Sponsors Link

10 Obat Tradisional Pneumonia Paling Efektif

Sponsors Link

Pneumonia adalah penyakit akibat munculnya peradangan kantung udara di ujung paru paru. Penyakit ini juga disebut dengan istilah paru paru basah. Penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri ini tergolong berbahaya. Bahkan, jika peradangannya pecah, komplikasi penyakit bisa menyerang anda.

ads

Maka dari itu, tindakan pengobatan pneumonia harus segera dilakukan. Tentunya dengan tehnik pengobatan yang baik dan tepat tanpa resiko sedot cairan di paru-paru. Obat kimia merupakan obat pneumonia yang tidak dianjurkan. Memang obat ini manjur tetapi efek sampingnya terkadang lebih berbahaya dibandingkan penyakit yang anda derita.

Nah, obat yang lebih layak untuk pneumonia dibandingkan obat kimia adalah obat tradisional atau obat herbal. Karena obat herbal memiliki manfaat bagus untuk memperbaiki saluran pernafasan tanpa gangguan gangguan hambatan penyakit lainnya.

Terdapat beberapa obat tradisional pneumonia yang bisa digunakan untuk menyembuhkan atau mencegahnya, yaitu :

  1. Berkumur dengan Air Garam

Air garam mengandung yodium yang berfungsi sebagai antibakteri. Jika zat ini masuk ke dalam tubuh, bakteri penyebab pneumonia bisa diatasi dengan segera. Bahkan dengan yodium bakteri tersebut tidak berani untuk menyerang kembali.

Selain itu, air garam juga mengandung fenol yang bekerja sebagai anti inflamasi pencegah bahaya pasca sedot cairan di paru. Sehingga berbagai macam peradangan bisa diatasi dengan cepat.

  1. Minum Teh Peppermint

Teh peppermint mengandung zat khusus yang bekerja sebagai dekongestan, antiinflamasi dan antibiotik. Dengan zat ini, pernafasan anda menjadi lega dan lapang serta gejala batuk akibat pneumonia menjadi lebih ringan. Bukan itu saja, dengan minum teh peppermint, rasa sakit akibat pneumonia perlahan lahan akan hilang.

  1. Biji Fenugreek

Fenugreek adalah tanaman sejenis cengkeh yang bermanfaat bagi kesehatan. Biji tanaman ini bisa menyembuhkan pneumonia ringan tanpa efek samping. Biji fenugreek adalah makanan pencegah tbc yang mengandung senyawa vitamin kompleks dan asam amino yang membantu meningkatkan metabolisme pernafasan.

Selain itu, zat tersebut juga meningkatkan kerja anti-oksidan ketika melakukan detoksifikasi, sterilisasi hingga revitalisasi sel dan organ.

  1. Mengkonsumsi Kafein

Kafein ternyata juga bisa digunakan untuk mengatasi sesak napas, mencegah legionnaires akibat pneumonia. Kafein yang terdapat pada kopi mengandung zat teofilin yang menurut medis ternyata bisa dijadikan sarana untuk melebarkan saluran pernafasan anda. Sehingga nafas anda menjadi lebih luas dan lapang.

Dahsyatnya lagi, senyawa ini ternyata mampu melakukan perbaikan saluran pernafasan selama kurang lebih 4 jam. Nah, silahkan konsumsi kopi berkafein untuk mengatasi pneumonia tetapi jangan berlebihan. Karena yang berlebihan biasanya membawa pada kejelekan dan kerusakan termasuk kerusakan tubuh.

  1. Teh Kunyit

Teh kunyit merupakan terapi legionnaires yang berupa ramuan herbal atau obat tradisional yang bagus untuk mengobati pneumonia. Di dalam teh jenis ini, terdapat aneka macam senyawa yang berfungsi baik untuk badan seperti ribovlafin, flavonoid, asam amino, zat besi dan fenol.

Kumpulan senyawa diatas bekerja sebagai antioksidan, antibakteri, antibiotik dan anti-inflamasi bagi tubuh. Zat senyawa yang dikandung teh kunyit bisa mengobati peradangan, infeksi bakteri serta menghilangkan berbagai rasa nyeri dan sakit.  Termasuk peradangan akibat pneumonia atau paru paru basah.

  1. Ramuan Jahe

Jahe adalah tanaman spesies umbi-umbian yang memiliki rasa pedas. Tanaman yang biasa dijadikan pencita-rasa masakan ini, ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya meredakan gejala paru paru basah, menyembuhkan sesak napas akibat gejala pneumonia ringan.

Sponsors Link

Jahe mengandung senyawa zingiberol, minyak atsiri, flavonoid dan betakaroten yang bekerja sebagai antioksidan, pro sirkulan, anti bakteri dan detoksifikasi. Dengan mengkonsumsi jahe, penyakit sesak napas akibat pneumonia bisa diatasi. Bahkan pneumonia sendiri bisa disembuhkan dengan cepat.

  1. Kompres Air Hangat

Jika pneumonia muncul disertai gejala demam, maka turunkanlah demam tersebut dengan cara melakukan kompres wajah yang dikolaborasikan dengan cara menghilangkan asap rokok di paru-paru dengan cepat. Ambil secarik kain lalu celupkan pada air hangat. Setelah itu letakkan pada dahi Anda. Tunggu beberapa saat kemudian, demam akan turun dan Anda bisa melakukan tindakan pengobatan pneumonia dengan lebih tenang.

  1. Daun Kompri

Obat herbal pneumonia yang tidak boleh dilupakan adalah daun kompri atau komfree. Daun ini memiliki zat yang sangat banyak sekaligus berkhasiat. Seperti minyak atsiri, tanin, saponin, allatonin dan vitamin kompleks.

Sehingga tanaman ini memiliki kemampuan untuk mengatasi bakteri penyebab radang, memunculkan ciri paru-paru normal, membersihkan paru paru dari kerusakan, melancarkan pernafasan serta menjaga metabolisme tetap lancar.

  1. Daun Kemangi

Daun kemangi memiliki kandungan senyawa yang bekerja sebagai anti-mikroba atau anti kuman. Jika senyawa ini ada di dalam darah anda, maka segala jenis infeksi bakteri bisa dicegah. Termasuk infeksi bakteri yang hendak menyerang kantung udara di ujung paru paru. Itu artinya dengan mengkonsumsi daun kemangi secara teratur, anda akan terbebas dari pneumonia.

  1. Madu

Madu merupakan herbal tradisional pneumonia yang layak untuk dicoba. Obat ini memang tradisional dan herbal tetapi khasiatnya tidak kalah dengan khasiat obat kimia.

Madu bisa bekerja sebagai jus yang baik untuk paru-paru dengan fungsi detoksifikasi dan antibakteri. Sehingga dengan madu, segala jenis senyawa pembentuk bakteri seperti nikotin, putin dan lain lain bisa dimusnahkan. Dengan madu pula semua jenis bakteri akan dibunuh secara pasif sehingga paru paru anda menjadi lebih aman.

Itulah obat tradisional pneumonia yang dapat Anda coba racik dirumah. Dan ada pula obat herbal paru-paru bocor yang juga berfungsi untuk mengatasi penyakit pneumonia dengan stadium ringan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan