Sponsors Link

15 Makanan Pencegah Paru-paru Basah Paling Aman Dikonsumsi

Sponsors Link

Apakah Anda mengalami masalah pada paru-paru? Adakah cara mencegah paru-paru basah agar tidak terjadi kembali? Apa saja makanan pencegah paru-paru basah? Definisi Pneumonia yang banyak orang ketahui yaitu istilah yang dipakai bagi penderita paru-paru basah. Paru-paru basah terjadi dikarenakan adanya infeksi virus, bakteri, ataupun jamur yang menyerang paru-paru.

ads

Banyak sekali penyebab paru-paru berisi cairan atau sering disebut dengan paru-paru basah, salahsatunya karena pola hidup yang tidak sehat. Dampak penyakit paru-paru basah sangat berbahaya bagi kesehatan paru-paru Anda. Jika Anda mengalaminya, segera periksakan dan diobati agar tidak semakin parah.

Namun jika sudah sembuh, Anda perlu melakukan pencegahan terhadap penyakit tersebut agar tidak terjangkit kembali. Bagi Anda yang sudah pernah mengalami paru-paru basah, jangan khawatir kalau penyakit paru-paru basahnya itu akan muncul kembali. Anda hanya perlu membiasakan diri untuk mengkonsumsi makanan yang menyehatkan paru-paru, adapun jenis makanan pencegah paru-paru basah yang perlu Anda ketahui, yaitu:

  1. Anggur

Anggur merupakan salahsatu buah yang banyak mengandung antioksidan dan vitamin C yang baik dalam bekerja untuk menghentikan perkembangan virus, bakteri, dan juga jamur yang menyebabkan paru-paru basah. Selain itu, mengkonsumsi angur secara rutin juga mampu melancarkan peredaran darah serta mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah arteri, sehingga mampu mencegah terjadinya gangguan jantung.

  1. Apel

Buah apel tidak hanya sebagai makanan pencegah paru-paru basah saja, melainkan dapat dikonsumsi bagi penderita paru-paru basah. Buah apel memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Tidak hanya baik bagi kesehatan paru-paru saja, melainkan dapat meningkatkan kesehatan organ hati.

  1. Buah Delima

Buah delima disebut juga buah pome. Buah ini merupakan buah yang kaya antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh. Sebaiknya, buah delima dapat dikonsumsi secara langsung dengan cara dijus atau di makan langsung tanpa bahan campuran lainnya.

Mengkonsumsi buah delima secara rutin dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah terjangkitnya berbagai jenis penyakit. Kandungan antioksidan dalam buah delima ini mampu  melawan dan menghentikan perkembangan virus, bakteri, dan jamur penyebab paru-paru basah. Tidak hanya berkhasiat untuk paru-paru basah saja, melainkan buah delima dapat bermanfaat sebagai makanan pencegah TBC.

  1. Buah Berry

Aneka buah berry memang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, khususnya kesehatan paru-paru. Beberapa jenis buah berry diantaranya, yaitu blueberry, raspberry, dan blackberry, memiliki asupan yang bisa membersihkan paru-paru dari berbagai jenis penyakit.

Buah berry memiliki banyak kandungan flavonoid, karotenoid, lutein, dan zeaxanthin yang merupakan zat antioksidan alami untuk menghentikan perkembangan virus, bakteri, dan jamur dalam paru-paru. Selain itu, keempat zat antioksidan alami tersebut mampu membersihkan racun-racun yang ada di dalam paru-paru.

Sponsors Link

  1. Buncis

Buncis merupakan salahsatu jenis sayuran yang kayak akan antioksidan. Selain bermanfaat untuk kesehatan paru-paru, mengkonsumsi buncis secara teratur juga mampu menurunkan resiko terkena gangguan jantung dan kanker.

  1. Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi

Buah memang memiliki kandungan vitamin yang baik bagi kesehatan tubuh. Diantara banyaknya jenis vitamin yang terkandung dalam buah dan sayur, vitamin C sangat diperlukan bagi penderita paru-paru basah. Teruntuk pencegahan terhadap penyakit paru-paru basah, mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitamin C tinggi sangat dianjurkan. Kandungan buah yang banyak mengandung vitamin C diantaranya, yaitu jeruk, kiwi, stroberi, anggur, nanas, mangga, dan sebagainya.

  1. Buah dan Sayur yang Mengandung Karotenoid

Buah yang bagus untuk paru-paru dan sayuran yang baik untuk paru-paru adalah yang mengandung zat karotenoid merupakan asupan yang paling efektif untuk menghentikan perkembangan virus, bakteri, dan jamur, pada paru-paru. Selain itu, manfaat dari zat karotenoid yaitu berguna untuk mencegah gangguan jantung dan juga penyakit kanker.

Beberapa jenis makanan yang mengandung zat karotenoid diantaranya, yaitu wortel, ubi jalar, sayuran berwarna hijau gelap, dan tomat. Beberapa jenis makanan tersebut tidak hanya mengandung zat karotenoid saja, melainkan dapat meningkatkan kesehatan terhadap kesehatan mata Anda.

ads

  1. Makanan yang Mengandung Asam Lemak Omega 3

Makanan yang mengandung asam lemak omega 3 terkenal mampu meningkatkan kesehatan jantung dan menutrisi perkembangan sel-sel otak. Tidak hanya itu, melainkan mengkonsumsi makanan yang megandung asam lemak omega 3 mampu mengatasi penderita paru-paru basah dan penyakit kanker paru-paru.

