Sponsors Link

7 Komplikasi Pneumotoraks Yang Sangat Menakutkan

Sponsors Link

Pneumotoraks atau sering disebut dengan kolaps paru-paru seseorang ini terjadi karena udara yang terperangkap dalam paru-paru cukup banyak dan tidak bisa keluar. Hal ini tentunya akan menimbulkan rasa sakit luar biasa yang terjadi secara spontan pada dada seseorang. Sekalipun orang tersebut tidak memiliki riwayat penyakit ini sebelumnya.

ads

Bahaya penyakit pneumotoraks yang harus diwaspadai adalah masalah komplikasi. Jika gejala awal sakit paru paru, komplikasi sudah menyerang, penyakit sangat sukar untuk disembuhkan. Apalagi komplikasi akibat pneumotoraks, penyakit genting dan darurat yang tidak segan segan merenggut nyawa pasiennya.

Mengobati pneumotoraks sejak dini adalah cara untuk mencegah penyakit komplikasi. Masalah uang habis dan kekayaan menipis tidak menjadi soal, yang penting nyawa masih bisa tertolong.

Nah, bagi Anda yang belum mengetahui apa itu komplikasi pneumotoraks sehingga menganggap enteng penyakit ini, maka berikut ini telah dirangkum beberapa penyakit yang timbul akibat komplikasi pneumotoraks.

  1. Sesak Napas Kronis

Pneumotoraks adalah penyakit akibat penanganan pneumotoraks yang salah sehingga udara berkumpul didalam saluran pleura. Semakin banyak udara masuk, paru paru semakin tertekan sehingga pergerakannya ketika memompa oksigen menjadi tidak maksimal. Akibatnya, pasien akan mengalami sesak napas yang akan menjadi kronis jika masalah udara dipleura tidak segera dihilangkan.

Akibat sesak napas kronis, masuknya oksigen ke dalam tubuh menjadi tidak maksimal. Sehingga manusia tidak bisa bernafas dengan baik. Jika ini terjadi, kematian seluruh organ tubuh tidak membutuhkan waktu lama. Dan penderitanya akan segera mengakhiri usianya di dunia jika tidak tertolong dengan makanan pencegah tbc.

  1. Kanker Paru Paru

Oksigen dibutuhkan paru paru untuk bergerak memompa. Sedangkan darah dibutuhkan organ pernafasan untuk terus meningkatkan kesehatannya. Jika keduanya tidak terpenuhi secara maksimal, tentu berbagai macam radikalitas metabolisme bakal terjadi di paru paru termasuk munculnya ciri ciri paru paru kotor. Salah satunya adalah radikalitas pembelahan sel.

Jika saluran pleura berhasil menghambat masuknya darah dan oksigen ke paru paru, sel baik akan memerintahkan pembelahan  dirinya menjadi sel yang ekstrim yaitu sel kanker. Sel inilah yang memunculkan tonjolan kanker di paru paru yang semakin hari semakin membesar. Nah, inilah komplikasi pneumotoraks kalau tidak segera terobati dengan baik menggunakan makanan sehat untuk paru paru.

  1. Legionnaires

Legionnaires adalah radang paru paru yang disebabkan oleh infeksi virus legionella. Salah satu penyebab masuknya bakteri ini adalah banyaknya senyawa kimia yang telah berubah menjadi detox atau racun di dalam paru paru. Detox inilah yang dijadikan tempat berkembangbiak bakteri.

Jika sirkulasi darah terhambat akibat pneumotoraks, antioksidan yang dibutuhkan paru paru tidak tercipta sekalipun cara mencegah legionnaires sudah dilakukan secara maksimal. Antimikroba juga ikut sirna. Padahal, kedua zat inilah yang bisa menjaga paru paru dari serangan legionella. Akibatnya, virus leluasa merusak sel paru paru sehingga muncul berbagai tonjolan yang semakin tidak terkontrol. Tonjolan ini tidak akan hilang kecuali dilakukan segala cara mencegah tbc atau dengan tindakan operasi.

  1. Abses Paru Paru

Komplikasi penyakit pneumotoraks yang selanjutnya adalah abses paru paru. Serangan virus pada organ paru paru jika bukan peradangan, pasti abses. Abses yang berisi nanah dan darah ini mudah pecah sehingga kadar asam di dalam paru paru menjadi offer konfidence. Akibatnya sedot cairan adalah solusi yang harus dilakukan.

Jika pneumotoraks berhasil memicu munculnya abses, hidup anda pasti menderita. Karena bukan hanya sesak napas yang anda alami, rasa nyeri dan sakit ketika bernafas juga terjadi. Ini disebabkan luka borok paru paru yang sangat responsif pada masuknya oksigen ke paru paru sekalipun jumlahnya sedikit.

Jika abses paru paru tidak segera ditanggani dengan cara mengobati pneumotoraks, posturnya akan semakin membesar bahkan bisa menutupi saluran pernafasan. Tertutupnya saluran pernafasan bisa memunculkan masalah baru, yaitu kerja paru paru menjadi meningkat yang berefek pada kerusakan organ hingga kematian. Maka dari itu, jika abses tidak bisa dihilangkan dengan obat obatan, tindakan operasi harus segera dilakukan. Karena jika semakin parah, transplantasi merupakan solusi terakhir yang bisa membuat anda menyesal.

Sponsors Link

  1. Infeksi Paru Paru

Jika saluran pleura terbuka, bukan hanya udara yang masuk ke dalamnya. Jamur dan bakteri penyebab pneumotoraks juga bisa berdiam disana. Jika saluran pleura sudah dipenuhi dengan bakteri, infeksinya hanya tinggal menunggu waktu. Apalagi jika tubuh anda tidak difilter dengan antioksidan, antibodi, antibakteri dan antimikroba yang baik, bisa bisa penyebaran infeksi menjadi lebih cepat.

  1. Paru Paru Kolaps

Paru paru kolaps adalah komplikasi pneumotoraks yang paling ekstrim. Paru paru kolaps atau paru paru lemah ini disebabkan oleh pergerakan paru paru ketika memompa oksigen dan karbondioksida super cepat. Akibatnya, pergerakan paru paru melebihi kapasitas fungsinya, menyusut dan akhirnya melemah. Paru paru kolaps inilah yang perlahan lahan akan merusak sebagian organ paru paru hingga seluruh paru paru menjadi kehilangan fungsinya.

  1. Batuk Berdarah

Jika pneumotoraks disertai dengan abses yang pecah, tentu darah akan menetes di paru paru anda yang akan merangsang metabolisme untuk mengeluarkannya dari paru paru. Gejala yang ditimbulkan adalah pernafasan terasa gatal hingga ke tenggorokan dan batuk pun terjadi. Nah, batuk inilah yang terkadang membawa keluar darah dari paru paru anda.

Itulah komplikasi pneumotoraks yang harus diwaspadai karena biaya pengobatannya melebihi biaya rontgen paru paru. Jika komplikasi ini terjadi, berarti pneumotoraks yang anda alami sudah cukup parah dan gawat. Oleh sebab itu, sayangilah paru-paru Anda dan lakukan hidup sehat mulai saat ini. Semoga bermanfaat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pneumotraks