Sponsors Link

11 Pencegahan Asbestosis Paling Efektif

Sponsors Link

Penyakit asbestosis merupakan gangguan saluran pernafasan akibat menghirup serat asbes halus sehingga terbentuklah jaringan parut pada paru – paru. Menghirup serat asbes halus juga dapat mengakibatkan penebalan pleura yakni selaput tipis yang melapisi paru – paru dan komplikasi asbestosis fatal seperti penyakit Mesotelioma. Mesotelioma merupakan kanker ganas bersifat agresif yang menyerang lapisan membran paru – paru dan area sekitar jantung. Kanker ini momok tersendiri bagi para pekerja industri yang erat sekali kaitannya dengan asbes.

ads

Asbes merupakan suatu zat kimia yang memiliki kemampuan fisik yang sangat kuat yang terdiri dari magnesium calcium silikat berbangun serat. Dan biasanya untuk mendapatkan asbes ini melalui pertambangan terbuka. Pemanfaatan asbes saat ini tak terbatas pada bidang industri saja. Dalam konstruksi bangunan rumah tangga pun terkadang masih banyak yang memanfaatkan asbes sebagai atap rumah dengan dalih minimnya biasa konstruksi.

Komplikasi Asbestosis

Selain itu, penyakit asbestosis ini juga dapat menyebabkan munculnya penyakit lain seperti :

  • Efusi pleura

Yakni adanya cairan pada kedua ruang selaput paru – paru.

  • Plak pleura

Yaitu kondisi penebalan plak pada selaput yang melapisi rongga dada, bukan hanya sulit bernafas, penderitanya juga akan mengalami gangguan pernafasan akut.

  • Mesothelioma

Mesothelioma adalah kanker agresif pada lapisan yang melapisi paru – paru.

Karena dampak yang diakibatkan dari terhirupnya serat asbes halus ini bukan perkara sepele yang bisa disembuhkan hanya dengan pengobatan alami infeksi paru namun dapat berakibat fatal hingga berujung kematian. Maka sangat diperlukan langkah pencegahan.

Pencegahan Asbestosis

Berikut langkah – langkah pencegahan asbestosis yang wajib diketahui :

  1. Promosi kesehatan

Dalam hal ini, perusahaan – perusahaan yang erat kaitannya dengan asbes, wajib melakukan promosi kesehatan kepada calon pekerjanya berupa penyuluhan mengenai seluk beluk penyakit asbestosis dan akibatnya. Selain perusahaan – perusahaan ini, pemerintah melalui puskesmas setempat juga wajib melakukan promosi kesehatan mengenai penyakit asbestosis secara berkala.

  1. Pendidikan kesehatan bagi para pekerja yang berhubungan dengan asbes

Perusahaan – perusahaan yang berkaitan dengan produksi asbes, tidak boleh menutupi bahaya pemaparan asbes dalam jangka waktu lama. Pendidikan kesehatan harus dilakukan kepada calon pekerja sebelum mereka resmi mulai bekerja dengan asbes sehari – harinya. Dan juga perlunya menyampaikan informasi bila penyakit asbestosis ini tidak dapat sembuh hanya dengan mengkonsumsi obat radang paru paru di apotik. Namun dengan langkah pencegahan dini, penyakit berbahaya ini bisa dihindari.

  1. Peningkatan dan perbaikan gizi pekerja secara berkala

Perusahaan wajib melakukan peningkatan dan perbaikan gizi kepada para pekerja secara berkala, hal ini diharapkan dapat mendeteksi dini penyakit asbestosis sebelum semakin parah.

Sponsors Link

  1. Menyediakan tempat dan lingkungan kerja yang sehat

Lingkungan kerja yang sehat disini berupa menyediakan kamar mandi khusus para pekerja beserta loker penyimpanan baju bersih untuk dipakai selepas bekerja dan juga melarang para pekerja membawa pulang baju bekerjanya dengan menyediakan jasa laundry baju kerja.

  1. Pemeriksaan sebelum dan sesudah bekerja

Para pekerja sebelum memulai aktivitas bekerjanya sebaiknya diperiksa terlebih dahulu, apakah membawa pakaian bersih atau tidak dan usai bekerja juga harus dilakukan pemeriksaan untuk meninggalkan pakaian bekerja mereka kepada jasa laundry perusahaan yang mencuci baju pekerja setiap harinya.

  1. Pekerja diharuskan menggunakan pakaian lengkap ketika bekerja

Pakaian lengkap yang dimaksud seperti kacamata, sarung tangan, masker dan pakaian ganti bersih untuk digunakan setelah mandi usai kerja.

  1. Para pekerja diharuskan selalu bekerja di ruang terbuka

Karena asbes mengandung gas radon berbahaya bila berada di ruang tertutup, maka perusahaan wajib meminta kepada para pekerjanya untuk selalu bekerja di ruang terbuka.

  1. Basahi asbes terlebih dahulu

Supaya serbuk asbes halus tidak beterbangan dan mudah terhirup, ada baiknya asbes dibasahi terlebih dahulu sebelum mulai dipotong atau diolah menjadi bahan yang lain.

Sponsors Link

  1. Menjaga kebersihan diri

Hal ini wajib dilakukan oleh setiap pekerja untuk menjaga kebersihan diri. Dimana usai bekerja mandi di kamar mandi perusahaan terlebih dahulu hingga bersih dari debu dan berganti pakaian dengan pakaian bersih.

  1. Tidak mencampur pakaian kerja dengan pakaian bersih

Untuk menghindari dampak serbuk asbes halus pada seluruh anggota keluarga dirumah, sebaiknya melepas baju kerja di perusahaan dan menyerahkannya kepada jasa laundry perusahaan. Dan sebelum pulang kerumah sebaiknya membersihkan diri terlebih dahulu di kantor dengan mengganti pakaian bersih. Sebab hal ini juga sebagai cara mencegah pneumonia pada anak.

  1. Mengurangi penggunaan produk yang berbahan dasar asbes dan menggantinya dengan produk lain

Menghindari dampak penyakit asbestosis pada lingkungan keluarga dan lingkungan sekitar, sebaiknya pikir beribu kali sebelum menggunakan produk asbes untuk keperluan atap rumah tangga, tempat usaha ataupun konstruksi bangunan lainnya.

Itulah tadi beberapa langkah pencegahan asbestosis yang wajib diketahui oleh setiap orang awam supaya dampak berbahaya bisa dihindari dan diminimalisir sejak dini. Sebab bila sudah terindikasi terkena penyakit asbestosis, sangat sulit sekali untuk sembuh total dari penyakit asbestosis ini. Bahkan dengan pengobatan pneumonia secara alami pun tak mampu menyembuhkannya.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Asbestosis