8 Macam Obat Tradisional Bronkitis yang Mudah Ditemukan

Seperti yang telah kita ketahui bahwa fungsi paru – paru adalah sebagai alat sistem pernafasan, oleh karena itu jika kalian mengalami ciri – ciri paru – paru tidak sehat maka itu artinya ada kerusakan bagian bagian paru – paru kalian yang nantinya jika dibiarkan akan bertambah parah dan mengganggu proses pernafasan. Bahkan tak jarang kasus kerusakan paru – paru berujung pada kematian.

Jika kalian telah merasakan gejala – gejala kelainan pada paru – paru kalian, langkah terbaik adalah dengan memeriksakan diri ke dokter. Selain itu kalian juga bisa mencari tahu informasi seputar bagaimana cara mengobati paru – paru yang rusak. Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan guna menyembuhkan kalainan pada paru – paru kalian seperti penyakit bronchitis, asma ataupun emfisema. Namun kali ini, kami akan memberikan beberapa jenis obat tradisional bronkitis yang sangat mudah sekali dilakukan

1. Air putih

Minum air putih dapat mengembalikan keadaan tubuh yang lemah. Selain itu dengan minum air putih asupan cairan ke dalam tubuh pasien juga tidak akan terganggu sehingga pasien akan tetap memiliki daya tahan tubuh yang cukup kuat untuk melawan bakteri dan virus bronkitis.

1. Bawang putih

Bawang putih jika dicampurkan dengan bahan masakan lainnya memang akan menghasilkan aroma dan rasa yang lezat. Namun banyak orang yang tak suka dengan bau dari bawang putih saat masih mentan atau belum diolah. Padahal bawang putih bisa dijadikan bahan – bahan alami untuk menyembuhkan bronkitis. Kandungan antiinflamasinya mampu meredakan gejala penyakit bronkitis akut.

1. Biji wijen

Biji – bijian yang sekilas mirip dengan biji cabai ini ternyata dapat juga dipakai sebagai obat tradisional bronkitis. Dengan mengkonsumsi biji wijen sesering mungkin dapat mengurangi gejala – gejala peradangan seperti rasa sesak pada dada. Kalian bisa mengkonsumsi biji wijen yang dicampurkan dengan teh atau biji wijen yang dicampurkan dengan air dan campuran madu. Yang terpenting kalian harus disiplin mengonsumsinya.

1. Madu

Siapa sih yang masih meragukan khasiat madu?. Cairan yang dihasilkan oleh lebah ini dipercaya mampu mengurangi bahkan mengobati berbagai macam gejala penyakit apapun. Kandungan antiinflamasi yang ada dalam madu dapat mengurangi tingkat keparahan penyakit bronkitis kalian. Selain itu juga jika kalian mengkonsumsi madu secara teratur dapat mengembalikan daya tahan tubuh kalian sehingga bisa melawan bakteri dan virus bronkitis yang ada di paru – paru kalian.

1. Air garam

Garam yang sering kalian gunakan sebagai bumbu masak ternyata juga dapat digunakan sebagai salah satu obat tradisional bronkitis. Dengan berkumur menggunakan air garam sebanyak 3 kali sehari dapat memberikan keuntungan bagi paru – paru kalian. Lendir yang tadinya susah dikeluarkan akan menjadi lebih mudah dikeluarkan dan juga produksinya jadi tidak terlalu banyak.

1. Kunyit

Tanaman herbal selanjutnya yang bisa digunakan sebagai obat tradisional bronkitis yaitu kunyit. Dengan minum rutin sehari 2 sampai 3 gelas ternyata mampu meredakan gejala batum pada penderita bronkitis. Selain itu dengan minum atau mengkonsumsi olahan kunyit juga dapat mengurangi lendir yang terdapat di saluran pernafasan. Tapi ingat, obat ini sangat tidak dianjurkan dikonsumsi oleh penderita maag ataupun batu empedu.

1. Nanas

Tahukah kalian bahwa di dalam buah nanas terdapat senyawa bromelian yang ternyata dapat mengurangi tingkat peradangan yang terjadi di dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi buah nanas sesering mungkin, gejala batuk berdahak dan peradangan yang terjadi dalam paru – paru kalian lambat laun akan berkurang.

1. Minyak eukaliptus

Minyak eukaliptus atau minyak kayu putih memang pilihan yang tepat saat saluran pernafasan sedang mengalami masalah. Kalian juga bisa menggunakan minyak eukaliptus sebagai metode penyembuhan penyakit bronkitis. Cara mudah saja, kalian hanya perlu mengusapkan di dadamu atau dengan cara mencampurkan beberapa tetes minyak eukaliptus ke dalam air panas yang kemudian kalian hirup uapnya. Dengan cara tersebutlah lendir yang bersarang di saluran pernafasan akan lebih encer teksturnya sehingga lebih mudah dikeluarkan.

Namun sebelum semua itu terjadi, ada baiknya supaya kalian menjaga kesehatan paru – paru dengan banyak mengkonsumsi buah yang bagus untuk paru – paru, makanan yang menyehatkan paru – paru. Selain itu hal yang paling penting saat kalian terserang bronchitis yaitu dengan menghentikan kebiasaan merokok dan mulai mempraktekan cara meningkatkan kapasitas paru – paru.

, , , ,
Kategori : Pengobatan