Sponsors Link

8 Manfaat Kunyit Untuk Paru-paru Beserta Cara Pengolahannya

Sponsors Link

Tahukah Anda seberapa pentingkah  paru-paru untuk kehidupan? Bagaimana jika kesehatan paru-paru terganggu? Dapatkah kunyit digunakan untuk mengatasi gangguan paru-paru? Apa manfaat kunyit untuk kesehatan paru-paru? Pernahkah Anda mengkonsumsi kunyit sebagai alternatif pengobatan? Apa yang Anda rasakan setelah mengkonsumsi kunyit?

ads

Paru-paru merupakan salahsatu organ tubuh terpenting yang dijadikan sebagai alat vital untuk bernapas. Melalui paru-paru yang sehat, Anda bisa bernapas dengan menghirup udara segar sehingga dapat melakukan aktivitas dengan baik. Namun, apa yang akan terjadi jika paru-paru Anda terganggu? Tentunya Anda akan merasakan susah bernapas, khususnya susah bernapas saat  tidur yang dapat membahayakan kehidupan Anda.

Lalu adakah solusinya untuk mencegah penyakit yang datang menyerang paru-paru? Atau bahkan adakah obatnya untuk mengobati paru-paru tidak sehat? Adakah obat yang aman untuk menyembuhkan penyakit paru-paru? Ada, salahsatunya dengan menggunakan kunyit yang memiliki banyak manfaat untuk paru-paru. Lalu, apa manfaat kunyit untuk paru-paru?

Kunyit (Curcuma longa) merupakan salahsatu jenis tanaman yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Kunyit dapat dijadikan sebagai bumbu masakan dan obat tradisional yang seringkali dikonsumsi dan banyak ditemui di berbagai pekarangan rumah.

Kunyit dikenal dengan kandungan senyawa kurkuminnya yang berguna sebagai penyembuh alami paling kuat. Banyak sekali manfaat yang diperoleh dari kunyit untuk kesehatan paru-paru. Berikut pemaparan mengenai beberapa manfaat kunyit untuk paru-paru:

  1. Mengatasi penyempitan saluran pernapasan

Mengatasi penyempitan saluran pernapasan pada pasien yang memiliki gejala penyakit asma. Seseorang yang menderita asma (bukan asma turunan) biasanya terjadi karena adanya peradangan pada rongga saluran pernapasan, sehingga membuat jalur keluar-masuknya oksigen menyempit dan menyebabkan kurangnya oksigen yang masuk ke dalam paru-paru. Melalui kunyit, tanaman ini mampu meredakan atau bahkan mengurangi peradangan tersebut. Selain asma, anti inflamasi dan anti purulen dalam kunyit juga mampu mengatasi masalah bronkitis.

  1. Kandungan kurkumin yang berguna untuk kesehatan fungsi hati 

Kunyit memiliki kandungan kurkumin yang berguna untuk kesehatan fungsi hati dan dapat merangsang sistem limfatik untuk mendetoksinkan racun dalam tubuh. Udara yang masuk menuju paru-paru tidak dapat dipastikan selalu bersih dan terhindar dari zat-zat kotor bahkan berbahaya apabila sudah masuk ke dalam tubuh, sehingga perlunya detoksinisasi pada tubuh agar terhindar dari racun yang masuk melalui udara. Pada paru-paru yang terkontaminasi oleh udara beracun (mengandung zat kimia atau polusi udara) yang masuk ke tubuh, dapat diatasi oleh kandungan kurkumin yang terdapat dalam kunyit.

  1. Kandungan kurkumin dalam kunyit juga berkhasiat untuk pengobatan kanker paru

Kurkumin merupakan produk senyawa metabolisme sekunder dari tanaman yang terdapat pada tanaman kunyit dan temulawak sebagai ramuan tradisional. Tanaman yang mengandung kurkumin ini termasuk tanaman asli Indonesia, sehingga para ahli dari negara lain memusatkan perhatiannya terhadap tanaman tersebut sebagai bahan literatur penelitian yang diakui oleh dunia.

Sponsors Link

  1. Kunyit dapat mengurangi bakteri mycobacterium tubercolosis pada gejala TBC

Berdasaran penelitian yang dilakukan di Universitas Colorado, kunyit dapat mengurangi bakteri mycobacterium tubercolosis pada gejala TBC. Penyakit TBC merupakan salahsatu jenis penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi bakteri di dalam tubuh dengan ditandai batuk berdarah sebagai gejalanya. Cara penularan TBC biasanya melalui udara dan kontak mulut.

Penemuan yang dilakukan oleh Dr. Xiuan Bai dan timnya dalam penelitian mengenai pengobatan kunyit terhadap penyakit TBC ini menemukan suatu khasiat pada kurkumin yang terkandung di dalam kunyit yang mampu mengobati TBC. Kurkuumin mampu meningkatkan kemampuan mikrofag untuk membunuh dan menghilangkan bakteri tuberculosis.

  1. Dapat juga mengobati batuk serta meminimalisir dahak

Khasiat lain pada anti puluren dan anti inflamasi di dalam kunyit tidak hanya mampu mengatasi bronkitis (infeksi pada bronkus) tetapi dapat juga mengobati batuk serta meminimalisir dahak. Nutrisi yang terkandung dalam kunyit, seperti vitamin C, minyak atsiri, protein, kalsium, zat besi, kurkumin, anti puluren, anti inflamasi, dan lain-lain, memiliki banyak manfaat salahsatunya untuk mengatasi bronkitis dan batuk serta dapat meminimalisir dahak.

