Sponsors Link

6 Penanganan Sesak Nafas Mendadak Paling Simple

Sponsors Link

Sesak nafas dapat terjadi tiba-tiba baik hanya sesak nafas ringan bahkan sesak nafas yang dapat membuat tubuh kehilangan keseimbangan. Sesak nafas merupakan tanda dari kondisi kesehatan tubuh. Ciri-ciri fisik penderita sesak nafas adalah bibir pucat kebiruan, dada terasa sakit, detak jantung tidak beraturan, pandangan buram dan lain-lain. Hal ini bergantung pada penyebab sesak nafas tiba-tiba tersebut. Sesak nafas dapat disebabkan oleh beberapa hal antara lain, penyakit jantung, gangguan pernapasan, penyakit paru-paru, pneumotoraks, asma, tenggorokan tersumbat, dan lain-lain. Sesak nafas juga dapat terjadi setelah makan dan penyebab sesak nafas setelah makan juga beragam.

ads

Sesak nafas terjadi apabila oksigen tidak dapat masuk dengan sempurna ke dalam saluran pernapasan. Apabila sesak nafas menyerang tiba-tiba, Anda dapat melakukan langkah-langkah Penanganan Sesak Nafas Mendadak berikut.

  1. Menjauh dari keramaian

Ketika disekitar Anda ada yang mengalami sesak nafas, maka sebaiknya bawa dia ke tempat yang teduh dan tenang. Kalau memungkinkan di tempat yang sejuk dan baik sirkulasi udaranya. Agar penderita dapat bernapas dengan leluasa. Karena kerumunan dan situasi panik dapat membuat kondisi penderita semakin parah.

  1. Duduk dengan posisi ke depan dan membungkuk

Sediakan tempat duduk bagi penderita, arahkan tubuh penderita duduk dengan punggung miring ke depan dan agak membungkuk agar dada tidak terlalu sesak dan dapat menarik napas lebih dalam.

  1. Bersandar

Apabila posisi di atas dirasa kurang nyaman bagi penderita. Ubah posisi menjadi bersandar dengan punggung miring ke belakang 45 derajat sampai merasa rileks Kaki penderita ditekuk dan beri ganjalan bantal dilipatan lutut. Lemaskan otot tubuh agar tidak menyulitkan dalam mengambil napas. Posisi ini juga dapat membuat penderita lebih mudah bernapas.

  1. Pursed lip breathing

Setelah mendapat posisi yang nyaman, arahkan penderita untuk menarik napas dengan metode pursed lip breathing sebagai terapi awal pengaturan pernapasan. Caranya adalah dengan menarik napas secara perlahan dalam dua detik melalui hidung, kemudian dilepaskan perlahan melalui mulut sampai empat detik. Terus dilakukan dengan santai dan rileks sampai penderita merasa mulai ringan dalam bernapas.

  1. Pernapasan diafragma

Selain dengan cara di atas, dapat juga menggunakan pernapasan diafragma. Pernapasan ini dilakukan dengan cara meletakkan kedua tangan di posisi berbeda. Satu tangan di letakkan di atas perut dan satu lagi di atas dada. Posisi tangan ini untuk merasakan sendiri pergerakan otot dada dan perut saat bernapas. Tarik napas meggunakan hidung secara perlahan sampai maksimal, rasakan peregangan otot dada saat bernapas. Lalu keluarkan melalui tiupan mulut secara perlahan juga, namun pastikan lebih lama waktunya daripada saat menarik napas. Hal ini tidak dapat dilakukan pada penderita sesak nafas karena dahak.

Sponsors Link

  1. Batuk

Apabila penderita sesak nafas karena terdapat banyak cairan dahak yang menutup sebagian jalur saluran pernapasan, maka berilah air hangat. Jika memungkinkan sediakan air hangat di baskop dan minta penderita menghirup uapnya untuk mencairkan dahak dan membantu melegakan pernapasan. Lalu minta penderita untuk batuk supaya dahak terangsang untuk keluar.

Semoga langkah Penanganan Sesak Nafas Mendadak ini dapat membantu meringankan atau menghilangkan sesak nafas yang melanda. Namun, tidak semua sesak nafas dapat diredakan tanpa pengobatan medis. Bila sesak nafas yang diderita tidak kunjung mereda, ada kemungkinan merupakan gejala radang paru-paru, gejala radang paru-paru pada orang dewasa dan penyakit berat lainnya. Segera antarkan ke rumah sakit terdekat agar mendapat bantuan dari tenaga medis dan segera mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat pada sesak nafasnya.

, , ,
Oleh :
Kategori : Sesak Nafas