Sponsors Link

12 Makanan Sehat untuk Penderita Bronkitis Wajib Dicoba

Sponsors Link

Makanan sehat untuk penderita bronkitis diketahui adalah berbagai jenis dari bahan makanan yang diketahui memiliki kandungan yang baik untuk membantu pemulihan bronkitis. Penderita bronkitis diketahui adalah penderita gangguan sistem pernafasan akibat dari pembengkakan dan penyempitan di saluran pernafasan bernama bronkus. Keadaan bronkitis ini dapat mencegah anak anak maupun orang dewasa.

ads

Ciri ciri anak terkena bronkitis tidak berbeda jauh dengan ciri ciri pada orang dewasa. Kebanyakan ciri ciri tersebut akan menyebabkan penderitanya menjadi kesulitan dalam bernafas dan beraktivitas. Itulah sebabnya perlu segera dilakukan penanggulangannya.

Anda dapat mengatasi efek bronkitis ini dengan berbagai cara. Termasuk juga dalam memberikan konsumsi makanan sehat untuk penderita bronkitis. Diketahui bahwa memilih makanan yang tepat akan sangat mempengaruhi bagaimana seseorang dapat mengobati penyakitnya. Jadi tidak ada ruginya jika anda juga mempelajari apa saja pilihan makanan yang baik untuk penderita bronkitis konsumsi. Apa saja kira-kira di antaranya? Berikut ini informasi lengkapnya.

Makanan Sehat untuk Penderita Bronkitis

Seperti dijelaskan pada bagian sebelumnya, ada beberapa jenis makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi oleh para penderita bronkitis. Berikut ini penjelasan untuk masing-masing jenis makanan tersebut. Semoga dapat bermanfaat.

  1. Konsumsi Alfalfa

Alfalfa adalah jenis kecambah yang aman untuk dikonsumsi oleh penderita bronkitis. Kandungan dalam  kecambah ini diketahui baik untuk memudahkan sistem pernafasan dan melancarkan aliran oksigen menuju dan dari paru paru. Tentu kandungan alfalfa ini sangat dibutuhkan jika merunut dari definisi bronkitis sendiri, yang adalah penyakit kesulitan bernafas.

  1. Konsumsi Apel

Apel adalah buah yang banyak disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita bronkitis. Pasalnya, buah apel ini memiliki kemampuan untuk mencegah serangan bronkitis kambuh. Seperti kandungan antioksidannya yang dapat menangkal sesak nafas dengan sigap.

  1. Konsumsi Bawang Putih

Bawang putih adalah salah satu bahan masakan yang diketahui memiliki fungsi sebagai antibiotik alami. Khasiatnya sangat baik untuk mengusir virus dan bakteri yang menyebabkan bronkitis pada diri seseorang. Sehingga susah bernafas saat tidur yang banyak diderita pasien bronkitis pun dapat ditangani.

  1. Konsumsi Ikan

Konsumsi ikan dalam jumlah yang banyak diketahui akan meningkatkan asupan omega 3 dalam tubuh. Omega 3 ini dibutuhkan untuk mengatasi masalah bronkitis yang menyebabkan penyempitan saluran pernafasan. Sehingga bernafas menjadi lebih mudah dilakukan.

Sponsors Link

  1. Konsumsi Jahe

Jahe adalah tanaman obat keluarga yang paling baik untuk meredakan batuk akibat bronkitis. Anda cukup mengolahnya dalam masakan atau menjadi minuman hangat pereda batuk anda. Sehingga sering sesak nafas di malam hari lebih mudah dinetralisir dengan jahe.

  1. Konsumsi Jamur

Beberapa jenis jamur yang aman dikonsumsi pun banyak disarankan untuk para penderita bronkitis. Jamur tersebut antara lain adalah maitake, reishi, dan juga shiitake. Kandungan jamur berupa lentian diketahui dapat meningkatkan daya tahan tubuh selama sakit.

  1. Konsumsi Jeruk

Jeruk adalah buah yang paling kaya akan vitamin C. Kandungan vitamin C pada jeruk ini akan memberikan manfaat untuk kesehatan pernafasan anda. Jadi paru paru dapat terjaga dengan baik dan selalu sehat. Oleh sebab itu, konsumsilah jeruk sebagai cara mengatasi sesak nafas akibat batuk yang sering dirasakan oleh penderita bronkitis.

  1. Konsumsi Madu

Madu adalah bahan alami yang memang populer dengan berbagai manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Salah satu manfaatnya tersebut adalah dalam membantu pemulihan bronkitis. Jadi konsumsilah madu untuk bronkitis yang lebih cepat pulih.

  1. Konsumsi Paprika

Paprika sering digunakan sebagai pengganti cabai dalam masakan. Kandungan dalam paprika ini diketahui juga kaya akan vitamin C. Konsumsilah paprika untuk tubuh yang lebih kuat daya tahannya untuk melawan bakteri dan virus penyebab bronkitis.

Sponsors Link

  1. Konsumsi Peppermint

Peppermint adalah jenis permen yang memiliki kandungan menthol. Kandungan menthol ini akan menyegarkan pernafasan anda. Sehingga penderita bronkitis dapat memiliki pernafasan yang lebih lega dan lendir yang lebih encer untuk dibuang.

  1. Konsumsi Susu

Susu adalah bahan alami yang diketahui kaya akan vitamin D. Selain vitamin C, konsumsi vitamin D juga baik untuk diberikan pada penderita bronkitis. Susu dapat membantu penderita bronkitis lebih bugar. Namun pastikan untuk mengonsumsi susu yang rendah lemak saja.

  1. Konsumsi Telur

Telur adalah juga bahan masakan yang diketahui memiliki kandungan vitamin D yang cukup tinggi. Jika anda tidak memiliki susu atau menyukainya, maka anda dapat menggunakan susu sebagai alternatif konsumsi dalam rangka mencukupi kebutuhan vitamin D.

Itulah tadi informasi lengkap mengenai 12 makanan sehat untuk penderita bronkitis. Semoga informasi mengenai kedua belas makanan tersebut dapat bermanfaat untuk para penderita bronkitis dimanapun anda berada. Selamat mencoba dan merasakan manfaatnya.

, , ,
Oleh :