Sponsors Link

9 Pantangan Penderita Paru Paru yang Wajib Dihindari

Sponsors Link

Pantangan penderita paru paru adalah hal hal yang harus dihindari oleh seseorang yang mengalami masalah kesehatan paru paru. Paru paru merupakan salah satu organ vital dalam tubuh manusia yang mendukung proses penyebaran oksigen ke seluruh tubuh. Tanpa adanya paru paru yang berfungsi normal, penyebaran oksigen ke seluruh tubuh akan terhambat.

ads

Banyak masalah kesehatan yang akan dirasakan oleh orang tersebut jika asupan oksigen tidak disampaikan dengan baik. Masalah kesehatan tersebut ada yang sederhana bahkan ada juga yang bisa membahayakan nyawa anda. Jadi memang penting sekali menjaga kesehatan paru paru anda dan menghindarkannya dari berbagai penyakit dengan pengertian penyakit paru paru.

Sayangnya, ada banyak orang yang mulai melakukan kebiasaan buruk yang berakibat fatal bagi paru paru. Berbagai kebiasaan buruk itu kemudian membuat anda harus menderita penyakit paru paru. Anda tentu tidak ingin mengalaminya, tetapi keadaan sudah terjadi dan anda sudah terlanjur menderita berbagai penyakit paru paru yang ada tersebut.

Namun anda pasti tetap memiliki keinginan untuk sembuh bukan? Anda bisa kembali sembuh dan memiliki paru paru yang berfungsi seperti sedia kala. Asalkan anda bisa menghindari pantangan penderita paru paru dengan disiplin.

Kedisiplinan anda dalam menaati pantangan penderita paru paru tersebut yang akan membantu anda untuk pulih dan menunjukkan ciri paru paru normal. Itulah mengapa anda perlu mengetahui apa saja pantangannya untuk dapat selalu waspada.

Jika anda belum mengetahui mengenai pantangan pantangan ini sebelumnya, maka anda bisa menyimak penjelasannya pada bagian berikut ini. Bagian berikut akan menjelaskan pada anda apa saja 9 pantangan penderita paru yang harus anda taati. Semoga informasinya dapat bermanfaat!

  1. Menggunakan Banyak Garam

Pantangan yang pertama perlu diperhatikan adalah dalam penggunaan garam dalam konsumsi anda. Garam adalah bumbu masakan yang pasti selalu digunakan. Tambahan garam memang bisa membuat makanan terasa lebih nikmat. Namun tidak boleh terlalu banyak konsumsinya bagi penderita paru paru. Garam akan membuat kondisi paru paru yang sudah sakit menjadi semakin parah. Contohnya adalah pada penderita asma.

  1. Mengonsumsi Acar

Selanjutnya, ketahui juga bahwa acar juga sebaiknya tidak anda konsumsi sebagai penderita masalah kesehatan paru paru. Acar adalah olahan berbagai bahan yang dicampur untuk menghasilkan kudapan yang segar. Walau memang rasanya nikmati, penderita paru paru khususnya TBC sangat dilarang mengonsumsi makanan ini. Ada sangat tinggi kandungan natrium yang akan membuat kondisi paru paru malah semakin akut.

  1. Mengonsumsi Daging Kambing

Anda juga disarankan untuk menghindari konsumsi daging kambing. Daging kambing masuk dalam pantangan penderita paru paru karena kandungan lemak dan kolesterolnya yang sangat tinggi. Kandungan tersebut membuat konsumsi daging kambing akan mempengaruhi peredaran darah dan bisa memicu sesak nafas tiba tiba juga. Akhirnya terbentuklah zat nitrosamin yang kemudian membuat masalah paru paru menjadi meradang dan kronis kondisinya.

Sponsors Link

  1. Mengonsumsi Ikan Asin Berlebihan

Hindari juga konsumsi dari ikan asin secara berlebihan sebagai pantangan bagi penderita masalah dengan kesehatan paru paru. Ikan asin juga memiliki kandungan zat nitrosamin yang mudah memicu adanya peradangan dalam tubuh anda. Peradangan dalam tubuh ini membuat paru paru menjadi lebih mudah terkena virus dan akhirnya kondisi peradangan paru paru pun semakin meningkat.

  1. Mengonsumsi Makanan Manis

Konsumsi makanan manis menjadi makanan yang juga termasuk dalam pantangan untuk penderita paru paru secara umum. Khususnya bagi penderita penyakit paru paru seperti TBC, makanan manis ini akan membuat kondisi kesehatan malah semakin menurun. Lebih baik anda mengonsumsi makanan pencegah TBC saja daripada makanan bergula ini. Kandungan gula yang terlalu tinggi akan membahayakan penderita paru paru yang belum benar-benar sehat dari penyakitnya.

  1. Mengonsumsi Terasi Merah

Pantangan lain yang perlu anda perhatikan juga adalah konsumsi dari terasi merah. Konsumsi terasi merah ini memiliki kandungan zat yang bersifat memicu peradangan juga, yaitu zat karsinogenik. Kandungan zat tersebut dalam terasi merah ini sangat tinggi. Sehingga bagi penderita paru paru, sangat disarankan untuk menghindari konsumsi makanannya.

  1. Merokok

Selain dalam hal konsumsi makanan, ada beberapa kebiasaan buruk juga yang harus dijadikan pantangan oleh penderita penyakit paru paru. Kebiasaan buruk tersebut adalah merokok. Merokok hanya akan mendatangkan kerugian untuk paru paru anda. Bukannya kondisi anda bisa menjadi lebih baik, merokok akan membuat masalah yang lebih besar seperti komplikasi yang berujung pada kanker paru misalnya.

Sponsors Link

  1. Minum Alkohol

Hentikan juga kebiasaan anda dalam hal meminum minuman beralkohol. Minuman beralkohol ini memiliki kandungan zat nitrosamin juga. Akibatnya penderita paru paru akan mengalami masalah yang lebih besar pada paru parunya. Jika tetap dikonsumsi, pada akhirnya paru paru anda akan rusak dan mengancam keselamatan nyawa anda.

  1. Minum Kafein

Pantangan yang terakhir untuk anda perhatikan adalah dalam hal konsumsi kafein. Kafein adalah kandungan yang banyak ditemukan diberbagai minuman. Ada kopi dan juga teh yang dipastikan mengandung kafein ini. Kafein bagi penderita paru paru khususnya TBC hanya kaan membuat kondisi paru paru anda semakin parah. Jadi hentikan konsumsinya segera.

Demikianlah tadi daftar 9 pantangan penderita paru paru yang sebaiknya anda taati. Disiplin dalam memilih apa yang bisa anda konsumsi dan lakukan dibandingkan dengan yang tidak, akan membantu anda tetap sehat. Anda tidak perlu mengalami masalah kesehatan paru paru yang lebih berat lagi karenanya.

Oleh sebab itu, pastikan untuk selalu menjaga kesehatan anda dan segera atasi masalah dengan paru paru anda dengan menghindari berbagai pantangan yang bisa memicunya kembali. Semoga lekas sembuh dan selamat mencoba melakukan cara mengecek paru paru sehat untuk memastikan kondisi paru paru anda!

, , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Paru