Sponsors Link

10 Cara Pencegahan Penyakit Asma Paling Efektif

Sponsors Link

Pencegahan penyakit asma merupakan langkah-langkah yang sebaiknya anda lakukan untuk memastikan anda terhindar dari resiko penyakitnya. Asma sebagai salah satu penyakit pada sistem pernapasan, terjadi karena adanya peradangan di saluran pernapasan.

ads

Efeknya pada sistem pernapasan adalah sulitnya pertukaran udara dilakukan. Kondisi asma yang menyebabkan peradangan ini pun diketahui membuat saluran pernapasan pada penderitanya menjadi lebih sempit karena lendir yang menumpuk. Efeknya saat bernapas pun menimbulkan gejala asma yaitu penderita merasa sesak dan tidak nyaman.

Kondisi asma pada setiap orang dapat menimbulkan gejala gangguan kesehatan yang tidak sederhana. Ada yang menderita sesak napas berkepanjangan, ada yang bunyi saat bernapas, batuk akut, dan bisa juga membahayakan keselamatan penderitanya.

Tentunya untuk dapat beraktivitas dengan normal pun penderita asma sudah tidak bisa maksimal lagi. Jadi sebisa mungkin memang sebaiknya anda mencegah penyakit yang satu ini menyerang anda.

Upaya untuk melakukan pencegahan dapat anda lakukan untuk memastikan tidak ada pemicu asma yang dapat menjangkau anda. Tentu upayanya ada banyak jenisnya dan perlu anda lakukan dengan rutin dan tidak anggap sepele. Jika anda ingin tahu apa saja cara pencegahan penyakit asma tersebut, maka simak penjelasan lengkapnya pada bagian di bawah ini.

Cara Pencegahan Penyakit Asma yang Efektif

Seperti yang sudah dijelaskan pada bagian sebelumnya, jika anda ingin terhindar dari penyakit asma maka yang perlu anda lakukan adalah menggunakan berbagai upaya pencegahannya. Upaya pencegahan ini setidaknya ada 10 jenisnya.

Anda dapat mengetahui apa saja 10 cara pencegahan tersebut dengan menyimak penjelasan di bawah ini. Pelajari setiap cara pencegahannya dan lakukanlah sesegera mungkin agar pencegahan asma dapat lebih cepat dilakukan. Semakin cepat pencegahan dilakukan, semakin baik juga manfaatnya untuk menjaga kesehatan pernapasan anda.

  1. Bersihkan Peralatan Rumah secara Berkala

Peralatan di rumah seperti kasur, karpet, dan lainnya sangat penting untuk dijaga kebersihannya. Peralatan yang tidak bersih ini akan menjadi sarang tungau atau debu yang dapat menjadi penyebab asma bagi sebagian besar penderitanya. Anda sebaiknya membersihkan peralatan di rumah secara berkala, misalnya 3 hari sekali atau bisa juga setiap hari.

  1. Bersihkan Udara dari Paparan Asap Rokok dan Debu

Kualitas udara yang anda hirup setiap hari tidak dapat dipisahkan pengaruhnya dalam menyebabkan penyakit asma. Jika udara dipenuhi dengan paparan asap rokok dan juga debu, maka sangat mudah juga anda yang menghirup udara tersebut menjadi penderita asma yang berbahaya ini.

  1. Buat Sirkulasi Udara yang Baik di Rumah dan Lingkungan Sekitar Anda

Agar anda dapat lebih maksimal menghindari penyebab asma, maka sebaiknya anda dapat membuat rumah dengan sistem sirkulasi udara yang baik. Jadi anda dapat membuat jalur masuk dan keluar udara sebaik mungkin di seluruh rumah, termasuk juga di kamar mandi.

Sponsors Link

  1. Hindarkan dari Pemicu Gangguan Pernapasan seperti Kelelahan Bermain

Pencegahan penyakit asma pada anak biasanya dapat dilakukan dengan menjaga anak tidak terlalu kelelahan. Kelelahan bermain yang tidak biasa dapat membuat anak lebih mudah terkena asma. Jadi pastikan untuk melakukan pencegahannya semaksimal mungkin dengan membatasi waktu bermain anak anda.

  1. Jaga Kebersihan Kandang Hewan Piaraan (Jika Ada)

Terkadang keberadaan hewan piaraan pun sering dikira tidak memberikan pengaruh pada gangguan pernapasan. Padahal kandang hewan yang tidak bersih dapat menjadi tempat berkumpulnya penyebab asma. Jadi pastikan untuk selalu menjaga kandang hewan piaraan anda bersih untuk dapat mencegah penyebab penyakit yang satu ini.

  1. Jangan Konsumsi Makanan yang Menimbulkan Alergi Pernapasan

Ada juga beberapa makanan yang sebaiknya anda hindari untuk mencegah penyakit asma. Namun jenis makanan ini berbeda-beda bergantung alergi apa yang anda derita. Jenis alergi yang terpicu karena makanan efeknya akan terlihat karena penderita dapat mengalami sesak napas. Akhirnya asma pun tidak dapat dihindari sebagai efek jangka panjangnya.

  1. Jangan Mudah Terpengaruh Stress

Waspadai juga beban stress yang harus anda hadapi setiap harinya. Semakin berat beban stress anda, semakin besar juga pengaruhnya dalam masalah kesehatan anda. Sebaiknya anda dapat mengontrol stress anda dan mengendalikannya dengan baik. Jadi anda tidak perlu menderita asma karena stress tadi, karena memang stress pun penyebab asma kambuh lagi. 

Sponsors Link

  1. Kontrol Konsumsi Makanan dengan Gizi Seimbang

Jika anda ingin tubuh anda tetap sehat, termasuk juga paru paru anda, maka anda sebaiknya memilih konsumsi makanan dengan gizi yang seimbang. Konsumsi gizi yang seimbang membuat paru paru anda terhindar dari masalah kesehatan, termasuk juga menghindari penyakit asma yang mengancam.

  1. Lakukan Diet, Jika Menderita Berat Badan Berlebih

Bagi pemilik berat badan berlebih, anda harus berhati-hati dengan gejala penyakit asma yang mungkin lebih cepat muncul Kondisi berat badan yang berlebihan ini dapat anda segera atasi dengan diet. Jadi kondisi sistem pernapasan anda tidak menimbulkan masalah seperti asma lagi, seperti yang mungkin menyerang seseorang yang kelebihan berat badan.

  1. Rajin Berolahraga untuk Melatih Kekuatan Paru Paru

Terakhir, sebaiknya anda lebih rajin berolahraga. Olahraga yang rutin anda lakukan akan sangat baik manfaatnya untuk kesehatan paru paru anda. Paru paru anda menjadi lebih kuat dan tidak mudah terkena peradangan, seperti misalnya pada penyakit asma yang dijelaskan sebelumnya.

Itulah tadi penjelasan mengenai 10 cara pencegahan penyakit asma yang dapat anda lakukan sesegera mungkin. Anda dapat menghindarkan diri anda serta keluarga anda dari resiko penyakit ini dengan pencegahan yang cepat dan tanggap.

Beberapa cara pencegahan di atas pun sama sekali tidak sulit dilakukan. Secara keseluruhan gaya hidup dan kebiasaan yang baik yang dapat membantu anda terhindar dari dampak penyakit asma ini. Jadi selamat menjaga kesehatan sistem pernapasan anda!

, , ,
Oleh :
Kategori : Asma