Sponsors Link

10 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Paru Paru Basah Wajib Dilakukan

Sponsors Link

Makanan yang harus dihindari penderita paru paru basah adalah pantangan jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi untuk pemulihan yang lebih baik. Paru paru basah adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi dan membuat paru paru anda meradang. Peradangan pada paru paru ini kemudian membuat anda tidak bisa bernafas lagi dengan normal, karena adanya penumpukan cairan bahkan nanah di dalam paru paru anda.

ads

Penyebab terjadinya paru paru basah adalah infeksi yang bisa menyebabkan paru paru penuh cairan atau nanah ini adalah infeksi oleh virus, bakteri, bahkan jamur. Seuanya harus anda segera atasi agar paru paru anda bisa berfungsi normal kembali.

Setelah melalui pengobatan paru paru basah, anda harus juga bisa menaati segala pantangan penyakitnya. Pantangan dalam pemulihan penyakit paru paru basah ada banyak jenisnya, termasuk pantangan dalam hal makanan.

Beberapa makanan sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita paru paru basah atau pneumonia ini, agar pengobatan bisa lebih cepat dilakukan. Anda ingin tahu apa saja makanan yang harus dihindari penderita paru paru basah ini? Simak penjelasan lengkapnya pada bagian berikut ini.

Ternyata kondisi paru paru basah bisa semakin parah jika konsumsi makanan tidak anda atur dengan benar. Ada banyak jenis makanan yang harus anda hindari untuk mendukung pemulihan penyakit paru paru basah ini. Setidaknya ada 10 jenis makanan yang harus dihindari tersebut. Simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui apa saja jenis makanan yang terbaik untuk anda. Semoga bisa semakin bermanfaat!

  1. Acar

Makanan pertama yang harus dihindari oleh penderita paru paru basah adalah acar. Alasannya adalah karena acar merupakan makanan yang diolah dengan melibatkan banyak sekali bahan bernutrisi tinggi. Hasilnya acar memiliki nutrisi yang berlebih dan cenderung asam dan tidak baik untuk infeksi di paru paru anda.

  1. Alkohol

Kali ini pantangannya bukanlah makanan tetapi minuman, minuman berupa alkohol tidak baik untuk penderita paru paru basah. Kandungan dari alkohol juga bersihat asam dan bagi infeksi di paru paru anda bisa menjadi racun yang menghambat kerjanya. Jadi hentikan konsumsi alkohol anda mulai sejak anda mengetahui menderita penyakit ini.

  1. Daging Kambing

Jenis daging yang tidak baik untuk penderita paru paru basah adalah daging kambing. Daging kambing ini memang memiliki rasa yang leat. Namun bisa menyebabkan gejala paru paru basah semakin intens terjadi pada penderita paru paru basah. Jadi pastikan untuk menghentikan konsumsinya selama anda dalam masa pemulihan.

  1. Gandum

Konsumsi gandum untuk menunjang kebutuhan nutrisi dan vitamin tubuh memang baik untuk anda yang tidak mengalami masalah pada paru paru. Namun untuk anda penderita paru paru basah, sebaiknya hindari konsumsi gandum ini. Gandung bisa menyebabkan alergi pada paru paru anda dan menyebabkan kerjanya terganggu.

Sponsors Link

  1. Garam Berlebih

Selama anda masih dalam proses penyembuhan paru paru basah, anda sebaiknya menghindari konsumsi garam berlebih. Garam memang dibutuhkan oleh tubuh, namun jika terlalu berlebihan, penyembuhan anda bisa terhambat karenanya. Konsumsi garam ini akan menghambat oksigen ke paru paru dan akhirnya kondisi penyembuhan penyakit anda bisa menjadi lebih parah.

  1. Gula Berlebih

Perhatikan juga konsumsi gula dalam tubuh anda selama menderita paru paru basah. Anda sebaiknya tidak mengonsumsi gula terlalu banyak selama konsumsinya. Gula yang terlalu berlebih akan mengganggu penyebaran oksigen di pembuluh darah menuju ke paru paru. Jadi hindari makanan manis dan mengandung gula terlalu berlebihan.

  1. Ikan Asin

Hindari juga mengonsumsi makanan seperti ikan asin. Ikan asin adalah makanan yang sangat kaya nutrisi. Namun untuk penderita paru paru basah sangat tidak dianjurkan. Ikan asin akan menghambat proses pemulihan anda dan membuat paru paru anda semakin meradang atau terjadi komplikasi pneumonia. Jadi hindari dulu konsumsi ikan asin ini.

  1. Kafein

Kafein adalah kandungan makanan yang paling banyak digunakan dalam campuran minuman, seperti kopi dan teh. Kafein ini tidak baik untuk paru paru yang sedang menderita radang. Jika terus mengonsumsi kafein, paru paru anda akan semakin sesak dan sulit untuk pulih dari radang yang diderita.

Sponsors Link

  1. Soda

Kandungan soda dalam makanan atau minuman, sebaiknya juga tidak dikonsumsi oleh penderita paru paru basah. Soda memiliki kandungan yang akan menyebabkan radang di paru paru anda semakin parah. Hindari konsumsi makanan dan minuman bersoda, hingga kesehatan paru paru anda kembali normal.

  1. Terasi

Terakhir, hindari juga konsumsi terasi dalam makanan anda. Terasi adalah makanan yang diolah dari udang kering. Anda bisa mengonsumsi terasi ini, asalkan anda tidak sedang bermasalah dan paru paru. Karena terasi mengandung vitamin B yang sangat tinggi dan menyebabkan peradangan paru paru semakin parah.

Jadi itulah tadi penjelasan lengkap mengenai apa saja makanan yang harus dihindari penderita paru paru basah. Jika penderita paru paru basah bisa menaati pantangan penyakit paru paru basah berupa makanan di atas, maka akan lebih cepat pemulihan untuk dilalui.

Penderita paru paru basah pun bisa kembali pulih dengan baik dan menjadi berfungsi normal kembali. Paru paru yang terinfeksi memang membuat fungsinya menjadi tidak 100% lagi. Terlebih lagi jika anda tetap mengonsumsi berbagai makanan yang tidak sehat untuk paru paru anda. Oleh sebab itu, pastikan untuk menaati pantangan makanan dan jaga kesehatan paru paru anda!

, , , ,
Oleh :