Sponsors Link

6 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Bronkitis

Sponsors Link

Makanan yang harus dihindari penderita bronkitis dikenal juga dengan istilah pantangan makanan yang tidak boleh dikonsumsi lagi oleh orang yang divonis bronkitis. Menderita bronkitis bukanlah suatu hal yang bisa diterima dengan mudah oleh penderitanya. Menerima kenyataan sebagai seseorang dengan penyakit menular pasti akan sangat mengganggu kestabilan mental penderita bronkitis itu sendiri. Tahukah anda apa yang menyebabkannya?

ads

Penderita bronkitis akan mengalami banyak gejala gangguan kesehatan. Ciri ciri anak terkena bronkitis ataupun orang dewasa terkena bronkitis tidak berbeda jauh. Gangguan ini menyebabkan ada banyak hal yang kemudian membatasi penderita bronkitis untuk tetap bahagia. Belum lagi ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari penderita bronkitis.

Biasanya akibat dari beberapa jenis makanan yang dihindari, penderita bronkitis kemudian memerlukan makanan sehat untuk penderita bronkitis aman konsumsi. Sayangnya, informasi mengenai apa saja makanan yang harus dihindari ini masih kurang tersampaikan secara umum. Oleh sebab itulah, pada kesempatan berikut ini akan disebutkan beberapa makanan pantangan untuk penderita bronkitis yang sebaiknya diikuti.

Makanan yang Harus Dihindari Penderita Bronkitis Sekarang Juga

Tidak banyak yang mengetahui bahwa mengatur pola makan adalah salah satu cara terbaik agar para penderita bronkitis dapat segera pulih. Oleh sebab itu, selain makanan untuk penderita bronkitis yang bergizi yang dibutuhkan, juga perlu diketahui bahwa 6 makanan di bawah ini sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita bronkitis. Apa saja diantaranya?

  1. Makanan Berlemak Tinggi

Penderita bronkitis sangat dilarang mengonsumsi makanan yang berlemak tinggi. Pasalnya kandungan lemak yang tinggi ini mungkin saja memperparah kondisi saluran pernafasan dengan menghambat udara masuk bahkan menyebabkan susah bernafas saat tidur. Beberapa jenis makanan berlemak tinggi yang wajib dihindari adalah susu, keju, dan daging dagingan.

  1. Makanan Sejenis Gorengan

Selanjutnya, gorengan atau makanan jenis lain yang kandungan minyaknya terlalu tinggi pun tidak baik dikonsumsi oleh penderita bronkitis. Hal ini dikarenakan sama seperti makanan berlemak, kandungan minyak tinggi pun tidak baik untuk saluran pernafasan di paru paru. Jadi hindarilah konsumsi gorengan, opor, dan makanan bersantan lainnya.

  1. Makanan yang Asin

Ada lagi jenis makanan yang harus dihindari penderita bronkitis, yaitu makanan yang asin. Kandungan dalam makanan yang asin diketahui sangat tinggi zat karsinogennya. Jenis zat ini tidak baik untuk paru paru yang masih dalam proses penyembuhan dan malah menyebabkan komplikasi bronkitis.

  1. Makanan yang Manis

Makanan yang manis dan memiliki kandungan gula yang tinggi juga diketahui dapat memperparah kondisi paru paru yang tidak sehat. Anda diharapkan menghindari beberapa jenis kue manis, gula pasir, gula merah, dan banyak lagi yang dapat menghambat proses penyembuhan bronkitis anda.

Sponsors Link

  1. Minuman Beralkohol

Selain makanan, ada juga minuman yang sebaiknya anda hindari konsumsinya. Alkohol pada minuman keras misalnya diketahui dapat membahayakan paru paru anda. Kandungan dalam alkohol ini diketahui sangat tidak baik karena dapat meracuni kesehatan paru anda.

  1. Minuman Berkafein

Walau terkesan umum, ternyata konsumsi minuman berkafein seperti kopi dan the sudah perlu dikurangi dari sekarang. Pasalnya, kandungan kafein sangatlah tidak baik untuk pernafasan seseorang. Jadi seseorang yang ketergantungan kafein diketahui lebih mudah mengalami sesak nafas tiba tiba sebagai pasien bronktitis.

Itulah tadi beberapa jenis makanan yang harus dihindari penderita bronkitis mulai dari sekarang. Jika anda tidak mulai memperhatikan makanan anda mulai dari sekarang, maka jangan menyesal jika kemudian penyakit bronkitis anda akan semakin parah. Bahkan mungkin saja akan terjadi komplikasi bronkitis dengan akibat yang sangat parah yaitu kematian. Jadi pastikan untuk menjaga pola makan anda dari sekarang. Selain itu, konsumsilah obat obatan anda dengan rutin dan selalu periksakan kesehatan anda dengan kontrol ke dokter.

, , ,
Oleh :