Sponsors Link

Pengertian Legionella: Ciri Ciri, Media Penularan, Pencegahan

Sponsors Link

Pengertian legionella sebagai suatu bakteri yang salah satu jenisnya dapat menyebabkan infeksi paru paru ternyata masih belum banyak diketahui dalam masyarakat. Hal ini tentunya sangat disayangkan mengingat setiap penyakit apapun penyebabnya dan efeknya, penting untuk diwaspadai. Seseorang yang menderita penyakit dengan pengertian legionnaires sebaiknya mengetahui juga informasi terkait bakteri legionella ini.

ads

Bagi anda yang juga ingin mengetahuinya, maka silahkan simak penjelasan di bawah ini yang akan membahas mulai dari apa pengertiannya, ciri-cirinya, media penularannya, serta bagaimana anda dapat mencegah dan mengatasinya.

Bakteri legionella adalah bakteri gram negatif dengan bentuk batang. Ciri ciri bakteri legionella lainnya dapat ditunjukkan melalui tempat berkembang biaknya yang adalah sumber penampungan air jenis apapun. Baik di laut, danau, sungai, atau penampungan air kecil pun dapat menjadi tempat favorit bakteri ini berkembang biak. Informasi lebih lengkap mengenai apa saja ciri ciri, media penularan, serta cara mencegah dan mengatasinya dapat anda ketahui pada bagian di bawah ini.

Ciri Ciri Bakteri Legionella dan Media Penularannya

Seperti dijelaskan sebelumnya, bakteri legionella memiliki ciri ciri yang perlu anda ketahui untuk mendeteksi juga bagaimana media penularannya. Oleh sebab itu, bagian berikut ini akan menjelaskan apa saja ciri ciri dari bakteri legionella yang berkembang disekitar anda sekaligus bagaimana bakteri ini dapat menular ke tubuh anda dan menyebabkan berbagai penyakit.

  • Ciri Ciri Bakteri Legionella

Bakteri legionella adalah bakteri yang banyak berkembang di air, selain itu bakteri ini pun sangat mudah hidup di pipa pipa air anda. Berhati-hatilah dengan bahan karet dan plastik yang terkenang air seperti ban. Tempat tempat ini menjadi tempat bakteri legionella tumbuh dengan sumbur. Selain itu, bakteri ini diketahui juga tumbuh subur pada suhu antara 30 hingga 45 derajat celcius.

  • Media Penularan Bakteri Legionella

Jenis bakteri yang banyak berkembang biak ini tentunya sangat mudah menular melalui air yang terinfeksi bakteri. Artinya, jika anada meminum air yang mengandung legionella maka dengan mudah anda akan terjangkit penyakit yang disebabkannya. Selain itu, aerosol di udara yang membawa hasil penguapan air yang mengandung bakteri ini pun dapat menjadi media penularan. Terakhir, waspadai juga penularan melalui media AC dan segera lakukan cara mengatasi penyakit legionnaires yang disebabkan AC ini.

Cara Mencegah dan Mengatasi Bakteri Legionella

Setelah mengetahui apa saja ciri ciri dan media penularannya, maka berikut ini akan coba dijelaskan bagaimana anda dapat mencegah sekaligus mengatasinya. Ada beberapa hal yang perlu anda pastikan untuk memastikan bahwa lingkungan anda tidak terinfeksi bakteri legionella dan anda tidak beresiko terkena penyakit legionnaires.

Sponsors Link

  1. Mengonsumsi Makanan Bergizi untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh
  2. Menghentikan Kebiasaan Merokok yang Melemahkan Tubuh Anda
  3. Menghindari Suhu Air Antara 20 hingga 45 Derajat Celcius
  4. Menghindari Genangan Air di Lingkungan Anda Berada
  5. Melakukan Pengujian Air

Demikianlah informasi lengkap terkait pengertian legionella yang mencakup juga informasi terkait ciri ciri, media penularan, serta cara mencegah dan mengatasinya. Informasi di atas diharapkan dapat berguna untuk anda yang sedang menghindari atau mungkin berupaya dalam cara penanggulangan penyakit legionnaires yang disebabkan bakteri ini. Mulai dari sekarang jangan malas lagi menjaga kebersihan dan hindarkan tubuh anda dari penyakit legionnaires dengan pencegahan penyakit legionnaires dari bakteri legionella yang mungkin menyerang anda.

, , , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Legionnaries