Namun, untuk mengatasi bronkitis, ramuan yang diolah menjadi obat tradisional tidak hanya kunyit saja, melainkan dicampur dengan beberapa ramuan herbal lainnya agar khasiatnya dapat maksimal menuntaskan bronkitis. Campuran tersebut terdiri dari kunyit, daun patikan kerbau, gula batu dan air, atau bisa menggunakan jenis campuran lainnya yang sama berkhasiat.

Sedangkan khasiat kunyit untuk mengobati batuk dan mengatasi dahak pada batuk, dimiliki pada antiseptik yang terdapat dalam kunyit tersebut sehingga membantu mengurangi dahak dengan membunuh bakteri penyebab lendir yang berlebihan.

  1. Kandungan zat senyawa dalam kunyit mampu membersihkan darah

Khususnya pada perokok aktif maupun pasif yang memiliki sirkulasi darah tidak lancar serta zat racun yang terbawa oleh darah menuju paru-paru. Kunyit memiliki fungsi detoksifikasi yang berguna untuk menetralisir racun atau zat berbahaya dalam tubuh. Darah dalam tubuh tidak selamanya bersih, karena bisa saja beberapa zat berbahaya masuk ke dalam tubuh bersamaan dengan makanan dan udara yang masuk melalui darah. Terutama pada perokok aktif yang tentunya banyak racun yang masuk melalui udara ke dalam paru-paru. Oleh karena itu, kunyit dapat menjadi alternatif membersihkan udara di dalam darah yang masuk ke tubuh. 

ads

  1. Kandungan kurkumin dalam kunyit membantu mengikat radikal bebas

Polifenol merupakan senyawa fitokimia yang secara alami terdapat pada tanaman. Senyawa ini yang memberikan warna pada tanaman. Selain itu, polifenol berfungsi melindungi sel-sel tubuh yang rusak akibat radikal bebas sehingga berperan sebagai antioksidan dalam tubuh.

  1. Mengandung polifenol yang berfungsi mengatur peningkatan ekspresi gen yang diinginkan. 

Ekspresi gen merupakan rangkaian proses penerjemah genetik dalam bentuk ukuran basa pada DNA atau RNA menjadi protein. Peningkatan ekspresi gen dalam paru-paru diatur menggunakan polifenol yang terdapat dalam kunyit. Dalam Pengendalian ekspresi gen hal ini menjadi aspek penting bagi kehidupan manusia karena apabila tidak ada sistem pengendalian, maka sel akan kehilangan banyak energi yang dapat merugikan kesehatan tubuh manusia.

Berdasarkan manfaat kunyit untuk paru-paru yang sudah dipaparkan tersebut, berikut beberapa daftar penyakit pernapasan serta gangguan pada paru-paru yang dapat diatasi dengan mengkonsumsi kunyit selain yang sudah dijelaskan di atas, yaitu:

Kunyit dapat dikonsumsi langsung atau bahkan diolah untuk dijadikan obat atau jamu herbal yang seringkali dilihat di berbagai toko obat tradisional. Banyak kalangan orang yang ingin lebih praktis namun aman dalam melakukan pengobatan.

Di era moderenisasi ini, sudah banyak pabrik-pabrik pembuatan obat herbal olahan yang mengandung ekstrak kunyit yang dikemas dalam bentuk kapsul bubuk bahkan sirup kemudian dijual di berbagai apotik atau toko obat lainnya. Namun, Anda tidak usah khawatir jika tidak ingin mengeluarkan dana atau bahkan ingin menghemat pengeluaran dalam melakukan pengobatan menggunakan kunyit. Anda dapat meraciknya sendiri di rumah.

Berikut cara meracik kunyit agar dapat dikonsumsi di rumah, yaitu sebagai berikut:

  1. Sediakan segenggam kunyit (terdiri dari 5-8 batang kunyit atau secukupnya), lalu kupas dan bersihkan;
  2. Haluskan kunyit dengan cara diparut kemudian diblender hingga lembut;
  3. Rebus air (2-3 gelas atau secukupnya) hingga mendidih;
  4. Kunyit yang telah dihaluskan tersebut dimasukan ke dalam panci yang berisikan air mendidih (didihkan kembali campuran air dan kunyit tersebut hingga 2-3 kali);
  5. Tambahkan sedikit garam (satu ujung sendok teh) ke dalam rebusan air kunyit tersebut;
  6. Aduklah hingga merata, kemudian saring ke dalam wadah (agar terpisahkan air kunyit dengan ampasnya);
  7. Peras hingga benar-benar sari kunyitnya tersaring menyeluruh;
  8. Buang ampas perasan kunyit kemudian masukan air kunyit tersebut ke dalam gelas;
  9. Berikan perasan jeruk nipis atau madu ke dalam air kunyit tersebut agar menambah cita rasa dan khasiat yang terkandung di dalamnya;
  10. Minumlah dengan teratur (satu kali dalam sehari selama dua minggu secara rutin).

Namun perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi kunyit agar tidak berlebihan dan aman serta tidak menimbulkan efek samping berupa mual atau gangguan pencernaan lainnya. Apabila Anda termasuk seseorang yang memiliki alergi bahkan riwayat penyakit lainnya, mengkonsumsi air kunyit tidak boleh sembarangan dan harus melalui saran dan anjuran dokter agar aman.

Terlebih bagi wanita yang sedang hamil atau menyusui, mengkonsumsi kunyit sangatlah tidak dianjurkan karena dapat menimbulkan kontraksi. Selain itu, beberapa orang dengan gejala penyakit gastrointestinal refluk, masalah kandung empedu, diabetes atau orang yang akan menjalankan operasi sangat tidak diperbolehkan mengkonsumsi kunyit (sebaiknya dengan petunjuk dokter). Berikut penjelasan mengenai kandungan kunyit yang memiliki banyak manfaat, khususnya bagi paru-paru. Semoga dapat bermanfaat. Terimakasih.

, , , ,