Sponsors Link

8 Penanggulangan Pneumonia yang Wajib Dilakukan

Sponsors Link

Penanggulangan pneumonia merupakan salah satu cara atau upaya yang dilakukan guna mencegah dan mengobati penyakit pneumonia yang menyerang sistem pernafasan seseorang. Pada artikel kali ini kami akan memberikan informasi kepada kalian semua mengenai langkah apa saja yang dapat dilakukan guna mencegah berkembangnya pneoumonia serta metode pengobatan apa saja yang dapat dijalankan agar pneumonia dapat segera disembuhkan.

ads

Namun pertama-tama, mari kita cari tahu apa itu pneumonia. Pneumonia sendiri merupakan salah satu infeksi yang dapat menimbulkan peradangan pada kantung udara di salah satu atau kedua bagian paru-paru. Pneumonia sendiri dalam kehidupan sehari-hari sering disebut dengan penyakit paru-paru basah dan kondisi ini sangat berbahaya sekali jika tidak segera ditangani karena dapat menyebabkan kematian. Untuk itulah mari kita simak apa saja penanggulangan pneumonia yang dapat dilakukan sedini mungkin.

Upaya Pencegahan

Upaya pencegahan merupakan salah satu cara untuk menanggulangi pneumonia yang paling mendasar. Ada baiknya sebelum pneumonia menyerang tubuh, kita berupaya untuk melakukan pencegahan dengan cara-cara sederhana seperti berikut ini.

  1. Menghentikan kebiasaan merokok

Merokok diketahui memiliki dampak yang buruk sekali untuk organ pernafasan dan juga tubuh manusia. Dengan merokok artinya kalian membiarkan virus menginfeksi organ paru-paru yang masuk melalui asap rokok. Jika kalian ingin terhindar dari pneumonia dan komplikasi bronkitis, maka hentikanlah kebiasaan merokok.

  1. Melakukan vaksinasi

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa pneumonia disebabkan karena adanya virus. Untuk itulah upaya pencegahan dengan melakukan vaksinasi pneumonia sedari dini sangat diperlukan. Bahkan orang dewasa yang belum melakukan vaksinasi pun diharuskan melakukannya, tentu dengan takaran yang berbeda.

  1. Pastikan lingkung tempat tinggal selalu bersih

Menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal adalah hal yang mutlak jika kalian menginginkan tubuh yang sehat. Dengan menjaga kebersihan tempat tinggal, sirkulasi udara pun tetap terjaga kebersihannya sehingga paru-paru tetap sehat.

  1. Jaga kesehatan tubuh

Menjaga kesehatan tubuh dapat membantu paru-paru menjadi lebih kuat sehingga resiko terkena pneumonia dapat terhindari. Kalian dapat memulai dengan rajin berolahraga ataupun dengan mengonsumsi makanan yang menyehatkan.

Upaya Pengobatan

Upaya pengobatan merupakan penanggulangan pennumonia yang dilakukan jika kalian telah menderita pneumonia. Sebenarnya upaya pengobatan tidak jauh berbeda dengan cara mengatasi penyakit pneumonia yang umum dilakukan. Adapun upaya-upayanya antara lain:

  1. Mengkonsumsi obat pereda sakit

Obat pereda sakit semacam paracetamol ataupun ibuprofen boleh kalian minum untuk menurunkan demam juga rasa nyeri ataupun sakit yang kalian rasakan. Tentu penggunaan obat-obat tersebut harus sesuai dengan anjuran dokter.

  1. Konsumsi makanan yang mengandung magnesium

Selain mengkonsumsi obat, memperhatikan makanan yang kaya akan magnesium juga bisa dilakukan sebagai salah satu cara mengatasi penyakit pneumonia. Makanan-makanan yang mengandung nutrisi ini antara lain jenis kacang-kacangan, buah-buahan seperti pisang dan alpukat serta ikan. 

Sponsors Link

  1. Jahe

Jahe memang memberikan manfaat yang sangat bagus sekali untuk kesehatan paru-praru bahkan dapat dijadikan sebagai salah satu ramuan herbal untuk sesak nafas. Untuk kalian penderita pneumonia disarankan mengkonsumsi jahe dengan jahe karena inflamasi di dalamnya mampu menangani infeksi pada paru-paru. Kalian bisa mencampurkan jahe ke dalam masakan atau dengan direbus dan diminum airnya.

  1. Perawatan di rumah sakit

Cara mengatasi penyakait pneumonia untuk penderita dalam tahap yang cukup buruk adalah dengan melakukan perawatan di rumah sakit. Umumnya dokter akan memberikan beberapa antibiotic dan juga cairan infus serta oksigen untuk membantu memulihkan kondisi tubuh pasien.

Nah 8 penanggulangan pneumonia di atas tentu mudah sekali dilakukan bukan. Tentu selain melakukan cara mengobati paru–paru yang rusak, kalian juga harus merawat paru–paru kalian dengan memperhatikan konsumsi makanan yang menyehatkan paru–paru seperti buah yang bagus untuk paru-paru. Dengan begitu jika paru–paru kalian sudah pulih dan sembuh, paru–paru juga masih terjaga kesehatannya.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Pneumonia