Beberapa jenis makanan yang mengandung asam lemak omega 3 ini, yaitu diantaranya ikan salmon, ikan tuna, ikan trout, kacang-kacangan, dan biji rami.

  1. Makanan yang Mengandung Asam Folat

Makanan yang mengandung jenis asam folat sangat disarankan bagi penderita paru-paru basah. Selain dapat menyembuhkan paru-paru basah, makanan yang mengandung asam folat mampu mencegah terjangkitnya kembali paru-paru basah.

Beberapa jenis makanan yang mengandung asam folat diantaranya, yaitu bayam, asparagus, jeruk, kacang-kacangan, dan alpukat. Selain itu, asam folat juga mampu mengatasi penderita anemia sebagai penambah darah karena zat tersebut merupakan komponen utama dalam pembentukan sel-sel darah merah dalam tubuh.

  1. Bawang Putih

Bawang putih tidak hanya digunakan sebagai penyedap masakan saja, melainkan berkhasiat untuk kesehatan tubuh dari berbagai jenis penyakit. Bawang putih mengandung zat allicin yang berguna sebagai anti-inflamasi dan bermanfaat untuk melawan infeksi serta mengurangi peradangan pada paru-paru. Zat allicin bermanfaat juga untuk mengatasi penderita asma dan kolesterol tinggi.

Bagi Anda yang ingin mengkonsumsi bawang putih untuk mencegah paru-paru basah, Anda dapat perbanyak kandungan bawang putih pada masakan Anda atau dapat mengkonsumsinya langsung dengan menghaluskan bawang putih tersebut dan dilarutkan ke dalam air hangat untuk diminum secara rutin.

  1. Jahe

Manfaat jahe untuk paru-paru dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh lainnya. Cara mengkonsumsi jahe juga terbilang mudah, yaitu bisa dikonsumsi langsung ataupun olah menjadi minuman dan masakan.

Rasa hangat yang diperoleh dari jahe sangat baik untuk kesehatan paru-paru Anda.  Selain itu, mengkonsumsi jahe juga akan memberikan rasa rileks bagi tubuh sehingga stres dapat ditekan dan peredaran darah menjadi lebih lancar.

  1. Kunyit

Sama seperti jahe, kunyit juga dikenal sebagai tanaman herbal yang bermanfaat baik untuk kesehatan. Manfaat kunyit untuk paru-paru diperoleh dari zat curcumin yang berguna sebagai anti toksin dan  mampu mengatasi infeksi yang ada di dalam paru-paru.

Mengkonsumsi kunyit secara rutin, akan meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Kunyit juga mampu mencegah Anda dari penyakit paru-paru basah. Anda dapat mengkonsumsinya langsung dengan menghaluskan dan menyeduhnya ke dalam air hangat atau bisa juga membubuhinya ke dalam masakan.

  1. Makanan yang Mengandung Magnesium

Magnesium merupakan salahsatu mineral yang paling pentinng untuk mencegahterjadinya gangguan paru-paru. Bahkan magnesium dijadikan sebagai komponen penting dalam proses penyembuhan penyakit paru-paru. Adapun makanan yang mengandung jenis magnesium, diantaranya kacang-kacangan, alpukat, pisang, ikan, oatmeal, kentang, roti gandum, buah-buahan kering, dan sebagainya. Jenis makanan tersebut dapat Anda konsumsi secara teratur untuk mencegah terjangkitnya penyakit paru-paru, khususnya paru-paru basah.

Sponsors Link

  1. Alpukat

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa alpukat baik untuk kesehatan paru-paru karena selain mengandung vitamin, alpukat juga mengandung magnesium yang mampu mengobati paru-paru basah secara tradisional. Selain termasuk jenis makanan yang enak, alpukat juga memiliki banyak khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh, salahsatunya mampu mengatasi peradangan, membuang radikal bebas, mencegah penyakit kanker, dan sebagainya.  Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung maupun dibuat jus sebagai minuman jus yang baik untuk paru-paru yang dikonsumsi rutin setiap harinya.

  1. Tomat

Salahsatu jenis sayuran yang bermanfaat untuk kesehatan paru-paru, yaitu tomat. Seringkali tomat ditemui diberbagai jenis masakan sebagai bahan pelengkap ataupun bumbu masakan. Hal ini dapat Anda lakukan untuk mencegah terjadinya paru-paru basah.

Selain itu, tomat juga bermanfaat untuk mencegah penyakit hipertensi, mencegah dan mengobati kanker, menyehatkan fungsi mata, mencegah timbulnya jerawat, menurunkan berat badan, dan lain sebagainya. Anda juga bisa mengkonsumsi tomat secara langsung dengan dibuat jus sebagai minuman, tanpa bahan campuran apapun.

Itulah 15 makanan pencegah paru-paru basah yang perlu Anda ketahui untuk membantu Anda mengatasi masalah pada gangguan paru-paru. Tidak hanya cukup mengkonsumsi makanan pencegah paru-paru saja, tetapi bagi seseorang yang pernah memiliki riwayat paru-paru basah, sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan ataupun hal-hal yang menjadi pantangan penyakit paru-paru basah. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

, , , ,