Sponsors Link

8 Cara Pencegahan Sesak Nafas yang Mudah Dilakukan

Sponsors Link

Sesak nafas adalah suatu bentuk kelainan pada saluran pernafasan seseorang di mana penderitanya mengalami kesulitan saat bernafas. Sering kali kondisi yang seperti ini mengganggu aktivitas penderita karena sering kambuh di waktu yang tidak dapat kita prediksi. Namun, ada beberapa cara pencegahan sesak nafas yang yang mudah dilakukan di rumah. Cara yang dilakukan pun tidak begitu sulit karena merupakan cara-cara yang biasanya Anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti:

ads

1. Membersihkan rumah

Debu karena sel kulit mati penghuni rumah atau karena pasir lembut uang berterbangan karena angin seringkali menempel dan mengendal di perabotan rumah, tak terkecuali di bantal yang sering kita pakai untuk tidur. Hal itulah yang sering menginfeksi saluran pernafasan seseorang. Rajin membersihkan rumah dengan rutin dapat mengurangi tingkat penumpukan debu pada perabotan rumah Anda sehingga Anda dan keluarga akan terhindar dari ciri-ciri orang sesak nafas dan infeksi saluran pernafasan.

2. Jauhi makanan laut dan makanan instan

Jika Anda memiliki riwayat sesak nafas karena alergi makanan, jauhi mengonsumsi minuman atau makanan penyebab sesak nafas. Makanan laut seperti udang dan kerang seringkali menjadi penyebab seseorang mengalami sesak nafas. Kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang kedelai dan kacang mete juga dapat memicu timbulnya gejala sesak nafas pada anak dan orang dewasa. Selain itu mengonsumsi makanan berpengawet juga akan memicu timbulnya sesak nafas.

3. Jauhi hewan berbulu

Jangan biarkan hewan berbulu masuk ke dalam rumah Anda jika Anda ataupun anggota keluarga lainnya memiliki riwayat penyakit asma. Kulit dan bulu pada hewan mengandung protein yang tinggi sehingga dapat menimbulkan alergi pada orang yang menyentuhnya atau bahkan hanya sekedar berdekatan.

4. Berhenti merokok

Merokok merupakan penyebab yang paling sering seseorang terkena sesak nafas. Untuk itulah berhenti merokok dan juga jauhi rokok untuk menjadikan paru-paru Anda lebih sehat. Dengan menjauhi rokok, Anda juga dapat menjauhi risiko terkena sesak nafas dan juga penyakit paru-paru lainnya.

5. Gunakan masker saat melewati lingkungan yang berpolusi

Lingkungan yang berpolusi sangat berbahaya sekali untuk paru-paru Anda karena partikel-partikel kecil debu dan asap dapat menginfeksi bagian-bagian paru-paru Anda. Hal itu tentu sangat berbahaya untuk tubuh Anda karena dapat menyebabkan komplikasi bronkitis dan juga sesak nafas.

6. Kendalikan emosi

Mengendalikan emosi dapat membantu seseorang terhindar dari sesak nafas. Stress dan depresi berlebihan akan memicu timbulnya sesak nafas karena kondisi yang demikian akan mempengaruhi kinerja kelenjar dan hormon yang ada di dalam tubuh dan memicu timbulnya sesak nafas.

Sponsors Link

7. Olahraga

Olahraga seperti jogging atau bersepeda merupakan salah satu cara meningkatkan kapasitas paru-paru yang dapat menyehatkan tubuh Anda. Dengan berolahraga paru-paru Anda akan terlatih untuk menampung udara lebih banyak sehingga resiko sesak nafas dapat terhindarkan. Selain itu berolahraga secara rutin dapat membuat paru-paru Anda menjadi lebih kuat.

8. Konsumsi makanan untuk orang sesak nafas yang aman

Pencegahan sesak nafas berikutnya yaitu banyak mengonsumsi makanan untuk orang sesak nafas seperti buah apel, pisang. alpukat dan bawang putih yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan juga mencegah terjadinya peradangan pada paru-paru Anda.

Nah, 8 cara pencegahan sesak nafas yang sudah disebutkan di atas sangat mudah sekali dilakukan bukan?. Bukan hanya itu saja, jika memang Anda pernah memiliki riwayat penyakit asma atau penyakit paru-paru lainnya ada baaiknya selain melakukan hal-hal di atas Anda juga memeriksakan diri ke dokter agar pemberian obat dapat dilakukan.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Sesak Nafas