Sponsors Link

4 Fase Lama Pengobatan TBC yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Lama pengobatan TBC tentu sudah anda ketahui merupakan jangka waktu pengobatan yang cukup panjang prosesnya. Tidak mudah memang untuk dapat sembuh dari TBC. TBC memerlukan waktu konsumsi obat yang lama untuk dapat benar benar membersihkan infeksi yang terjadi pada paru paru akibat penyakit ini. Anda tentu perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu TBC. Penyakit TBC atau tuberkolosis adalah penyakit yang terjadi pada rongga udara akibat pengaruh dari bakteri, sehingga paru-paru anda pun dapat terinfeksi secara menyeluruh.

ads

Penyakit TBC ini bisa mengenai sistem saraf-saraf otak hingga organ yang lain kerena adanya keterkaitan antara sistem organ yang satu ke yang lainnya. Oleh sebab itulah, TBC menjadikan sistem kekebalan tubuh anda akan semakin lemah dengan juga pengaruh pada aliran darah yang semakin tidak berjalan lancar. Akhirnya salah satu tulang sumsum anda pun dapat merasakan ciri ciri TBC pada orang dewasa seperti sakit seperti di bagian tulang pinggul anda, tulang lutut mungkin terasa remuk, pergelangan siku kaki menjadi terasa nyeri, dan masih banyak lagi keluhannya.

Belum lagi resiko di mana penyakit TBC ini dapat menular ke orang sekitar lingkungan anda akibat kemampuannya yang aktif merusak tubuh dengan cara penularan TBC. Oleh sebab itu, penderita tuberkolosis seringkali dihindari dalam masyarakat karena ketakutan akan resiko penyakit yang menular. Jika satu saja  kerabat anda terinfeksi TBC paru-paru, maka demikian anda harus lebih waspada dan hati-hati beraktivitas dalam keseluruhan kegiatan agar tidak ada gangguan terhadap kesehatan anda yang disebabkan oleh penularan.

Proses dalam Lama Pengobatan TBC yang Harus Dilalui

Setelah mengetahui bagaimana gejala TBC pada orang dewasa sangat berbahaya dan dapat menular, anda tentu perlu mengetahui bagaimana pengobatannya dan lama pengobatan TBC itu sendiri. Tahukah anda bahwa pengobatan TBC ini bisa mencapai waktu bulanan bahkan tahunan? Penderita TBC akan diberikan sejumlah obat yang harus dikonsumsi secara rutin, tanpa lepas satu hari pun.

Kelengahan dalam mengonsumsi obat dapat menyebabkan anda harus mengulang lagi konsumsi obat dari awal. Tahukah anda apa lagi yang perlu anda lakukan selama mendukung lama pengobatan TBC tersebut? Simak informasi mengenai proses yang harus anda lalui dalam lama pengobatan TBC berikut ini.

  1. Pemeriksaan Dahak (2 Hari)

Munculnya berbagai gejala TBC baik pada orang dewasa atau gejala TBC pada bayi, kemudian menjadi alasan mengapa harus dilakukan pemeriksaan dahak. Pasalnya penderita penyakit TBC ini bisa dideteksi kondisinya dan tidak disembunyikan dengan melakukan pemeriksaan dahak.  Anda akan diminta mengumpulkan dahak dan diberitahukan prosesnya memakan waktu selama dua hari. Anda juga akan diminta untuk mengambil hasilnya, setelah mengumpulamkan hasilnya selama 2 hari juga. Hasil dari pemeriksaan ini yang akan menentukan anda akan melalui pengobatan fase 1 atau tidak.

  1. Pengobatan Fase 1 (6-8 Bulan)masa sisa hidup. 

Kedua, jika anda positif terkena penyakit TBC sesuai hasil pemeriksaan maka selanjutnyanya anda akan diminta untuk mengonsumsi obat-obatan. Obat ini antara lain adalah obat standar dengan dosis yang pasti. Konsumsi obat ini harus anda makan secara rutin, tanpa bolong, selama sekitar 6 bulan. B

ahkan selama dua bulan pertama, anda wajib mengonsumsi obat itu setiap hari. Jika anda lengah dan sekali saja tidak mengonsumsi obat di fase 1 tersebut, maka anda harus mengular dari nol kembali pengobatan fase 1 anda.

Sponsors Link

  1. Pengobatan Fase 2 (4 Bulan)

Selanjutnya, jika anda berhasil dengan sukses melewati pengobatan fase 1 maka ada baiknya anda melakukan pengobatan fase 2. Masa pengobatan di fase ini adalah sekitar 4 bulan lamanya. Pengobatan fase 2 untuk balita ini akan diminta untuk rujukan minum obat minimal selama 4 bulan. Dalam 4 bulan tersebut, 3 minggu sebelumnya anda harus mengonsumsinya tiap hari untuk mengatasi gejala TBC pada anak yang mungkin menyerang anda.

  1. Melakukan Pemeriksaan (Setiap 2 Tahun)

Terakhir, pastikanlah juga untuk melakukan pemeriksaan. Pastikan bahwa kondisi paru paru anda yang dahulu terkena TBC, tidak lagi mengidapnya. Maka dari itu, sebaiknya anda harus berhati-hati dalam melakukan aktivitas kegiatan sehari-hari selama kira kira lama pengobatan TBC. Setiap 2 tahun kemudian anda dapat menghindari penyakit tersebut.

Demikianlah informasi mengenai lama pengobatan TBC yang dibagi dalam tahapan-tahapan atau proses yang berbeda-beda. Jadi penyakit TBC anda dapat dilalui dengan pengobatan yang lebih baik dan tidak mudah lagi bakteri TBC datang kembali menyerang anda.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan