Sponsors Link

Penanganan Pneumothorax Paling Efektif dan Tepat

Sponsors Link

Kolaps paru paru atau dalam hal ini pneumothorax terjadi ketika udara keluar dari paru paru terperangkap di dalam ruang antara dada dan rongga paru paru, dikarenakan adanya lepuh udara dalam paru paru terbuka, dimana terjadi penekanan udara berubah tiba-tiba atau trauma bagian dada atau tulang rusuk, membuat semua atau sebagian paru paru mengalami kolaps hingga membutuhkan bantuan medis serta kesabaran dalam melakukan penanganan pneumothorax.

ads

1. Pergilah ke ruang gawat darurat

Pergi ke dokter atau ruang gawat darurat apabila dada tiba-tiba terasa nyeri atau muncul gejala kolaps paru paru seperti sulit bernafas, dada sesak, mudah lelah, disebabkan oleh beberapa faktor yang paling sering adanya trauma pada tulang rusuk atau dada dimana adanya perubahan tekanan udara serta kondisi medis tertentu seperti asma, TBC.

Saat masuk ruang gawat darurat, dokter akan melakukan berbagai tes guna mendiagnosa adanya kolaps paru dengan memeriksa dada dan mendengarkan stetoskop juga memeriksa tekanan darah dan mencari gejala lain seperti kulit membiru, dapat dilakukan dengan sinar x atau rontgen. Dalam hal ini berapa biaya rontgen paru paru tergantung pada dimana tempat pemeriksaan itu dilakukan dan berdasarkan surat rujukan yang didapatkan oleh si pasien atau penderita.

2. Jalani perawatan

Jenis dan tingkat keparahan kolaps paru paru perlu penanganan sendiri, dimana dokter akan melakukan observasi dan pasien atau penderita diharuskan istirahat di tempat tidur (bed rest), memerlukan waktu kurang lebih antara satu sampai dua minggu di rumah sakit.

Bila kolaps paru paru yang diderita termasuk parah, dimana udara harus dikeluarkan menggunakan jarum, tabung dada, dengan cara rongga dada akan dimasuki jarum dipasang pada tabung suntik guna menyedot udara berlebih dalam paru paru.

Selain itu juga dapat dilakukan operasi relatik invasif dengan sedikit sayatan, dalam hal ini dokter bedah akan mencari pembukaaan dalam paru paru yang menyebabkan kebocoran dan menutupnya, sehingga bahaya paru paru bocor bila tidak segera mendapatkan penanganan lebih lanjut dari dokter.

3. Penyembuhan di rumah

Proses penyembuhannya dalam menjalani perawatan di rumah sakit dianjurkan menunggu sampai tubuh si pasien atau penderita lebih baikan dan dapat pulang, harus banyak melakukan latihan penafasan, duduk dan berjalan.

Saat menjalani operasi diberi suntikan atau dengan cara mengenakan stoking di kaki, mencegah agar tidak terjadi pembekuan darah dalam tubuh, yang membuat tubuh sulit untuk digerakkan lebih leluasa sehingga menjadi penyebab pembekakan paru paru.

Sponsors Link

Dalam perawatan di rumah diberi obat-obatan dan saat yang aman untuk kembali bekerja, yaitu dengan :

  • Minum obat yang diberikan.
  • Beristirahat.
  • Tidur di kursi malas selama beberapa hari pertama.
  • Hati hati dengan pakaian dan bantal yang di kenakan.
  • Jangan merokok.
  • Hindari perubahan tekanan udara secara mendadak.
  • Jangan mengemudikan kendaraan kalau belum benar-benar sembuh.
  • Amati jika kolaps paru paru tumbuh.

Pneumothorax atau biasa dikenal dengan kolaps paru paru ini merupakan penyakit paru paru yang berbahaya menyebabkan kematian, maka perlu diketahui cara penularan penyakit paru paru dalam kehidupan sehari-hari dan juga cara mengecek paru paru sehat, hingga dapat menjaga kesehatan paru paru.

, , , , , , ,