagal jantung.

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa pneumonia merupakan salah satu penyakit menular yang jika tidak ditangani dengan benar dan tepat justru akan menimbulkan komplikasi terhadap kondisi tubuh maupun penyakit yang sudah diderita oleh pasien.

Segeralah periksakan diri ke dokter jika anda mengalami gejala-gejala yang serius, jangan sampai lambat untuk menangani. Kenali beragam hal yang dapat membahayakan kesehatan paru-paru, tentu hal tersebut akan membuat paru-paru anda akan menjadi lebih optimal lagi dan bisa mengurangi beberapa kondisi infeksi paru-paru dengan begitu mudahnya.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pneumonia