Sponsors Link

10 Makanan Penyebab Sesak Nafas yang Sangat Berbahaya

Sponsors Link

Berhati-hatilah jika Anda ataupun anak Anda telah lama mengidap sesak nafas yang tak diketahui penyebabnya. Ada beberapa hal yang menjadi faktor penyebab sesak nafas pada seseorang, salah satunya sesak nafas karena alergi makanan. Anda tak perlu khawatir, pasalnya walaupun beberapa jenis makanan patut dihindari, namun masih ada makanan untuk orang sesak nafas yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi seperti pisang, bayam dan apel. Pada artikel di bawah ini kami akan menyajikan 10 daftar makanan penyebab sesak nafas yang sangat berbahaya untuk dikonsumsi.

ads
  1. Telur

Telur memang makanan yang sangat menyehatkan tubuh, namun tahukah Anda bahwa mengonsumsi telur berlebihan untuk beberapa orang dapat memicu timbulnya sesak nafas. Bagian putih telur yang kaya akan ptoteinlah yang menjadi penyebab utama seseorang mengalami serangan sesak nafas.

  1. Kerang

Kerang merupakan salah satu makanan laut yang sering menyebabkan seseorang terkena alergi. Baik alergi pada kulit maupun alergi pada saluran pernafasannya. Untuk itu jika Anda memilki riwayat penyakit kulit atau sesak nafas, ada baiknya supaya Anda menghindari makanan jenis ini.

  1. Produk olahan susu

Susu merupakan minuman yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh, terutama untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Namun tahukah Anda bahwa produk olahan susu seperti yoghurt atau bahkan susu sendiri ternyata dapat menyebabkan reaksi alergi pada saluran pernafasan Anda. Kandungan protein dalam produk olahan susu yang umumnya menjadi penyebab utama seseorang mengalami kondisi sesak nafas.

  1. Kedelai

Makanan penyebab sesak nafas berikutnya adalah kedelai. Dalam beberapa kasus, ada banyak orang yang mengalami alergi saluran pernafasan yang dikarenakan konsumsi kedelai. Kandungan protein yang tinggi di dalam kedelai adalah unsur utama yang membuat seseorang terkena alergi sesak nafas.

  1. Kacang

Sama halnya dengan kedelai, kacang juga dapat menimbulkan reaksi alergi pada seseorang. Bukan hanya dapat menimbulkan jerawat, konsumsi kacang berlebihan dapat menimbulkan infeksi saluran pernafasan pada seseorang yang memicu timbulnya gejala sesak nafas pada anak dan orang dewasa.

  1. Gandum

Banyak orang mengganti konsumsi nasi menggunakan gandum. Hal ini berkaitan karena gandum dipercaya memiliki manfaat yang lebih ketimbang nasi yang berasal dari beras. Namun apakah Anda tahu bahwa kandungan gluten yang ada di dalam gandum dapat memicu alergi pada orang yang mengonsumsinya khususnya alergi pada saluran pernafasannya.

Sponsors Link

7. Makanan instan

Mengonsumsi makanan instan memang sangat tidak bagus untuk kesehatan tubuh Anda. Bagi sebagian orang yang memiliki riwayat penyakit asma, mengonsumsi beberapa makanan instan yang mengandung pengawet seperti sosium bisulfite, sodium metabisulfite, dan potassium metanilsulfite akan meningkatkan resiko munculnya ciri-ciri orang sesak nafas yang kambuh.

8. Acar

Acar merupakan makanan yang sering ditambahkan ke dalam nasi goreng ataupun soto. Acar sendiri adalah sayuran berupa wortel dan juga mentimun serta bawang merah yang dipotong dadu kecil-kecil yang kemudian ditambahkan cuka, garam dan kecap yang telah melalui tahap fermentasi. Nah karena proses fermentasi inilah acar seringkali mengandung sulfit yang sejatinya sangat berbahaya untuk Anda yang memiliki saluran pernafasan yang sesnsitif. 

Sponsors Link

9. Buah yang tinggi vitamin C

Mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C tinggi sangat baik sekali untuk mempertahankan daya tahan tubuh Anda. Namun, konsumsi vitamin C yang berlebihn dapat memicu timbulnya sesak nafas karena kandungan asam sitrat yang dapat menyumbat saluran pernafasan Anda.

10. Cokelat

Makanan manis yang banyak disukai orang ini ternyata dapat memberikan dampak yang sangat buruk jika dikonsumsi berlebihan. Coklat yang mengandung banyak cream butter yang dicampur dengan telur dan susu seringkali dapat menjadi salah satu penyebab asma kambuh pada seseorang. Untuk jauhilah cokelat jika Anda memiliki riwayat penyakit sesak nafas.

10 Makanan penyebab sesak nafas di atas, tentu tidak dapat memberikan efek yang buruk terhadap tubuh Anda sekaligus. Beberapa orang yang pernah mengalami sesak nafas karena alergi susu atau cokelat, bukan berarti bahwa dirinya juga alergi terhadap telur ataupun kacang. Untuk itulah dibutuhkan kejelasan dari dokter Anda mengenai diagnosa yang tepat.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman